• 7 Manfaat Charcoal yang Perlu Anda Ketahui Sekarang!

    Beauty / Tips


    7 Manfaat Charcoal yang Perlu Anda Ketahui Sekarang!
    (Foto Courtesy of Ð?лекÑ?анд Белый©123RF.com)

    Inilah beragam manfaat charcoal untuk wajah yang perlu Anda ketahui.


    Apakah Anda memperhatikan bahwa saat ini terdapat berbagai macam produk perawatan kulit yang menggunakan charcoal sebagai bahan utamanya? Charcoal atau arang merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Charcoal memiliki karbon aktif yang dianggap mampu menghilangkan bakteri dari kulit, membantu menghilangkan racun dari kulit, serta mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga membantu kulit lebih cerah, halus, bersih dan kencang. Melansir dari Besthealthmag, charcoal ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini!


    1. Membersihkan Pori-Pori

    Debu, kotoran, polusi dan racun dapat menyumbat pori-pori Anda dan menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo dan membuatnya semakin terlihat jelas. Namun, Anda dapat menggunakan masker atau pembersih wajah dengan bahan utama charcoal, yang mampu membersihkan kulit hingga ke pori-pori. Setelah itu, oleskan pelembap untuk memberikan kelembapan pada kulit Anda. 





    2. Detoksifikasi kulit

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, polusi, debu dan racun dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Itulah mengapa penting untuk mendetoksifikasi kulit, minimal seminggu sekali. Cara terbaiknya, Anda dapat menggunakan masker charcoal untuk mendetoksifikasi kulit. 


    3. Menyerap Minyak Berlebihan

    Jika Anda memiliki kulit berminyak, arang dapat menjadi bahan alami yang mampu mengontrol produksi minyak di wajah. Produksi minyak berlebih dapat menyebabkan berbagai kondisi kulit, seperti jerawat. Charcoal akan membuang minyak berlebih yang tidak dibutuhkan, sehingga membantu kulit tampak segar. Cukup gunakan masker charcoal satu hingga dua kali dalam seminggu, untuk mengontrol produksi minyak tanpa membuatnya kering. 


    4. Mengobati Jerawat

    Sifat anti-radang yang terkandung di dalam charcoal dapat berguna untuk mengobati jerawat dan membuatnya lebih cepat kering. Anda dapat menggunakannya sebagai pengobatan spot, jika tidak ingin menggunakannya di seluruh wajah. Aplikasikan masker charcoal satu hingga dua kali seminggu, untuk mencegah timbulnya jerawat.


    5. Menghaluskan Kulit

    Selain mampu mengobati jerawat, manfaat charcoal untuk wajah berikutnya yaitu dapat menghaluskan kulit. Penggunaan makeup yang terlalu sering, kotoran dan sel-sel kulit mati akan membuat kulit terasa kasar, kusam dan tidak sehat. Gunakan secara reguler masker charcoal untuk memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya lembut dan kenyal. 



    6. Menghilangkan Komedo

    Manfaat masker charcoal berikutnya yaitu memiliki kemampuan untuk menghilangkan komedo. Komedo kerap kali muncul di area t-zone pada wajah. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan masker charcoal yang berbentuk peel off, jadi lebih mudah dibersihkan dan efektif mengangkat komedo yang membandel. 


    7. Mencegah Penuaan

    Seiring dengan bertambahnya usia, beberapa tanda-tanda penuaan akan muncul seperti keriput, garis-garis halus, serta kulit kendur. Ini merupakan proses alami yang akan dialami oleh setiap orang. Namun, faktor-faktor lain seperti diet, polusi, serta sinar matahari dapat mempercepat proses ini dan mengakibatkan penuaan dini pada kulit. Charcoal memiliki kemampuan untuk memperlambat perubahan pada sel-sel kulit yang menyebabkan penuaan dini. Gunakan masker charcoal untuk mencegah atau mengatasi penuaan pada wajah.


    Sekarang Anda sudah tahu tujuh manfaat charcoal untuk wajah. Anda dapat menambahkan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan charcoal agar Anda dapat merasakan manfaatnya. Selamat mencoba!




    (Foto Courtesy of Ð?лекÑ?анд Белый©123RF.com)









- RELATED ARTICLE -