• Minum Kopi Sebelum Berolahraga, Baik atau buruk?

    Culture / Tips


    Minum Kopi Sebelum Berolahraga, Baik atau buruk?
    (Foto Courtesy of puhhha©123RF.com)

    Kandungan kafein pada kopi yang dapat meningkatkan energi, fokus, dan aktivitas olahraga.


    Minum kopi di pagi hari seringkali menjadi solusi untuk menghilangkan rasa kantuk dan lesu, agar lebih semangat menjalani hari. Tidak terkecuali ketika ingin berolahraga. Tapi, apakah boleh mengonsumsi kopi sebelum berolahraga? Jawabannya, tentu saja boleh. Minum kopi sebelum berolahraga tidak akan mengganggu kesehatan, justru malah sangat bermanfaat. Dikutip dari laman Byrdie, menurut konsultan nutrisi, minum secangkir kopi sebelum berolahraga dapat benar-benar meningkatkan kinerja atletik. Ini karena kandungan kafein pada kopi yang dapat meningkatkan energi, fokus, dan daya tahan. Dengan kata lain, kandungan kafein pada kopi berkontribusi untuk meningkatkan aktivitas olahraga.





    Namun tetap perlu diingat bahwa air mineral merupakan minuman yang paling baik dan penting dikonsumsi sebelum dan sesudah berolahraga. Lantas, apa saja manfaat minum kopi sebelum berolahraga? Baca selengkapnya di bawah ini!


    1. Meningkatkan Kinerja Atletik

    Beberapa penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi kafein sebelum berolahraga mampu meningkatkan kinerja atletik. Sebuah laporan yang diterbitkan dalam Sports Medicine menyebut kafein sebagai bantuan ergogenik yang kuat, sehingga mampu meningkatkan ketahanan fisik Anda. Jadi, Anda tidak mudah lelah dan dapat berolahraga lebih lama.


    2. Mengurangi Nyeri Otot

    Berdasarkan sebuah penelitian dari University of Illinois, mengonsumsi kopi kira-kira satu jam sebelum berolahraga dapat mencegah nyeri otot. Dengan begitu, Anda menjadi lebih nyaman berolahraga, meskipun Anda sedang menjalani olahraga dengan intensitas tinggi atau menjalani olahraga dalam waktu yang lama.


    3. Membakar Lebih Banyak Lemak

    Manfaat minum kopi sebelum berolahraga adalah mampu membakar lebih banyak lemak. Ini karena kafein akan mengubah sel-sel lemak menjadi sumber energi. Kafein juga membantu meningkatkan metabolisme, yang membantu Anda membakar lebih banyak kalori.



    4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

    Menurut penelitian dari University of Ryukyus menunjukan bahwa mengonsumsi kopi mampu melancarkan sirkulasi darah. Semakin lancar aliran darah, akan membuat tubuh Anda mendapatkan suplai sel darah putih dan oksigen yang cukup. Inilah yang akan membantu Anda bergerak aktif dan meningkatkan performa Anda selama berolahraga.


    Perlu diingat, Anda boleh mengonsumsi kopi sebelum olahraga, bukan sesudah olahraga. Minum kopi sebelum berolahraga dapat membantu aktivitas olahraga menjadi lebih maksimal. Sementara sehabis berolahraga, tubuh lebih membutuhkan asupan nutrisi yang bisa membantu memulihkan tubuh. Perlu diketahui, para ahli tidak menganjurkan untuk mengonsumsi kopi sebelum berolahraga kepada semua orang. Jika Anda rentan terhadap efek negatif dari kafein sebaiknya hindari mengonsumsi kopi sebelum berolahraga.

    Jika Anda salah satu orang yang boleh mengonsumi kopi sebelum berolahraga, ada beberapa aturan yang harus diperhatikan agar manfaat minum kopi sebelum olahraga dapat dirasakan secara maksimal.

    1. Minum kopi satu jam sebelum olahraga, kafein yang terkandung di dalam kopi membutuhkan kurang lebih satu jam untuk diserap dengan sempurna oleh tubuh. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi kopi maksimal satu jam sebelum berolahraga.

    2. Perbanyak minum air putih, kopi bersifat diuretik atau dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Jadi ada baiknya, selam berolahraga Anda tetap mengonsumsi banyak air putih untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

    3. Hindari mencampurkan susu atau pemanis buatan, perlu diketahui, susu akan lebih lama diproses oleh tubuh, sementara pemanis buatan akan membuat kadar gula darah Anda meningkat. Hal ini akan mengakibatkan gangguan pencernaan pada saat olahraga. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi kopi tanpa campuran susu atau pemanis buatan.




    (Foto Courtesy of puhhha©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -