• Ruang Baca Alternatif Untuk Pencinta Buku

    Culture / Tips


    Ruang Baca Alternatif Untuk Pencinta Buku

    Destinasi wajib bagi pencinta buku untuk menikmati akhir pekan kali ini.


    Menjelang akhir pekan, tak ada salahnya mencari pilihan tempat baru untuk menghabiskan waktu, tentunya sembari menunggu waktu berbuka puasa.

    Banyak pilihan aktivitas yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah membaca, dan kenapa tidak mencoba berbagai destinasi membaca yang berbeda?

    Di Jakarta dan berbagai kota besar lainnya menyimpan berbagai destinasi ruang baca alternatif selain perpustakaan yang selama ini kita tahu. Berikut beberapa rekomendasi ruang baca alternatif yang bisa Anda pilih sebagai destinasi di akhir pekan kali ini.


    1. Kwitang 14, Jakarta




    Tempat ini merupakan ruang baca yang juga dibuka sebagai area diskusi. Berbagai koleksi buku di tempat ini bervariasi dari buku tentang film dan budaya visual, serta bidang lain yang meliputi seni, sosial, politik, ekonomi, hingga media.

    Kwitang 14 sendiri dibentuk sebagai ruang publik yang terbuka untuk umum dan memiliki tujuan untuk memberikan akses seluas-luasnya pada penyebaran ilmu dan informasi.


    2. The Reading Room, Jakarta


    Menggabungkan konsep perpustakaan dengan kafe, The Reading Room hadir untuk memuaskan keinginan para pencinta buku dan kuliner untuk menemukan kepuasan di satu tempat yang sama. Berlokasi di area Kemang, ruang baca alternatif ini juga kerap dijadikan tempat untuk acara musik atau pertunjukan stand up comedy.


    3. Kineruku, Bandung



    Beralih ke Kota Bandung, Anda bisa mengunjungi Kineruku untuk menemukan berbagai bahan bacaan atau sekadar bersantai menikmati suasana Bandung yang terlalu panas. Anda bisa bebas membaca koleksi buku di tempat ini dengan gratis, hanya saja jika Anda berminat meminjam buku, Anda harus membayar uang sewa.

    Saran kami cobalah membaca di area belakang rumah, di mana Anda taman yang bisa menjadi pemandangan Anda sembari bersantai membaca buku.


    4.  C2O Library & Collabtive, Surabaya



    Perpustakaan satu ini memiliki koleksi bacaan hingga 7.000 koleksi, mulai dari novel, komik, majalah, jurnal, hingga koleksi audio visual. Selain sebagai tempat membaca, C2O adalah ruang kreatif yang tersedia untuk berbagai aktivitas seperti peluncuran dan diskusi, pemutaran film, dan acara komunitas lainnya.

    Selain itu C2O juga berfungsi sebagai coworking space yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang.


    5. Taman Baca Kesiman



    Bali tak melulu tentang pantai. Seperti Taman Baca Kesiman (TBK) yang hadir sebagai salah satu motor penggerak bagi kebudayaan membaca di Bali. Ruang baca satu ini didesain dengan suasana yang santai dengan berbagai makanan ringan atau kopi yang siap dipesan. Selain itu TBK juga memiliki kebun organik yang menambah sejuk dan rileks suasana.

    Koleksi buku-buku TBK juga sebagian besar berkisar dalam tema politik, sosial, otobiografi, dan sastra.


    (Foto: Courtesy of Walt Disney Pictures)








- RELATED ARTICLE -