• 5 Karya yang Harus Anda Lihat di Pameran Yayoi Kusama

    Culture / News


    5 Karya yang Harus Anda Lihat di Pameran Yayoi Kusama
    5 Karya yang Harus Anda Lihat di Pameran Yayoi Kusama

    Pameran seni rupa Yayoi Kusama pertama di Indonesia akan segera hadir!


    Museum MACAN segera menghadirkan “Yayoi Kusama: Life Is the Heart of a Rainbow” mulai dari Sabtu, 12 Mei hingga 9 September 2018 di Jakarta. MACAN merupakan lokasi ketiga dan terakhir pameran ini, setelah sebelumnya sempat ditampilkan di National Gallery Singapore dan Queensland Art Gallery & Gallery of Modern Art (QAGOMA). Terdapat sejumlah lebih dari 130 karya seni rupa yang akan ditampilkan dalam kesempatan ini.


    Alur ekshibisi ini akan difokuskan pada perkembangan artistik seniman Jepang tersebut dalam rentang waktu hampir 70 tahun, dimulai dari era ‘50-an sampai sekarang. Yayoi Kusama dikenal dengan ciri khas tema tak terbatas (infinity), pengulangan, dan bayangan, yang diwujudkan ke dalam karya lukis, patung, dan instalasi. Karyanya dapat mudah dikenali berkat penggunaan komponen yang konsisten, seperti motif polkadot, jaring-jaring, dan warna vibran.


    Setelah menyaksikan preview pameran, Bazaar menyeleksi lima karya seni yang tidak boleh Anda lewatkan dalam pameran “Yayoi Kusama: Life Is the Heart of a Rainbow”.




    1. I Want to Love on the Festival Night (2017)

    Karya ini berbentuk balok cermin. Di sejumlah sisinya terdapat lubang tempat memasukkan kepala. Anda dapat menyaksikan rentetan LED yang menyala berirama.




    2. Narcissus Garden (1966/2018)

    Berupa bola-bola cermin yang tersebar luas di ruang pameran, pada awalnya digunakan Yayoi Kusama untuk performance art di Venice Biennale.




    3. Dots Obsession (2013/2016)

    Serba-serbi instalasi bola polkadot yang menyambut Anda di awal pameran.




    4. The Spirits of The Pumpkins Descended Into the Heavens (2015)

    Ruang polkadot hitam dan kuning yang memberikan ilusi mata. Ruang ini diperkirakan akan menjadi salah satu spot foto yang paling ramai dikunjungi.





    5. The Obliteration Room (2002-sekarang)

    Awalnya merupakan ruang berisi mebel serba putih. Di sini, Anda dapat berinteraksi menempatkan stiker warna-warni hampir di semua penjuru ruangan (kecuali plafon).


    Di samping yang telah disebutkan, masih banyak karya lain yang tak kalah menariknya. Siapkan itinerary Anda dan kunjungi website Museum MACAN untuk mengetahui detail tiket dan jam berkunjung pameran ini.


    Yayoi Kusama: Life Is the Heart of a Rainbow

    12 Mei - 9 September 2018

    Museum MACAN

    AKR Tower Level M, Jalan Perjuangan No. 5

    Kebon Jeruk, Jakarta Barat

    DKI Jakarta 11530

    T. (021) 22121888


    Baca juga: 5 Kelebihan Kamera Oppo F7 untuk Selfie

    Baca juga: Uji Coba Kamera Samsung Galaxy S9 dan S9+ di Lombok

    Baca juga: Cara Bisnis Online dan Offline Menurut Pakar Ekonomi


     (Foto: Courtesy of Ota Fine Arts, Ardhana Utama) 








- RELATED ARTICLE -