• 19 Buku Untuk Mengatasi Kebosanan Saat Social Distancing

    Culture / News


    19 Buku Untuk Mengatasi Kebosanan Saat Social Distancing

    Dukung toko-toko buku lokal dengan menambahkan karya tulis berikut ini ke daftar bacaan Anda.


    Karena wabah Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan, kita sekarang semakin terkubur dalam kenyataan di mana kita terisolasi daru dunia sosia. Tak hanya harus menerimanya dengan kekesalan, banyak di antara kita yang juga dihadapkan dengan pertanyaan: bagaimana cara mengisi hari -hari di rumah yang sepertinya tak akan pernah berakhir ini. (Anda tetap tinggal di rumah, bukan?) Sebagian besar bisnis tutup, pilihan-pilihan yang ada pun terbatas, namun setidaknya pandemi global ini tidak merenggut keberadaan buku-buku dari hadapan kita semua.  

    Baik bagi Anda yang tidak dapat berhenti mengaitkan situasi saat ini dengan kisah-kisah dystopia maupun Anda yng membutuhkan bacaan ringan sebagai hiburan, kami telah menemukan 19 buku yang tepat untuk mengatasi rasa bosan Anda. Kami juga menyertakan tautan tempat penjualannya sehingga Anda juga bisa membantu toko-toko buku tersebut selama masa-masa seperti sekarang ini. Anda juga bisa meminjamnya dari perpustakaan yang menyediakan e-book.





    1. Such a Fun Age


    Kiley Reid

    bookshop.org

    Harga: 23,00 dolar Amerika (sekitar 359.000 rupiah)

    Jika Anda melewatkan debut Kiley Reid yang dirilis pada bulan Januari lalu, maka ini adalah saat yang tepat untuk mengikuti kisahnya. Novel ini menceritakan tentang hubungan antara Emira, seorang pengasuh berkulit hitam berusia 25 tahun, dan Alix yang bertindak sebagai bosnya. Ketika Emira difitnah menculik anak perempuan Alix, berusaha untuk menyelesaikannya, tak peduli bila Emira mau atau tidak.


    2. How to do Nothing: Resisting the Attention Economy


    Jenny Odell

    bookshop.org

    Harga: 22,00 dolar Amerika (sekitar 343.000 rupiah)

    Jika Anda muak karena merasa harus “memaksimalkan” masa karantina, cobalah untuk membaca buku ini. Hadir tepat dalam situasi yang kita alami saat ini, Jenny Odell menggencarkan serangannya lewat kata-kata secara frontal. Buku yang akan tersedia dalam cetakan paperback pada Agustus tersebut memberikan sebuah bagan untuk melawan komodifikasi kapitalis atas produktivitas dan pengembangan diri.


    3. Minor Feelings: An Asian American Reckoning


    Cathy Park Hong

    bookshop.org

    Harga: 24,00 dolar Amerika (sekitar 374.000 rupiah)

    Di buku esai pertamanya, penyair terkemuka yakni Cathy Park Hong juga telah mengungkapkan bahwa dirinya menjadi kritikus budaya yang diperhitungkam. Dengan meningkatnya rasisme terhadap orang-orang keturunan Asia-Amerika karena Covid-19, Cathy mengeluarkan buku semi-memoar yang wajib Anda baca tentang pengalamannya sebagai wanita keturunan Korea-Amerika yang hidup dalam kebudayaan.


    4. When Katie Met Cassidy


    Camille Perri

    bookshop.org

    Harga: 15,00 dolar Amerika (sekitar 234.000 rupiah)

    Kisah komedi romantis yang seksi dan menghibur ini layaknya sebuah comfort food bagi jiwa yang kita butuhkan saat ini. Ketika Katie, seorang perempuan berusia 28 tahun, bernegosiasi dengan Cassidy yang percaya diri dan maskulin, Katie mulai mempertanyakam apapun ia pikir ia ketahui tentang dirinya sendiri dan keinginannya.


    5. The Kiss Quotient


    Helen Hoang

    bookshop.org

    Harga: 14,00 dolar Amerika (sekitar 218.000 rupiah)

    Jika Anda menikmati kisah The Bride Test yang merupakan buku hit karya Helen Hoang tahun lalu, jangan abaikan novel dengan cerita manis dan seksi yang satu ini. Buku ini menarasikan tentang seorang ahli matematika yang memutuskan untuk mempelajari pendekatan seksual dan cinta. Stella Lane adalah seorang wanita berusia 30 tahun yang menderita Asperger. Ia belum berpengalaman soal cinta dan tidak percaya diri dengan kemampuannya melakukan French kiss. Oleh karena itu, ia mempekerjakan Michael Phan untuk membantunya berlatih.


    6. Beautiful Ruins


    Jess Walter

    bookshop.org

    Harga: 29,00 dolar Amerika (sekitar 463.000 rupiah)

    Mungkin Anda ingin membaca sesuatu yang dapat mengantar Anda menuju tempat jauh yang saat ini tidak bisa dikunjungi. Novel Jess Walter yang satu ini dapat membantu Anda melewati beberapa dekade dan benua. Kisahnya tentang hubungan yang tidak dapat dikatakan sebagai sebuah perselingkuhan di pesisir Italia tahun 1962 sampai ke era modern Hollywood.


    7. Migrations


    Charlotte McConaghy

    bookshop.org

    Harga: 36,00 dolar Amerika (sekitar 562.000 rupiah)

    Di saat kita merasa berada di akhir zaman, novel yang menyuguhkan bermacam-macam bentuk akhir dunia ini layaknya sebuah luapan emosi dan pelarian. Migrations menceritakan tentang seorang wanita misterius yang membicarakan soal perjalanan kapal menuju kutub utara untuk mengejar migrasi dunia yang terakhir dari sana. Semoga saja kita sudah melewati masa karantina saat novel ini dirilis pada pulan Agustus. Namun apabila ternyata belum, kita bisa mempercayakan semuanya kepada Charlotte McConaghy lewat debutnya untuk membantu kita dalam masa yang sulit ini.


    8. My Sister, The Serial Killer


    Oyinkan Braithwaite

    Bookshop.org

    Harga: 15,00 dolar Amerika (sekitar 234.000 rupiah)

    Apakah ini adalah sebuah buku satir? Ataukah cerita thriller? Apakah ada sentuhan komedi romantis di sini? Semua ada dalam novel Oyinkan Braithwaite yang diterbitkan tahipun 2018 lalu. Korade adalah seorang perempuan Nigeria. Ia memiliki adik perempuan bernama Ayoola yang menjengkelkan karena cenderung membunuh semua kekasihnya. Semuanya baik-baik saja hingga akhirnya Ayoola mengincar pria idaman Korede. Pandemi seakan tak kalah mengerikan dibandingkan kisah karangan Oyinkan yang satu ini.


    9. American Spy


    Lauren Wilkinson

    bookshop.org

    Harga: 16,00 dolar Amerika (sekitar 250.000 rupiah)

    American Spy merupakan buku thriller yang menegangkan disertai dengan kisah romantis yang epik dan petualangan berlibur internasional. Seorang pria berusaha untuk membunuh Marie Mitchell yang merupakan eks agen FBI. Setelahnya, ia memindahkan anaknya ke rumah keluarganya di Martinique. Saat ia menulis surat untuk putranya yang menjelaskan bagaimana hidupnya mencapai titik ini, Marie teringat kembali tentang tugas intelijen yang mengubah hidupnya di puncak Perang Dingin di mana ia membantu kudeta yang direncanakan terhadap Thomas Sankara, presiden revolusioner Burkina Faso, dengan cara merayunya.


    10. The Herd


    Andrea Bartz

    bookshop.org

    Harga: 24,00 dolar Amerika (sekitar 374.000 rupiah)

    Jika Anda mencari buku yang mendebarkan sebagai pelarian dari karya keluaran terbaru, novel Andrea Batrz yang satu ini bisa menjadi jawabannya. The Herd merupakan sebuah co-working space perempuan yang terdengar mirip dengan The Wing milik Audrey Gelman. Ketika tempat ini menghilang, jurnalis serta anggota Herd yakni Kate Bradley merasa ada cerita yang dapat ia tulis untuk meningkatkan karirnya. Namun, apa yang menjadi bayarannya?



    11. The Destination Wedding


    Diksha Basu

    bookshop.org

    Harga: 24,00 dolar Amerika (sekitar 374.000 rupiah)

    Jika menanyakan isi buku baru karya Diksha Basu yang hangat dan penuh warna ini dengan kalimat, “Apa yang salah dengan pernikahan mewah India dengan sahabat dan keluarga besar Anda?” Maka kami akan menjawabnya dengan satu kata, yakni banyak! Ketika Tina Das memanfaatkan pernikahan sepupunya yang mewah di Delhi sebagai alasan untuk beristirahat sejenak guna mengatur ulang kehidupan pribadi dan profesionalnya, ia segera mengetahui bahwa ia terlibat lebih dalam di drama keluarga yang berlebihan yang tak bisa ia atasi.


    12. The Proposal


    Jasmine Guillory

    bookshop.org

    Harga: 7,00 dolar Amerika (sekitar 109.000 rupiah)

    Jika Anda tidak sabar menunggu kehadiraan novel baru Jasmine Guillory yang akan dirilis pada bulan Juni mendatang, cobalah memanfaatkan waktu kali ini untuk membaca bukunya yang lain, misalnya kisah komedi romantis yang membuat Anda melayang. Ketika Nikole menolak lamaran kekasihnya yang sudah ia kencani selama lima bulan di Jumbroton, stadion Dodger, ia melihat dirinya di tengah arus media yang viral. Nik kemudian ingin mengembalikan keadaan bersama Carlos agar ia terhindar dari sorotan yang tak diinginkan. Namun apa yang akan mereka lakukan jika perasaan mulai menghalanginya?


    13. Severance


    Ling Ma

    bookshop.org

    Harga: 23,00 dolar Amerika (sekitar 359.000 rupiah)

    Buku ini diperuntukkan bagi pembaca yang sudah menonton film Contagion sejak hari pertama isolasi. Ling Ma menguasai dunia buku di tahun 2018 dengan novel fiksi satirnya ini. Ceritanya tentang seorang koordinator Alkitab bernama Candace Chen ketika pandemi mulai menghancurkan masyarakat global. Terdengar familiar di telinga Anda?


    14. Station Eleven


    Emily St. John Mandel

    bookshop.org

    Harga: 15,00 dolar Amerika (234.000 rupiah)

    Mengambil latar waktu usai sebuah peristiwa pandemi global, novel pasca apokaliptik karya Emily St. John Mandel ini bercerita tentang rombongan teater keliling yang mencoba untuk memahami realita baru mereka. Jika Anda ingin membaca sesuatu yang berkaitan erat, inilah buku untuk Anda.


    15. Wordslut: A Feminist Guide to Taking Back the English Language


    Amanda Montell

    bookshop.org

    Harga: 17,00 dolar Amerika (sekitar 265.000 rupiah)

    Jika Anda mencari buku yang menyenangkan sekaligus cerdas, inilah jawabannya. Panduan pintar untuk mendestigma penggunaan bahasa sesuai gender ini dirilis tahun 2019 lalu dan mungkin tidak mengejutkan bila masih sangat relevan, bahkan di era di mana kita saling bercakap-cakap lewat perantara layar gadget. Novelnya yang akan dicetak dalam bentuk paperback di bukan Juni nanti ini akan menjadi persembahan yang sempurna bagi jiwa feminis muda dalam kehidupan Anda.


    16. The Book of Delights: Essay


    Ross Gay

    bookshop.org

    Harga: 22,00 dolar Amerika (sekitar 343.000 rupiah)

    Di mana kita seharusnya mencari kebahagiaan dan harapan di tengah keputusasaan? Dapatkan petunjuk dari Ross Gay yang menantang dirinya sendiri untuk menemukan kebahagiaan dan menulis esai tentang hal tersebut setiap hari selama satu tahun. Tulisan yang ia hasilkan adalah karya yang begitu menenangkan di tengah masa-masa yang sulit seperti ini.


    17. Hitting a Straight Lick With a Crooked Stick: Stories From the Harlem Renaissance


    Zara Neale Hurston

    Bookshop.org

    Harga: 23,00 dolar Amerika (sekitar 359.000 rupiah)

    Mencari sebuah karya klasik? Pilihlah buku apik edisi terbaru ini yang menceritakan tentang penulis legendaris Harlem Renaissance, termasuk delapan karyanya yang “hilang” dan baru-baru ini digali dalam arsip yang terlupakan.


    18. The Upside of Being Down: How Mental Health Struggles Led to My Greatest Successes in Work and Life


    Jen Gotch

    bookshop.org

    Harga: 31,00 dolar Amerika (sekitar 484.000 rupiah)

    Jen Gotch memiliki dua klaim untuk terkenal. Ia adalah co-founder dari label lifestyle band.do dan unggahan-unggahan tentang kesehatan mental membuat dirinya seperti guru kebugaran di Instagram. Di memoar barunya ini, wanita yang mencap dirinya sebagai “wiraswasta secara tak disengaja” tersebut menuliskan perjalanannya menghadapi diagnosa, penerimaan diri, dan kebahagiaan.


    19. Your House Will Pay


    Steph Cha

    bookshop.org

    Harga: 24 dolar Amerika (sekitar 374.000 rupiah)

    Bagi Anda yang mencari bacaan dengan topik panas tetapi bukan tentang masalah yang tengah terjadi saat ini, jangan alihkan pandangan Anda ke buku karya Steph Cha yang menggambarkan ketegangan rasial yang telah lama membara di Los Angeles. Usai peristiwa penembakan seorang remaja berkulit hitam, dua keluarga yang terdiri dari orang kulit hitam dan Korea harus memperhitungkan akibat keterlibatan mereka dalam tindak kejahatan yang terjadi di kerusuhan tahun 1992.




    (Penulis: Keely Weis; Artikel ini disadur dari: Bazaar US; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto courtesy of: Bazaar US)



    Tags : buku, novel







- RELATED ARTICLE -