• Berikut Pergelaran Fashion yang Dibatalkan Karena Pandemi

    Fashion / News


    Berikut Pergelaran Fashion yang Dibatalkan Karena Pandemi

    Demi menjaga situasi tetap aman, pergelaran mode dunia banyak yang dibatalkan dikarenakan situasi pandemi covid-19 yang masih berlangsung.


    Tentu Anda masih ingat ketika Milan Fashion Week dan Paris Fashion Week yang digelar bulan Maret lalu diwarnai oleh banyak editor dan buyers yang memutuskan untuk segara kembali ke negara masing-masing dan diminta oleh perusahaan masing-masing untuk melakukan karantina mandiri sesegera mungkin.

    Kepanikan tersebut terjadi dikarenakan meluasnya pandemi Covid-19 yang kemudian menimpa Italia diikuti dengan beberapa negara di Eropa yang mengelilinginya sekaligus negara-negara lain. Menanggapi hal tersebut, setelah Italia juga memutuskan untuk memberlakukan lockdown di negaranya, para institusi mode yang menaungi pekan mode pun diharuskan untuk segera membuat keputusan yang menyangkut dengan industri mode dan keselamatan para individu yang terlibat.






    Tidak hanya para institusi tersebut, para rumah mode dan desainer yang terlibat juga memilih jalan yang aman dan sesuai dengan peraturan para pemerintah di negara masing-masing dengan mengumumkan untuk menunda dan membatalkan presentasi mereka yang akan datang. Beberapa institusi dan label yang dengan cepat memilih keputusan yang sulit ini termasuk Council of Fashion Designers of America, Inc. (CFDA), rumah mode Giorgio Armani, Versace, Gucci, dan banyak lagi.



    Tak ketinggalan, beberapa pekan mode lainnya yang biasa digelar di Shanghai, Melbourne, Beijing, Seoul, Tokyo, dan banyak lagi juga turut menghentikan presentasi musiman mereka dan beralih ke fashion show digital.

    Ajang mode besar seperti Met Gala yang selalu diadakan di bulan Mei juga dipastikan ditunda sampai waktu yang belum ditentukan akibat dari pandemi yang sedang terjadi ini.

    Berikut daftar lebih lengkapnya.


    1. Dior


    Rumah mode Dior memutuskan untuk menunda pergelaran koleksi Cruise mereka hingga waktu yang belum ditentukan. Presentasi yang awalnya direncanakan akan digelar di Lecce, Puglia, pada tanggal 9 Mei ditunda demi memprioritaskan keselamatan para tamu, editor, karyawan, dan semua yang akan terlibat di pergelaran ini.


    2. Chanel


    Presentasi koleksi Cruise yang ditunda juga disepakati oleh rumah mode Chanel yang tak ingin menampilkan koleksi Cruise 2020/21 dikarenakan pandemi yang sedang berlangsung. 

    Pergelaran yang awalnya akan digelar di Capri, Italia ini sebelumnya dikabarkan akan dilaksanakan pada tanggal 7 Mei, 2020. Sang rumah mode kemudian menyampaikan betapa mereka memprioritaskan kesehatan jiwa dan raga seluruh timnya dan tamu-tamu yang akan datang. Sejauh ini, sang rumah mode masih memikirkan cara alternatif untuk menampilkan koleksi Cruise mereka tanpa melibatkan banyak orang dengan format dan waktu yang berbeda. 

    Kemudian, untuk koleksi Métiers d’Art yang awalnya direncanakan akan digelar di benua Asia yakni di Beijing pada bulan Mei ini juga dinyatakan terhenti dikarenakan adanya sistem lockdown yang diberlakukan.

    3. Hermès

    Sementara itu, rumah mode Hermès memilih untuk tidak melanjutkan presentasi koleksi Resort mereka yang seharusnya mengambil tempat di London pada bulan April, 2020 ini.

    Sang rumah mode pun mengucapkan kekhawatiran mereka terhadap aspek kesehatan para tim dan tamu-tamunya dan memilih untuk bertemu kembali dengan para pelanggan setianya dan para pekerja mode saat segalanya sudah menjadi lebih baik.



    4. Max Mara

    Label Max Mara juga memilih untuk menghentikan presentasi koleksi Resort 2021 mereka yang akan digelar di St. Petersburg, Rusia pada tanggal 25 Mei diakibatkan terjadinya pandemi ini.


    5. Gucci

    Setelah Italia mengumumkan untuk lockdown karena banyaknya korban berjatuhan akibat virus Corona, rumah mode Gucci dengan sigap menutup seluruh pabrik produksinya demi menyelamatkan dan mementingkan kesehatan para karyawannya yang tergabung di rumah mode ini.

    Selain itu, Gucci juga memutuskan untuk tidak meneruskan rencananya menggelar presentasi Cruise 2021 yang akan digelar di San Franscisco pada bulan Mei, 2020.


    6. Giorgio Armani

    Rumah mode asal Italia, Giorgio Armani juga menghentikan rencananya untuk menggelar presentasi Cruise-nya yang harusnya dilaksanakan di Dubai pada bulan April ini.


    7. Versace

    Akibat Italia mengumumkan lockdown, Versace juga memilih untuk menghentikan pergelaran koleksi Cruise yang awalnya akan dilaksanakan di Amerika Serikat.


    8. Ralph Lauren

    Setelah sebelumnya tidak berpartisipasi di pekan mode New York pada bulan Februari silam, Ralph Lauren juga menghentikan presentasi yang akan digelarnya di bulan April ini dikarenakan banyaknya kasus Covid-19 yang semakin melambung tinggi di New York.


    9. Prada


    Brand Italia lainnya yang memutuskan untuk menunda presentasi koleksi mereka adalah Prada. Brand yang berbasis di Milan ini seharusnya menggelar presentasi Cruise 2021 di Jepang pada bulan Mei, namun dikarenakan situasi yang tidak mendukung mereka memilih waktu lain yang sampai sekarang masih belum diberitakan lebih lanjut.




    (Foto: Courtesy of Instagram.com/@cfda, @seoulfashionweek_official, @dior, @chanelofficial, @maxmara, @hermes, @giorgioarmani, @gucci, @ralphlauren, & @prada)









- RELATED ARTICLE -