• Tip Sebelum Melakukan Yoga Bikram

    Beauty / Tips


    Tip Sebelum Melakukan Yoga Bikram

    Hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengikuti sesi yoga di ruang bersuhu sangat panas.


    Yoga bikram adalah salah satu tipe hot yoga yang idealnya dilakukan pada temperatur ruangan mulai dari 35 hingga 42 derajat Celcius. Jika diterapkan secara benar, yoga tersebut sebetulnya dapat melatih kekuatan dan kelenturan tubuh dengan baik sekaligus mengurangi tekanan emosional.

    Sayangnya, tak sedikit orang yang merasa kurang mampu baik secara fisik dan mental saat harus mempertahankan pose yoga di tempat dengan suhu tinggi. Agar yoga bikram tetap dapat membawa manfaat baik bagi kesehatan Anda, baca dulu kiat-kiat berikut ini sebelum mempraktikannya sendiri. 

    1. Sehari sebelumnya, pastikan Anda meminum delapan gelas yang masing-masing berisi 250 mililiter air. Dua jam menjelang sesi yoga bikram, minumlah setengah liter air dan lanjutkan meminum di sela-sela kelas apabila dirasa perlu. Setelah rampung, Anda pun dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman isotonik ataupun air dengan jeruk nipis. Asup pula camilan sehat seperti buah semangka atau mentimun untuk mencegah dehidrasi. 

    Baca juga: 5 Pose Yoga untuk Mengencangkan Perut


    2. Jika memungkinkan, masuklah ke dalam ruangan 15 menit lebih awal agar tubuh Anda dapat beradaptasi terlebih dulu dengan kondisinya. 

    3. Lapisi yoga mat Anda dengan handuk yang relatif tidak licin guna menghindarkan potensi cedera.

    4. Jangan mengelap keringat Anda terlalu sering karena justru akan mengakibatkan perspirasi berlebih. Biarkan saja tetesannya hingga berevaporasi pada permukaan kulit.

    5. Perlu dicatat, yoga ini tidak disarankan bagi wanita hamil ataupun individu yang memiliki kelainan jantung.


    Baca juga:

    5 Pose Yoga untuk Membantu Mengencangkan Payudara

    Pilihan Studio untuk Yoga Hamil di Jakarta

    Manfaat Yoga Anti-gravity untuk Kesehatan


    (Foto: zjuzjaka/Shutterstock.com) 








- RELATED ARTICLE -