• Lihat Cara Brand Fashion Merayakan Hari Bumi Sedunia

    Culture / News


    Lihat Cara Brand Fashion Merayakan Hari Bumi Sedunia

    Lingkungan tidak pernah menjadi lebih penting bagi industri mode.


    Pada Hari Bumi Sedunia (yang jatuh pada tanggal 22 April), banyak label fashion yang merayakannya. Dari koleksi ramah lingkungan hingga janji untuk meningkatkan keberlanjutan, inilah cara industri tersebut menandai hari bumi.


    1. Burberry





    Burberry telah meluncurkan ReBurberry edit, yang menampilkan 26 gaya dari koleksi musim semi/panas 2020, semuanya terbuat dari bahan yang sustainable. Membuktikan komitmennya terhadap praktik ramah lingkungan, dua pertiga produk Burberry kini memberikan kontribusi sosial atau lingkungan yang positif, dengan tujuan agar semua produk lansirannya dapat juga ramah lingkungan pada tahun 2022.


    2. Zalando


    Zalando menandai Hari Bumi Sedunia dengan memberikan sorotan kepada mode berkelanjutan, dengan meningkatkan kesadaran akan label yang berfokus lingkungan kepada 31 juta pelanggannya. "Kami ingin memudahkan pelanggan untuk melihat dan berbelanja mode yang lebih sustainable," kata Kate Heiny selaku direktur sustainability di Zalando. "Kami ingin lansiran mode kami lebih menekankan sisi sustainable dan agar label-label mitra kami juga dapat bergabung dengan visi ini bersama kami."


    3. Stella McCartney


    Stella McCartney yang menjadi pelopor mode berkelanjutan, merayakan Hari Bumi Sedunia dengan mengambilalih layar Ocean Outdoor di London Circus Piccadilly, dari tanggal 21 hingga 26 April. Film yang akan ditayangkan oleh Stella McCartney ini akan menyoroti bagaimana, bahkan ketika manusia berhenti di masa-masa yang tidak pasti ini, alam terus berjalan.


    4. Pomellato


    Pembuat perhiasan asal Italia Pomellato telah menandai hari ini dengan koleksi kapsul khusus. Menampilkan cincin, gelang, dan anting-anting, koleksi ini adalah koleksi berkelanjutan dan menggunakan bahan yang bertanggung jawab secara sosial untuk membuat desain dengan gaya berani khas rumah ini.


    5. Ralph Lauren


    Ralph Lauren telah memperkuat komitmennya untuk membantu planet ini dengan meluncurkan Earth Polo. Setiap baju dari koleksi ini seluruhnya terbuat dari botol plastik dan diwarnai menggunakan proses yang sepenuhnya tanpa air. Label ini juga berjanji bahwa pada tahun 2025, ia akan menggunakan 170 juta botol plastik dalam produk dan kemasannya. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi jumlah plastik yang berakhir di lautan dan tempat pembuangan sampah di seluruh dunia.



    6. &Other Stories


    Koleksi kapsul berkelanjutan bertajuk With Care lansiran labe & Other Stories ini menawarkan gaun musim panas dan blus. Terinspirasi oleh gaun tidur dari era Victoria, semua koleksinya terbuat dari kain yang berkelanjutan seperti katun organik seperti Tencel Lyocell dan EcoVero.


    7. Michael Kors


    Michael Kors (bagian dari perusahaan Capri Holdings Limited) mengumumkan strategi tanggung jawab sosialnya, termasuk komitmennya untuk menjadi 100% sustainable pada tahun 2025. “Hari ini, saya bersemangat untuk merayakan planet kita yang spektakuler ini pada Hari Bumi dan berbagi dengan Anda semua komitmen yang dibuat label kami untuk membantu mengurangi jejak kami di dunia," jelas Michael sendiri.


    8. Rupert Sanderson


    Dalam perayaan Hari Bumi Sedunia tahun ini, Rupert Sanderson telah mengumumkan inisiatif baru yang dilakukan dengan bermitra bersama We Forest. Setiap kali sepasang sepatu dijual di toko Mayfair Rupert Sanderson atau secara online, label tersebut akan mendanai pertumbuhan pohon. "Menjadi lebih berkelanjutan karena kami senang bahwa, sebagai perusahaan kecil dan mandiri, kami dapat membuat perbedaan," jelas label tersebut dalam sebuah unggahan.


    9. Farfetch


    Farfetch menggunakan Hari Bumi Sedunia sebagai kesempatan untuk meluncurkan layanan Pengiriman Sadar Iklim yang baru dengan tujuan mengurangi emisi karbonnya. Pengiriman sekarang akan melibatkan ukuran kemasan yang lebih efisien dan perusahaan akan memberikan insentif kepada mitra ritel dan label untuk memilih kotak yang lebih ramah lingkungan untuk barang mereka. Jika memungkinkan, barang akan dikirim dalam jumlah besar untuk lebih hemat dan juga telah mengumumkan akan mengimbangi dampak yang tersisa dari pengiriman dan pengembalian. Tahun lalu, situs belanja online memperkenalkan dua inisiatif baru untuk mempromosikan belanja yaitu penjualan kembali. Tujuan (Farfetch SecondLife) dan layanan donasi (bekerja sama dengan Thrift +) adalah untuk membantu konsumen memperpanjang umur pakaian dan tas mereka.




    (Penulis: Jessica Davis; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)










- RELATED ARTICLE -