• Rekomendasi Aplikasi Untuk Kesehatan Mental dan Jiwa

    Culture / News


    Rekomendasi Aplikasi Untuk Kesehatan Mental dan Jiwa
    Courtesy of Cathy Yeulet©123RF.com

    Saat berdiam di rumah atau saat menyaksikan berbagai pemberitaan yang kurang baik dapat memengaruhi kesehatan mental, gunakan aplikasi ini.


    Ketika pandemi berlangsung, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan jiwa dan raga yang salah satunya dapat dilakukan dengan berolahraga. Ditambah saat ini banyak sekali akun studio olahraga yang mengajak kita semua berolahraga bersama lewat Instagram Live.

    Untuk menjaga keseimbangan jiwa dan raga, dibutuhkan juga kesehatan mental yang baik dan proteksi mental ditengah terjadinya pandemi yang diselimuti oleh banyak berita-berita yang menegangkan dan menimbulkan rasa paranoid.

    Beberapa cara untuk mengurangi kekhawatiran ditengah situasi seperti sekarang dapat dijalankan lewat meditasi, membaca buku self help, atau melakukan yoga. Cara lain yang akan membantu kesehatan mental juga bisa dilakukan dengan aplikasi-aplikasi yang tersedia di smartphone milik Anda seperti aplikasi Moodfit, MoodMission, Sanvello, dan banyak lagi untuk Anda eksplorasi sesuai kebutuhan.




    Mari ketahui fungsi beberapa aplikasi terbaik yang menunjang kesehatan mental dan jiwa berikut untuk Anda coba di rumah.


    1. Moodfit


    Untuk Anda yang merasa stress, mengalami depresi, moodswing, atau merasa khawatir berlebihan dapat coba mengunduh aplikasi bernama Moodfit ini.

    Aplikasi ini bertujuan untuk memperbaiki mood negatif yang sedang Anda rasakan atau membantu Anda mengenali apa yang sedang Anda rasakan saat ini lebih dalam.

    Di aplikasi yang tersedia di Google Play dan Apple Store ini, Anda akan diarahkan untuk mengisi sebuah kuestioner sehingga sistem aplikasi bisa lebih mengenali apa yang Anda rasakan dan mengkompilasi perasaan Anda untuk Anda mengerti.

    Kemudian, Anda bisa juga terus mengetahui perkembangan mood Anda setiap harinya, serta membantu Anda mengetahui asal muasal perasaan Anda yakni apakah dari kurangnya jam tidur, berolahraga, atau meditasi.

    Selain itu, Anda bisa juga mengembangkan bakat Anda untuk tetap bersyukur dan menjaga pikiran tetap positif. Bahkan Anda bisa menjadikan aplikasi ini sebagai wadah untuk melakukan eksperimen untuk menemukan jawaban apa saja makanan yang Anda makan atau faktor eksternal lain yang mempengaruhi perasaan negatif yang muncul di diri Anda.


    2. MoodMission



    Aplikasi lainnya yang didedikasikan untuk menjaga mood Anda lebih stabil yang hadir di Apple Store dan Google Play adalah MoodMission, yang mana Anda akan diberikan sebuah 'misi' yang harus dipenuhi sesuai dengan keadaan mood Anda saat ini. Sehingga Anda akan merasakan mood yang lebih baik setelah menjalani misi tersebut.

    Beberapa misi yang akan disarankan untuk Anda lakukan terdiri dari aktivitas berdasarkan emosi seperti latihan pernafasan, aktivitas berdasarkan sifat seperti belajar merajut atau menjahit, aktivitas fisik seperti berolahraga, hingga aktivitas yang melibatkan pikiran untuk melatih Anda mengubah mindset terhadap pikiran negatif yang kerap datang. Kemudian, setiap aktivitas tersebut memiliki definisi dan objektifikasi yang akan menjelaskan bagaimana misi tersebut bisa menolong Anda.


    3. Insight Timer




    Aplikasi yang satu ini lebih berkonsentrasi kepada teknik meditasi yang juga bisa dicoba oleh para pemula maupun para individu yang sudah biasa melakukannya.

    Di aplikasi ini, Anda akan menemukan fitur timer untuk bermeditasi jika Anda kurang menyukai meditasi yang dipandu, Anda juga bisa menemukan beragam teknik meditasi yang dibuat oleh para guru meditasi terbaik seperti sosok Tara Brach, Jack Kornfield, Thich Nhat Hanh, dan Kristin Neff. Aplikasi ini juga akan terus memantau perkembangan kemampuan meditasi Anda serta membantu Anda menemukan teknik meditasi yang cocok. Temukan aplikasi ini di Google Play dan Apple Store.


    4. Sanvello



    Aplikasi Sanvello menawarkan berbagai teknik klinis untuk membantu para pemakai aplikasi agar dapat menjaga level stress, anxiety, dan depresi yang mereka rasakan.

    Lewat aplikasi ini Anda akan lebih bisa mengenal teknik mindfullness dan meningkatkan kualitas mood dan kesehatan mental. Setiap hari, aplikasi Savello akan bertanya kepada Anda bagaimana mood Anda di hari itu sekaligus membantu membuat motif mood yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kekhawatiran Anda. Aplikasi ini juga tersedia di Google Play dan Apple Store.


    5. Happify


    Untuk Anda yang ingin melupakan perasaan negatif yang Anda rasakan dan butuh distraksi, coba unduh aplikasi Happify yang menyediakan fitur game untuk dimainkan. Namun seluruh game yang tersedia di sini tak hanya sebatas game yang menyenangkan, namun didesain secara khusus agar dengan bermain permainan tersebut Anda bisa merasa lebih baik, lebih tabah, dan dapat keluar dari perasaan negatif Anda.

    Seluruh aktivitas di aplikasi ini dibuat oleh para psikolog ahli yang sudah mahir dalam membuat terapi dengan evidence-based cognitive behavioral intervention. Selain mengurangi stress, Anda juga bisa mengembangkan talenta Anda dalam bermeditasi dan membangun rasa kepercayaan diri dari permainan yang diciptakan di dalam aplikasi ini. Unduh aplikasi ini di Google Play atau Apple Store sekarang!




    (Foto: Courtesy of getmoodfit.com, Instagram.com/@moodmission, @insighttimer, @sanvellohealth, & @happify)










- RELATED ARTICLE -