• Tips Mengencangkan Kulit Setelah Turun Berat Badan

    Beauty / Tips


    Tips Mengencangkan Kulit Setelah Turun Berat Badan


    Sungguh suatu kepuasan ketika berat badan ideal sudah berhasil Anda capai, namun ternyata ada hal-hal lain yang masih perlu Anda lakukan.

    Setelah berhasil menurunkan berat badan, timbunan lemak yang hilang ternyata justru menyebabkan kulit kendur yang menggelambir di area tangan, paha, perut, dan bagian-bagian tubuh lainnya. Bazaar merangkum bagaimana cara mengatasi kulit kendur akibat penurunan berat badan.

    1. Meningkatkan Massa Otot Tubuh

    Melakukan latihan beban untuk menambah massa otot sehingga mengisi bagian kulit yang kendur. Pilih beban yang agak berat dengan sedikit repetisi. Disarankan untuk melakukan tiga sampai empat set latihan beban dengan enam repetisi setiap set nya.

    2. Pertahankan Kadar Lemak Rendah

    Penurunan berat badan bukan berarti kadar lemak dalam tubuh Anda menjadi rendah. Nutritionist menyarankan untuk menurunkan kadar lemak tubuh adalah dengan melakukan olahraga dan diet tinggi protein dan rendah lemak dalam jangka waktu setahun. Tujuannya adalah agar kulit yang kendur bisa menyesuaikan dengan otot tubuh sehingga menjadi kencang kembali.

    3. Konsumsi Air Putih

    Air mineral memiliki peran penting bagi kulit. Konsumsi air yang cukup dalam sehari untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap halus dan lentur. Minimal 1.9 liter atau delapan gelas perhari hingga 3.5 liter air.

    4. Makanan Tinggi Protein dan Vitamin

    Protein berperan penting dalam meningkatkan kolagen dan elastin yang sangat berpengaruh bagi proses regenerasi kulit. Dada ayam, putih telur, daging sapi, ikan salmon, dan tahu merupakan contoh makanan yang kaya protein yang bisa Anda konsumsi sebagai pengganti karbohidrat. Selain itu, tambahkan juga suplementasi vitamin A, C, dan E untuk merangsang pertumbuhan kolagen dan menambah keelastisitan kulit.

    5. Hindari Penurunan Berat Badan Secara Drastis

    Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan secara singkat, namun hal ini tentunya sangat tidak disarankan. Penurunan berat badan sebaiknya dilakukan secara perlahan sehingga kulit Anda bisa menyesuaikan dengan ukuran tubuh yang mengecil. Setengah kilo per minggu adalah jumlah yang ideal bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara baik dan sehat.

     

     








- RELATED ARTICLE -