• 5 Ritual Perawatan Wajah yang Wajib Dilakukan Sebelum Tidur

    Beauty / Tips


    5 Ritual Perawatan Wajah yang Wajib Dilakukan Sebelum Tidur
    Shiny Diamond/pexels.com

    Ikuti lima langkah berikut untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda.


    Sebagai salah satu cara menjaga kesehatan kulit wajah agar senantiasa tampak segar dan awet muda, Anda perlu memperhatikan perawatannya sehari-hari. Namun, tak hanya sekadar memberi perlindungan di pagi hari saat akan memulai aktivitas, Anda juga perlu melakukan ritual perawatan kulit wajah sebelum tidur.

    Saat tidur, tak hanya tubuh dan pikiran saja yang beristirahat, kulit wajah Anda juga ikut memperbaiki diri dan mengembalikan kondisi optimalnya. Saat ini menjadi waktu penting bagi Anda memberikan segala senjata dan nutrisi bagi kulit agar bisa kembali sehat sekaligus tampak awet muda. 

    Memang tak semua orang memiliki waktu (atau tenaga) untuk melakukan sepuluh langkah perawatan kulit sebelum tidur. Tak perlu khawatir jika Anda tak melakukan sepuluh langkah, kulit Anda masih bisa terjaga dengan maksimal! 




    Berikut ini adalah lima ritual perawatan wajah yang tak boleh Anda lewatkan sebelum tidur di malam hari untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit.


    1. Membersihkan wajah dengan teknik Double Cleansing

    Pernahkah Anda mencuci wajah sebelum tidur, namun tetap bangun dengan noda bekas riasan di bawah mata? Ternyata itu adalah hal yang normal, terutama jika Anda mengenakan makeup dengan formula long-lasting, yang memang bisa bertahan lebih lama di kulit. Kenapa? Karena makeup dengan formula tahan lama tersebut biasanya memiliki kandungan polimer yang tak mudah diangkat oleh sabun dan air, atau pembersih makeup berbahan dasar air.

    Untuk benar-benar membersihkan jejak makeup di wajah Anda, adopsilah ritual kecantikan korea selatan yaitu membersihkan wajah dengan teknik double cleansing. Pertama, gunakan pembersih makeup berbahan dasar minyak (minyak lebih efektif mengangkat bahan wax dan polimer dibandingkan sabun dan air). Lalu, cuci wajah dengan pembersih pilihan Anda untuk menuntaskan langkah ini dan menyegarkan kulit.


    2. Perhatikan pori-pori Anda

    Anda mungkin tak punya waktu untuk selalu memenuhi janji facial setiap empat atau enam minggu sekali, dan itu tidak masalah! Untuk membersihkan pori-pori secara maksimal di rumah, coba langkah yang mudah ini: Nyalakan shower dan atur agar ia mengeluarkan air panas hingga beruap, lalu masuk ke bilik mandi (atau area mandi di dekat shower Anda tentunya), berdiri dan biarkan wajah menyerap uap panas tersebut sebelum Anda mencucinya. Perhatikan agar air panas tak menyentuh wajah Anda. Uap panas tersebut dapat membantu membuka pori-pori Anda.

    Anda juga bisa memberi diri Anda mini-facial dengan mencelupkan handuk kecil ke dalam air dan panaskan di microwave selama 20 detik. Kemudian, tepukkan handuk panas tersebut ke wajah Anda secara perlahan. Trik ini juga bisa membuka pori-pori, mengeluarkan minyak, kotoran, keringat, dan bakteri demi membersihkan wajah secara mendalam.


    3. Angkat sel kulit mati

    Apabila kulit terlihat kusam dan tidak berseri, mungkin ia tertutup sel kulit mati. Sel kulit secara alami akan lepas dengan sendirinya setiap 28 hari, namun terkadang sel yang sudah mati bisa saja tetap menempel di wajah, menutupi kulit sehat dan menyebabkan tekstur yang tidak merata.

    Untuk mengangkat sel kulit mati, gunakan produk perawatan kulit berbahan dasar alpha-hydroxy acid setidaknya dua kali dalam satu minggu. Kebiasaan ini bisa menciptakan tampilan kulit yang lebih glowing dan halus, karena kandungan asam dapat menjangkau lapisan kulit lebih dalam dibanding scrub biasa, memecah ikatan sel kulit mati dan mengangkatnya dari wajah. Jika Anda melakukan double cleansing, jadikan trik ini langkah kedua Anda.


    Kulit wajah Anda mudah berjerawat? Gunakan pembersih wajah dengan asam salisilat, yang juga mampu memerangi jerawat dengan cara membersihkan kelebihan minyak di wajah.


    4. Memberi hidrasi dan kelembapan maksimal

    Produk perawatan kulit dengan formula yang mampu menghidrasi secara maksimal bisa membuat wajah terasa lebih kenyal, menghaluskan tampilan garis wajah, dan menciptakan tekstur yang lebih halus secara keseluruhan. Ditambah lagi, produk seperti ini membantu menenangkan kulit setelah eksfoliasi.

    Saat akan tidur, aplikasikan overnight mask yang menghidrasi dan memiliki tekstur gel. Pastikan masker tersebut juga memiliki kandungan dasar air sehingga tak terasa berat dan lengket saat diaplikasikan ke kulit wajah. Pro tip: simpan produk overnight mask Anda di dalam kulkas. Jika teksturnya dingin saat aplikasi, ia sekaligus mampu membantu mengurangi kemerahan di wajah dan mengencangkan pori-pori.


    5. Jangan lupakan area mata dan bibir!

    Seperti yang sudah berulang kali diinformasikan kepada Anda, area mata dan bibir memiliki tekstur dan tingkat ketebalan kulit yang berbeda dengan wajah. Untuk menjaganya agar tetap terlihat segar dan awet muda, diperlukan produk perawatan yang dikhususkan untuk kulit di area ini.

    Sebelum tidur, beri pijatan lembut di area mata menggunakan jari manis dan produk perawatan mata favorit Anda. Trik ini membantu memperlancar peredaran darah di area tersebut dan membantu produk meresap dan bekerja secara optimal. Sama seperti kulit wajah, area mata juga membutuhkan serum dan krim agar kesehatannya terjaga.

    Sedangkan untuk area bibir, Anda bisa mengaplikasikan petroleum jelly atau masker bibir yang memang diformulasikan untuk dipakai saat tidur. Pulaskan beberapa saat sebelum terlelap dan Anda akan bangun dengan tampilan bibir yang ideal!


    Demi menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah Anda, jangan lewatkan lima langkah tadi sebelum pergi tidur, ya!










- RELATED ARTICLE -