• Tip Menyejukkan Rumah Tanpa AC

    Culture / News


    Tip Menyejukkan Rumah Tanpa AC

    Selain mengaplikasikan gaya hidup yang lebih “hijau”, Anda pun bisa menghemat tagihan listrik!


    Menyalakan mesin penyejuk ruangan secara terus-menerus dapat membuat biaya bulanan PLN Anda melambung di akhir bulan. Setuju? Jika ya, mungkin sudah saatnya Anda menerapkan siasat untuk membuat suhu ruangan di rumah Anda tetap nyaman tanpa harus menghidupkan AC seharian seperti yang berikut ini.  

    1. Tutup semua jendela dengan kerai untuk menurunkan suhu ruang. Sebagai contoh, roller shade diklaim mampu menangkal panas matahari hingga 80 persen.

    2. Bohlam konvensional bersifat meningkatkan suhu di sekitarnya. Pertimbangkan untuk menggantinya dengan lampu fluorescent yang lebih efisien dalam hal pemakaian energi.

    Baca juga: 5 Tip Penting Sebelum Renovasi Rumah


    3. Memanfaatkan kipas angin dapat menjadi alternatif yang efisien. Pastikan saja untuk meletakannya di dekat jendela agar dapat mengantarkan angin sejuk ke dalam kediaman atau melakukan instalasi pada plafon rumah. 

    4. Tak jarang, tingginya tingkat kelembapan udaralah yang menambah kesan gerah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan perangkat dehumidifier

    5. Last but not least, budidayakan menanam pohon di sekitar rumah. Tak hanya meneduhkan dan menawarkan keindahan, tumbuhan dapat melakukan proses evapotranspirasi yang melepaskan air sehingga membuat hawa relatif terasa lebih sejuk.  


    Baca juga:

    5 Inspirasi Ruang Kerja yang Nyaman di Rumah

    4 Pernak-Pernik Etnik untuk Mempercantik Rumah

    Merapikan Rumah dengan Metode Konmari


    (Foto: sirtravelalot/Shutterstock.com) 








- RELATED ARTICLE -