• 4 Manfaat Terapi Hortikultura

    Beauty / News


    4 Manfaat Terapi Hortikultura

    Selama berabad lamanya, pengembangan psikologis yang melibatkan tanaman terutama bunga-bungaan memang dikenal mampu membawa banyak manfaat.


    Selama berabad lamanya, pengembangan psikologis yang melibatkan tanaman terutama bunga-bungaan memang dikenal mampu membawa banyak manfaat positif bagi kehidupan.

    Berikut beberapa di antaranya.

    1. Sebagai pembangkit semangat
    Tak dapat dipungkiri lagi, kehadiran rangkaian bunga di sekitar Anda terbukti bisa mendukung suasana tertentu. Contohnya, mawar yang dapat menciptakan atmosfer romantis dalam sekejap.




    2. Mempertahankan stabilitas emosi
    Keberadaan flora dipercaya dapat memicu otak untuk hanya mengingat kenangan manis di dalam benak sehinggga Anda senantiasa merasa bahagia.

    3. Meningkatkan interaksi dan sosialisasi
    Pada teori terapi hortikultura, Anda tak hanya dianjurkan untuk memperhatikan tumbuhan tersebut namun juga merawat serta memperlakukannya dengan baik.


    4. Mengurangi tingkat stress
    Menurut pakar psikologi lingkungan Rachel dan Stephen Kaplan, manusia akan merasa lebih nyaman saat berada di alam. Ketika Anda berjalan-jalan ke taman atau hutan, misalnya, pikiran pun akan terasa lebih damai. Tak sempat ke luar? Taruh bunga dalam vas dan letakkan di atas meja kerja untuk efek menenangkan yang sama.

     

    (Melur Pinilih. Foto: Iordani/Shutterstock/Click Photos)










- RELATED ARTICLE -