• Kiat Atasi Rambut Bercabang

    Beauty / Tips


    Kiat Atasi Rambut Bercabang


    Rambut panjang wanita yang tergerai indah melewati bahu memang sangat enak dipandang. Tetapi memiliki rambut panjang tentunya memerlukan perawatan ekstra karena semakin panjang rambut semakin rentan rusak, terutama pada ujung-ujung rambut. Salah satu penentu rusaknya rambut panjang adalah ditandai dengan bercabangnya ujung rambut. Ikuti langkah-langkah berikut agar rambut Anda terbebas dari kerusakan dan tidak terlihat kusam.

     

    1. Konsumsi Protein

    Selain perawatan dari luar seperti masker rambut, asupan nutrisi dari dalam tubuh ternyata lebih penting. Konsumsi makanan tinggi protein karena rambut membutuhkan keratin yang umumnya terdapat pada ikan, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran. Jadi perbanyak makan Salmon Salad atau minum susu kedelai.

    2. Hindari Penggunaan Air Hangat

    Mencuci rambut menggunakan air hangat membuat rambut lebih mudah kering, sehingga kemungkinan untuk rambut menjadi rusak dan bercabang semakin besar. Pada saat keramas dengan menggunakan air hangat, pori-pori rambut menjadi terbuka sehingga rambut menjadi lebih mudah terlepas dari akar rambut. Lebih baik keramas dengan air dingin atau alternatif lain membilas rambut dengan air dingin.

    3. Menggunakan Hair Treatment

    Selain menggunakan conditioner, hair treatment sangat diperlukan rambut mengembalikan nutrisi-nutrisi yang telah hilang akibat efek dari radikal bebas atau pun proses kimiawi. Sebaiknya lakukan perawatan dengan menggunakan masker rambut sebanyak dua kali seminggu agar rambut tetap terlihat sehat. Penggunaan maskter rambut pun sangat mudah dan praktis yang bisa dilakukan dirumah ataupun di salon langganan Anda. Rekomendasi masker rambut dengan menggunakan bahan alami seperti madu atau minyak zaitun.

    4. Trim Rambut

    Melakukan trim rambut setiap enam minggu sekali sangat dianjurkan karena selain untuk menjaga bentuk rambut agar tetap rapih, ujung rambut yang bercabang pun bisa diatasi dengan memotongnya. Dengan melakukan trim secara teratur maka rambut panjang Anda akan tetap terlihat sehat karena bagian-bagian yang rusak sudah terbuang.

    5. Batasi Penggunaan Styling Tools

    Hairdyer dan styling iron memang sangat dibutuhkan oleh wanita untuk mendapatkan tampilan rambut indah. Tetapi ada baiknya jika sebelum menggunakan alat-alat tersebut, aplikasikan serum atau heat protection agar rambut terlindung dari panas hairdryer karena penggunaan secara berkala akan membuat rambut Anda menjadi mudah kering dan terlihat kusam. Apabila Anda harus menggunakannya setiap hari, atur suhu pada posisi yang paling rendah.

     

    (Teks : Mira Moeis Foto : dok Bazaar)

     

     

     

     








- RELATED ARTICLE -