• 5 Cara Membuat Kulit Tetap Lembap Saat Puasa

    Beauty / Tips


    5 Cara Membuat Kulit Tetap Lembap Saat Puasa

    Ramadhan bukan halangan bagi Anda untuk tetap memiliki kulit yang lembap dan segar.


    Berpuasa memang dapat membuat kulit lebih kering dari biasanya karena Anda tak ada asupan cairan selama 14 jam. Namun Anda bisa menyiasatinya dengan beragam trik berikut ini!

    1. Maksimalkan Sahur dan Berbuka

    Tetap minum 8 gelas air putih per hari, namun dengan pembagian waktu yang baik. Misalnya, 3 gelas saat sahur dan 5 gelas saat berbuka puasa hingga tidur malam. Jika Anda adalah tipe yang kurang menyukai rasa natural air putih, maka Anda bisa membuat infused water dengan menambahkan lemon dan daun mint untuk memberikan efek lebih segar.

    2. Sayur dan Buah-buahan

    Hindari terlalu banyak makan-makanan manis saat berbuka atau sahur dengan menu yang “kering”. Lengkapi hidangan Anda dengan sayur-sayuran hijau dan buah-buahan kaya air seperti semangka, buah naga, jeruk, pepaya, melon, nanas, anggur, dan strawberry. Anda bisa mengganti kopi dan teh dengan jus buah atau es buah. Jika ingin kudapan manis, Anda bisa memilih jeli atau puding dibandingkan cake, karena kandungan rumput laut atau konnyaku dapat membantu menjaga kulit tetap lembap sekaligus melancarkan pencernaan.

    3. Jangan Lupakan Moisturizer

    Mengaplikasikan moisturizer di hari-hari biasa saja adalah sebuah keharusan, apalagi saat Anda berpuasa. Dengan makeup atau tanpa makeup, Anda harus membubuhkan moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit wajah. Aplikasikan setelah wajah dibersihkan, memakai toner dan serum agar Anda mendapatkan kelembapan yang maksimal. Untuk kulit tubuh, Anda bisa memilih pelembap dengan tekstur yang lebih kental dari yang Anda pakai biasanya, misalnya body lotion khusus untuk kulit ekstra kering, body cream, body butter atau body balm. Aplikasikan setiap pagi, malam sebelum tidur, dan kapan pun Anda merasa kulit kering dan kusam.

    4. Eksfoliasi Secara Rutin

    Mengeksfoliasi kulit secara teratur tak hanya dapat mengeliminasi sel-sel kulit mati, membuat kulit tampak cerah dan sehalus sutra namun juga mampu membuat kulit mudah menyerap moisturizer.

    Namun untuk menghindari iritasi pada kulit, cukup gunakan scrub satu atau dua kali seminggu dan pilih yang mengandung butiran lembut. Anda pun bisa membuat scrub alami dari oatmeal atau kopi yang dapat diaplikasikan pada wajah sekaligus tubuh.

    5. Aplikasikan Sheet Mask

    Praktis dan sangat menghidrasi, tak heran banyak yang jatuh cinta pada produk ini. Nilai plus lainnya adalah masker ini dapat digunakan setiap hari, tidak seperti masker yang berbasis clay atau berbentuk mud, sehingga Anda akan segera merasakan kulit berubah menjadi kian lembap dan kenyal tanpa membuat iritasi.  









- RELATED ARTICLE -