• 3 Kompetisi Desainer Fashion Paling Bergengsi

    Fashion / News


    3 Kompetisi Desainer Fashion Paling Bergengsi

    Info bagi seorang desainer fashion, baik yang baru lulus kuliah atau yang sudah memulai start up business-nya.


    Bagi seorang desainer fashion, baik yang baru lulus dari kuliahnya atau yang sudah memulai start up business-nya, tentu ingin mendapat pengalaman yang berharga dan pembelajaran lebih agar label miliknya dapat sukses di industri fashion.

    Berikut merupakan 3 kompetisi desainer fashion yang paling diperhitungkan di dunia, untuk mendapat pengalaman dan ilmu dari para pelaku industri fashion:

    1. LVMH Prize

    Para penikmat fashion tentu tahu LVMH. Sebagai perusahaan konglomerat multinasional, LVMH yang merupakan inang dari brand seperti Louis Vuitton, Givenchy, Celine, dan masih banyak lagi, tentu menjadi sebuah kebutuhan untuk menemukan bakat-bakat baru di dunia fashion.

    Dari itu LVMH membuat acara tahunan yang disebut LVMH Prize dimana desainer fashion dari seluruh dunia bisa ikut menjadi peserta kompetisi ini. Para peserta akan mendapat bimbingan dan dinilai oleh creative director rumah mode milik LVMH.

    Dari banyaknya peserta akan ada satu pemenang yang akan diberi uang tunai untuk meningkatkan bisnis fashion-nya menjadi lebih tinggi.

     

    2. KERING x PARSONS

    Berbeda dengan LVMH Prize yang memberikan kesempatan untuk desainer di seluruh dunia, KERING x PARSONS diadakan khusus untuk siswa dari Parsons School of Design.

    Pada kompetisi ini para finalis yang berasal dari Parsons akan diberikan bimbingan selama tiga bulan oleh Kering dan akan dipilih dua pemenang yang akan diberikan uang tunai untuk melanjutkan label mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

    Para juri dari kompetisi ini adalah para creative director brand milik kering seperti, Alesandro Michele dari Gucci, Demna Gvasalia dari Balenciaga, dan Stella McCartney dari brand atas namanya sendiri.

     

    3. CFDA Fashion Fund

    Kompetisi oleh Council of Fashion Designers of America ini menerima 10 peserta asal Amerika setiap tahunnya. Kesepuluh peserta ini akan diberi tantangan, bimbingan dan masukan dari para juri yang merupakan pelaku fashion di Amerika.

    Acara ini juga dibuat serial televisinya setiap musim oleh tv lokal Amerika. Para pemenangnya terbukti banyak yang sukses di dunia fashion bukan hanya di Amerika namun di seluruh dunia. Nama Anna Wintour sebagai salah satu juri utamanya, tentunya turut menaikkan kredibilitas kompetisi ini.

    Beberapa nama lulusan CFDA Fashion Fund adalah Alexander Wang, Rag&Bone, Proenza Schouler, Joseph Altuzarra, Thakoon, dan masih banyak lagi.
     

    (Geofanny Tambunan. Foto: Dok. Instagram)

     







- RELATED ARTICLE -