• Solusi Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

    Beauty / Tips


    Solusi Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

    Kunci perawatan untuk mendapatkan bibir cantik dan sehat saat bulan Ramadhan.


    Menjelang bulan puasa, tubuh Anda pasti cenderung kurang cairan. Hal tersebut mengakibatkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Selain tidak nyaman, bibir kering juga dapat membuat penampilan kurang maksimal sekalipun Anda membuat kamuflase menggunakan lipstik.

    Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak tip yang Bazaar telah jabarkan agar bibir Anda terlihat sehat sepanjang bulan puasa.

    1.    Perbanyak minum air mineral saat sahur dan buka puasa.
    Bibir kering adalah pertanda awal tubuh kekurangan cairan, dan salah satu cara paling ampuh untuk mencegah hal ini adalah minum air mineral. Saat sahur dan berbuka puasa, perbanyaklah asupan air mineral untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Akan lebih baik lagi jika Anda mencoba untuk mengonsumsi setidaknya delapan gelas setiap hari.

    2.    Eksfoliasi bibir.
    Selama bulan Ramadhan, sebaiknya Anda rutin mengeksfoliasi bibir sebanyak dua kali dalam seminggu untuk mengikis sel kulit mati yang tertinggal di bibir. Gunakan lip scrub yang terbuat dari gula, atau sikat gigi berbulu halus. Sebelumnya, olesi bibir dengan petroleum jelly, lalu sikat bibir secara perlahan agar menghindari luka.

    3.    Konsumsi makanan dengan kadar air yang tinggi.
    Makanan seperti timun, paprika, zucchini, tomat, semangka, stroberi, apel, dan bayam mengandung kadar air tinggi, yang jika dikonsumsi dapat membantu Anda terhidrasi sepanjang hari. Makanan tersebut dibandingkan makanan seperti roti, keju, dan gorengan yang memiliki lemak tinggi, akan membantu asupan cairan ke dalam tubuh Anda.

    4.    Hindari makanan asin dan pedas.
    Berbuka dengan makanan pedas dan asin memang terdengar nikmat, namun tak akan menguntungkan bagi kondisi bibir Anda. Pasalnya, asupan cairan tubuh akan lebih banyak diserap oleh garam, dengan demikian membuat bibir menjadi kering dan membuatnya jadi pecah-pecah. Hindari juga makanan pedas selama puasa, karena dapat membuat Anda kehausan sepanjang hari.

    5.    Aplikasikan pelembap bibir.
    Oleskan lip balm yang mengandung bahan alami untuk menjaga bibir tetap lembap dan lembut. Carilah lip balm dengan SPF tinggi karena dapat melindungi bibir Anda dari serangan sinar matahari yang kerap memicu pengeringan pada bibir.

    6.    Oleskan madu.
    Madu mempunyai manfaat efektif untuk melembapkan kulit serta bibir disaat kering dan pecah-pecah. Saat menjalani puasa, oleskan madu di bibir secara merata sebelum tidur dan saat sahur, lakukan pijatan lembut dan biarkan meresap secara alami.


    (Foto: puhhha/Shutterstock.com)








- RELATED ARTICLE -