• Simak Sejumlah Tips Ini Sebelum Membeli Buku Secara Online

    Culture / Tips


    Simak Sejumlah Tips Ini Sebelum Membeli Buku Secara Online

    Good books are on their way!


    Kabar buruk yang kerap menimpa para bookworm adalah ketika buku idaman yang mereka cari tidak tersedia di toko-toko buku yang tersebar di penjuru kotanya. Namun kabar baiknya, era digital saat ini memudahkan kita untuk meraih apapun hanya dengan menggerakkan jari-jemari Anda. 

    Ya, berbelanja buku secara online memang bukanlah hal yang baru bagi pencinta buku. Walaupun tidak memberikan sensasi yang sama seperti ketika kita mengunjungi toko buku, membeli buku secara online nyatanya memiliki sejumlah keuntungan tersendiri terutama dalam situasi yang mengharuskan kita untuk tetap tinggal di rumah seperti saat ini. Situs-situs populer yang menjual baik eBook maupun buku dalam bentuk fisik menawarkan ketersediaan buku dengan jumlah justru lebih banyak. Aksesnya yang mudah, tidak memerlukan banyak tenaga, serta dapat Anda lakukan di manapun dan kapanpun menjadi keunggulan toko buku online. Selain itu, harga bukunya seringkali lebih murah dengan adanya potongan harga yang ditawarkan oleh penyedia.

    Sebelum berselancar dan tenggelam dalam beragam pilihan buku di toko buku online, silakan simak tips berikut agar Anda dapat berbelanja dengan tenang dan puas.





    1. Pilih situs yang terpercaya dan terlengkap dengan cermat

    Penting untuk memastikan Anda membeli buku online bukan melalui aplikasi atau situs pihak ketiga. Apalagi, jika yang Anda cari adalah buku-buku bercap edisi spesial, first edition, atau buku bertandatangan yang biasanya memerlukan tenaga ekstra untuk mendapatkannya. Book Depository, Barnes & Noble, Powell, Penguin Random House, Amazon, dan Ebay adalah situs kredibel yang umum digunakan untuk membeli buku impor. Ada pula AbeBooks dan The Strand yang memudahkan Anda untuk mencari buku-buku berstatus langka dan collectible. Jika Anda ingin membeli buku dengan harga murah dan memutuskan untuk membeli buku bekas, cobalah untuk menjelajah situs Thrift Books. Di Indonesia sendiri, Anda bisa memanfaatkan situs toko buku seperti Periplus, Kinokuniya, Open Trolley, dan Books and Beyond yang tak hanya menjual buku berbahasa Indonesia namun juga beragam buku impor. 



    Mengingat pandemi yang terjadi saat ini, membeli buku dalam format Ebook dirasa lebih tepat. Selain buku fisik, Amazon juga menjual buku dengan format Kindle yang memungkinkan Anda untuk segera terjun ke dunia imajinasi lewat peranti Kindle Paperwhite usai membelinya. Situs lain yang menawarkan buku online di antaranya adalah Apple Books bagi pengguna iOs, Google Play Books bagi pengguna Android, Bookbub, Half, dan Project Gutenberg. Anda juga sebaiknya menghindari membeli atau mengunduh eBook gratis dari situs-situs yang tidak bereputasi agar mendapatkan file yang layak dibaca dan bebas virus.


    2. Pastikan untuk membaca detail bukunya dengan teliti

    Sebelum memasukkannya ke keranjang belanja online Anda, alangkah baiknya untuk memastikan kembali detail buku yang Anda beli dengan membaca deskripsi produknya. Situs-situs penjualan buku akan melampirkan keterangan seperti jenis cover (paperback, hardcover, atau dust jacket), nomor ISBN, penerbit, tahun terbit, dan yang tak kalah penting adalah status ketersediaannya agar Anda tak perlu menunggu dalam waktu yang lebih lama untuk mendekap buku yang Anda inginkan. Terutama lagi jika Anda membeli buku bekas dan langka, jangan sampai Anda melewatkan untuk membaca dengan teliti di bagian review dan cermat dalam memilih kondisi bukunya.




    3. Pastikan ketentuan dan kebijakan pengiriman buku

    Mungkin bukan menjadi masalah besar jika Anda melakukan pembelian dari situs buku domestik, namun Anda harus cermat saat membeli buku dari situs internasional. Biaya pengiriman termasuk pajak yang tidak murah mungkin terjadi, meskipun ada beberapa situs seperti Book Depository yang menawarkan pengiriman bebas biaya ke belahan dunia manapun. 



    4. Juga, pastikan tentang kebijakan garansi pengembalian buku

    Well, tidak ada yang ingin menerima barang dalam bentuk yang kurang berkenan, bukan? Selain memastikan kondisi buku yang Anda beli sebelum melakukan pembayaran, alangkah baiknya untuk memeriksa ketersediaan garansi dan cara retur untuk berjaga-jaga bila seandainya hal yang tidak diinginkan terjadi.



    5. Review buku setelah Anda menerimanya

    Anda sudah terbantu dengan ulasan dari orang lain saat mencari buku-buku yang sesuai dengan keinginan, lalu sekarang apa salahnya untuk membantu yang lain dengan memberikan review jujur dari Anda? Ulasan tersebut akan membantu calon pembeli lainnya untuk memantapkan hati saat berburu buku idaman mereka, baik dalam bentuk eBook maupun buku fisik.



    6. Pertimbangkan untuk berlangganan newsletter

    Usai membuat akun di toko buku online pilihan, Anda pasti dihadapkan dengan tawaran newsletter yang akan dikirimkan secara rutin ke email Anda. Jangan terlalu terburu-buru untuk memutuskan berhenti berlangganan, karena melalui newsletter Anda bisa mendapatkan informasi tentang buku-buku rekomendasi, keluaran terbaru, dan tentunya potongan harga yang terlalu menggiurkan untuk dilewatkan.




    (Foto courtesy of: Giulia Bertelli on Unsplash, Instagram @amazonbooks, @thriftbooks, @barnesandnoble, @amazonkindle)



    Tags : buku, novel, tips






- RELATED ARTICLE -