Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Cara Cepat Atasi Kram Saat Haid

Redakan nyeri menstruasi Anda dengan siasat yang tepat sasaran!

5 Cara Cepat Atasi Kram Saat Haid

Rasa melilit pada perut yang dirasakan menjelang atau ketika datang bulan memang kerap menjengkelkan, terlebih jika Anda sedang harus melakukan sejumlah aktivitas dan bertemu dengan orang-orang. Agar kegiatan Anda tak lantas terganggu, contek kiat jitu yang dapat meringankan gejala kram tersebut dengan sesegera mungkin. 

1. Pijat

Melakukan pijatan pada perut, meski hanya lima menit, mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan membuat Anda merasa lebih nyaman. Lebih baik lagi apabila sambil mengusapkan krim dengan kandungan essential oil seperti lavender, clary sage dan marjoram yang dikenal ampuh menangkal rasa sakit. 

2. Kompres

Entah itu dengan menggunakan alat elektronik seperti heat pad ataupun handuk yang direndam air panas, mengompres bagian tubuh yang linu acap memberikan efek relaksasi secara instan. 

Baca juga: 5 Mitos Keliru tentang Osteoporosis


3. Gerak badan

Di sela-sela agenda kantor ataupun sepulang kerja, sempatkan untuk mampir ke pusat kebugaran ataupun studio yoga kesayangan Anda. Beberapa gerakan yoga terbukti mampu melatih kekuatan tubuh sekaligus melegakan kram. Upaya olahraga seperti berlari atau sekadar berjalan kaki sebetulnya dapat memicu sekresi hormon endorfin yang berfungsi menjauhkan stres!

4. Beristirahat 

Raih waktu tidur yang cukup terutama menjelang datangnya tamu bulanan agar tubuh dan pikiran pun tenang. Pastikan pula posisi tidur Anda tidak menekan bagian perut. Kalau situasi memungkinkan, power nap saat siang harinya pun bisa menjadi solusi sementara. 

5. Konsumsi obat sesuai anjuran

Last but not least, konsumsi pil seperti aspirin, ibuprofen dan semacamnya sering terbukti mujarab mengatasi nyeri haid. Obat-obatan seperti naproxen juga diketahui dapat mengurangi derasnya darah yang keluar. Apabila gejalanya tak kunjung reda, hubungi dokter spesialis.


Baca juga:

4 Cara Efektif untuk Meningkatkan Metabolisme

4 Solusi Jitu untuk Atasi Vertigo

4 Kiat Cepat Atasi Rasa Gugup


(Foto: Agnieszka Marcinska/Shutterstock.com)