• Yoga dan Pilates : Miliki Badan dan Postur Ideal

    Beauty / News


    Yoga dan Pilates : Miliki Badan dan Postur Ideal


    Sekarang ini, pusat kebugaran yang menawarkan kelas yoga maupun pilates membanjiri ibukota. Mengapa demikian? Banyak orang yang berolahraga untuk menurunkan berat badan, namun manfaat dari berolahraga tidak hanya untuk mencegah kelebihan berat badan. Akhir-akhir ini, masyarakat mulai sadar dan peduli tentang kesehatan. Banyak keuntungan lain yang lebih bermanfaat untuk tubuh Anda, seperti membentuk postur tubuh yang lebih baik, dan mencegah terjadinya cedera. Hampir seharian penuh duduk dan menatap layar komputer di kantor akan membawa dampak yang kurang bagus bagi perkembangan tulang dan juga otot pada tubuh Anda. Selain itu, orang yang rutin melakukan pilates merasa tubuh mereka menjadi lebih kuat dan jiwa pun menjadi tenang. Bazaar telah merangkum beberapa studio yang menawarkan program yoga dan pilates bagi Anda yang ingin mengubah postur tubuh demi meraih tubuh yang bugar.

    1. Svarga E-motion Sanctuary

    Semua orang bisa melakukan olahraga ini. Ada dua jenis alat yang digunakan ketika Anda melakukan pilates, yaitu matras dan reformer. Penggunaan matras biasanya dilakukan dalam satu kelas beramai-ramai, sedangkan reformer harus menggunakan seorang guru privat untuk mendampingi Anda. Tujuannya adalah untuk menentukan ketepatan gerakan dan cara mengatur pernapasan. Pilates banyak melatih otot perut, pervic (antara tulang panggul dan otot), tulang rusuk, serta tulang leher. Otot-otot tersebut jarang dilatih ketika Anda melakukan senam biasa. Jika postur tubuh membaik, maka organ internal dalam tubuh juga membaik, dan secara umum keseimbangan tubuh bisa dicapai. Di tempat ini Anda juga bisa mencoba hot yoga, antigravity yoga, gyrotonic. Sebelum melakukan olahraga ini, Anda bisa melakukan pengecekan postur tubuh untuk mengetahui bagian tubuh mana yang perlu diterapi.
    Lokasi : Dharmawangsa Square

    2. Body Connection Pilates


    Jika Anda lebih menyukai pilates sebagai opsi dalam menggapai bentuk tubuh indah daripada berolahraga kardio yang seolah menguras tenaga, mungkin bisa mengikuti kelas studio di Body Connection Pilates. Dengan mengusung aliran classic pilates, Anda bisa mengikuti kelas umum bersama dengan banyak orang, maupun privat. Tempat ini juga dilengkapi dengan alat pilates yang disebut reformer, tentu di kelas ini Anda akan didampingi oleh sang instruktur. Selain bisa mendapat tubuh ideal melalui program pilates, Body Connection juga menyediakan jasa konsultasi untuk menurunkan berat badan oleh nutritionist dan diet catering dengan menu makanan sehat.
    Lokasi:  Jl. Kelapa Sawit Raya Blok II No.12 A-B, Kelapa Gading Timur Raya, Jakarta Utara. 

    3. Sana Studio


    Yoga adalah olahraga yang dikenal untuk melatih pernapasan, meningkatkan kelenturan, serta relaksasi. Fokus utama ketika Anda melakukan yoga adalah memperkuat otot perut. Selain itu, kapasitas kerja paru-paru juga meningkat sehingga stamina Anda pun menguat ketika melakukan olahraga lainnya. Banyak orang beranggapan yoga merupakan olahraga yang mudah, namun tetap berisiko. Apabila Anda salah melakukan gerakan-gerakan tertentu, biasanya bagian umum yang sering terjadi cedera adalah leher, dan tulang belakang. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui batas kemampuan tubuh sendiri dan jangan memaksakan untuk berlatih secara berlebihan.
    Lokasi : Jl. Panglima Polim, Kebayoran Baru

     

    (Teks: Mira Moeis. Foto: Dok. Bazaar)







- RELATED ARTICLE -