• Syuting Film-film Besar Ini Harus Dihentikan Karena Covid-19

    Culture / News


    Syuting Film-film Besar Ini Harus Dihentikan Karena Covid-19

    Mulai dari Gotham City, dunia sihir, hingga alam Pandora terdampak oleh krisis pandemi global.


    Dunia perfilman semakin lambat berputar seiring meningkatnya kasus virus corona secara global. Sejumlah film blockbuster yang dijadwalkan tayang di musim panas telah mengubah tanggal rilis perdananya hingga tahun depan, seperti A Quiet Place II, Mulan, Ghostbusters, dan Fast and Furious 9 telah mengumumkan tanggal baru. Salah satu film dari Marvel Cinematic Universe yakni Black Widow yang awalnya akan tayang pada bulan Mei nanti juga harus mundur hingga 6 November. Kondisi berdampak pada pergeseran tanggal rilis film lain yang mengisi fase keempat MCU.

    Pun demikian dengan film-film besar dan paling dinanti tahun 2021 yang kini tengah digarap. Rumah-rumah produksi menghentikan sementara kegiatan syuting demi keselamatan para krunya hingga waktu yang tak dapat ditentukan. Mulai dari Fantastic Beasts 3, The Batman, hingga Avatar 2, inilah film-film yang terpaksa memasuki masa hiatus.





    Fantastic Beasts 3


    Dilansir dari situs Variety, pihak Warner Bros menyatakan bahwa mereka menunda proses produksi sekuel ketiga dari lima franchise Fantastic Beasts yang sebelumnya dijadwalkan akan dilakukan pada tanggal 16 Maret lalu hingga waktu yang belum dapat ditentukan. Melanjutkan kisah dari Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, J.K. Rowling selaku sang penulis naskah memberi petunjuk jika film ini nantinya akan mengambil latar tempat di Rio de Janeiro, Brasil. Eddie Redmayne, Johnny Depp, Jude Law, Dan Fogler, dan Katherine Watherston tetap mengisi daftar nama pemerannya. Sutradara dari dua film sebelumnya yakni David Yates juga masih dipercaya untuk menduduki kursi sutradara. Fantastic Beasts 3 direncanakan akan rilis pada 12 November 2021.


    The Batman


    Warner Bros. Pictures juga dikabarkan menghentikan proses syuting film The Batman di tanggal 14 Maret lalu selama dua minggu. Namun karena situasi pandemi yang hingga saat ini belum membaik, masa hiatus ini nampaknya masih akan berlangsung lebih lama dari yang diperkirakan. Matt Reeves yang menjadi pengarah filmnya mengabarkan kepada situs Deadline bahwa timnya telah menyelesaikan seperempat bagian filmnya sebelum proses produksi dihentikan dan secara resmi belum melakukan proses editing. Dengan demikian ia pun memiliki cukup waktu untuk mengembangkan apa yang tengah ia garap.

    The Batman yang dijadwalkan rilis pada 25 Juni 2021 ini tidak akan menceritakan tentang asal-usul sang superhero, melainkan aksinya sebagai seorang detektif yang menginvestigasi suatu kasus dan membawa kita menuju Gotham. Aktor Robert Pattinson tampil membawakan tokoh titular bersama Collin Farrell sebagai Penguin, Zoƫ Kravitz yang memerankan Cat Woman, dan Paul Dano sebagai Riddler.


    Shang Chi and The Legend of Ten Rings


    Para superhero dari Marvel Cinematic Universe pun tak luput dari serangan wabah virus Covid-19. Sebelum Marvel mengumumkan tanggal rilis terbaru untuk film-film di Phase 4, produksi film Shang Chi and The Legend of Ten Rings di Australia telah dihentikan pada awal Maret lalu menyusul berita bahwa sang sutradara yakni Destin Daniel Cretton melakukan isolasi mandiri. Kendati hasil tes yang ia jalani negatif, proses syutingnya masih belum dilanjutkan. Film yang dibintangi oleh Simu Liu, Tony Leung, dan Awkwafina ini awalnya dijadwalkan untuk rilis pada bulan Februari 2021, namun akhirnya para penggemar Marvel harus sabar menunggu hingga 7 Mei 2021. 

    Tak hanya Shang Chi, sejumlah produksi serial Marvel yang akan hadir di Disney+ pun juga lumpuh sementara. The Falcon and The Winter Soldier adalah yang pertama dihentikan saat syuting dikerjakan di Praha, kemudian disusul dengan WandaVision dan Loki.


    Biopik Elvis Presley


    Kita sempat dikejutkan ketika Tom Hanks menyampaikan melalui akun Instagram dan Twitter-nya pada 12 Maret lalu bahwa ia dan istrinya, Rita Wilson, positif terinfeksi Covid-19. Saat itu ia tengah berada di Australia untuk menggarap pra produksi film tentang Elvis Presley. Di sini, Tom bermain sebagai Colonel Tom Parker yang merupakan manajer penyanyi legendaris yang diperankan oleh Austin Butler. Baz Luhrmann selaku sutradara menyampaikan melalui unggahan di Twitternya bahwa ini bukanlah situasi yang baik untuk melanjutkan proses produksi filmnya dan akan memastikan kembali ke Gold Coast di saat yang tepat. Biopik Elvis rencananya akan dirilis pada bulan Oktober 2021.


    Mission: Impossible 7


    Paramount Pictures menyadari bahwa mereka benar-benar menghadapi misi yang mustahil jika tetap melangsungkan produksi film Mission: Impossible 7. Seiring memburuknya wabah virus corona di Italia, rumah produksi tersebut memutuskan untuk menghentikan sementara proses syutingnya pada bulan Februari yang saat itu tengah dilangsungkan di Venezia demi keselamatan para krunya. Tom Cruise, Vanessa Kirby, Rebecca Fergusson, dan Simon Pegg kembali beradu peran dalam satu layar. Bersama Pom Klementieff dan Simon Hoult sebagai pendatang baru, mereka semua akan berdiri di bawah komando Christopher McQuarrie yang sebelumnya sukses dengan sekuel Fallout dan  Rogue Nation. Jika tetap berjalan sesuai jadwal, Ethan Hunt akan mempertontonkan aksinya di layar lebar pada 23 Juli 2021.


    Jurassic World: Dominion


    Kisah lanjutan dari Fallen Kingdom ini sudah melakukan syuting pada bulan Februari di London dan akhirnya Universal Studios mengambil langkah serupa untuk menghentikan sementara proses produksinya hingga situasi membaik. Sekuel ketiganya ini menjadi persembahan spesial karena para pemain dari film original Jurassic Park yakni Sam Neill, Laura Dern, dan Jeff Goldblum turut bemain bersama Chris Pratt dan Bryce Dallas Howard di bawah arahan sutradara Colin Trevorrow. Petualangan mereka seharusnya masih bisa dinikmati pada bulan Juni 2021 mendatang apabila masa hiatus tidak berlangsung terlalu lama.



    Avatar 2


    Usai menunggu selama satu dekade, Zoe Saldana, Sam Worthington, Sigourney Weaver, dan Stephen Lang akhirnya berkumpul kembali untuk mempersembahkan sekuel kedua dari dunia Pandora. Bersama Kate Winslet sebagai pendatang baru, mereka semua tetap beraksi di bawah komando sutradara kondang yakni James Cameron. Hanya saja, sebagaimana dikutip di Deadline, Jon Landau selaku produser film menyampaikan kepada New Zealand Herald bahwa proses pembuatan sekuel kedua Avatar yang dilakukan di negeri Kiwi telah ditunda di tengah krisis global ini. Sementara itu, proses penggarapan efek digitalnya dapat terus dilanjutkan. 


    Matrix 4


    Satu lagi film dari rumah produksi Warner Bros. Pictures yang harus tertunda adalah Matrix 4. Proses syuting sebelumnya sudah diselesaikan di San Fransisco sebelum kemudian pindah ke Berlin dan akhirnya ditangguhkan temporer. Matrix 4 menghadirkan kembali karakter Neo dan Trinity yang masing-masing diperankan oleh Keanu Reeves dan Carrie-Anne Moss. Mereka akan ditemani oleh para pendatang baru di antaranya adalah Neil Patrick Harris, Jessica Henwick, Priyanka Chopra, dan Yahya Abdul Mateen II dengan sutradara Lana Wachowski yang sebelumnya juga mengarahkan ketiga film Matrix.


    Uncharted


    Tom Holland, Antonio Banderas, Mark Wahlberg, Gabrielle Alie, dan Sophia Alie tercatat di dalam daftar pemeran film animasi yang diadaptasi dari video game di bawah kendali sutradara Ruben Fleischer yang sebelumnya menunggangi Venom. Uncharted menceritakan tentang pemburu harta karun bernama Nathan Drake (Tom) yang berkeliling dunia untuk memecahkan berbagai misteri sejarah. Sayangnya, syuting film yang seharusnya berjalan bulan ini tidak dilanjutkan karena mewabahnya virus corona. Uncharted dijadwalkan mengisi layar lebar pada bulan Oktober 2021.


    The Little Mermaid


    Mengutip situs Entertainment Weekly, juru bicara Disney menyampaikan bahwa mereka memutuskan untuk sementara tidak melanjutkan proses produksi film live-action meskipun tidak ada satupun kru dan para pemainnya yang terinfeksi virus corona. The Little Mermaid versi Live Action yang dibintangi oleh aktris muda bernama Halle Bailey tersebut sebelumnya direncanakan memulai masa produksinya pada pertengahan bulan Maret di London. Selain Halle sebagai Ariel, kisah adaptasi ini juga diramaikan dengan kehadiran Melissa McCarthy sebagai Ursula, Javier Bardem sebagai Raja Tirton, Jonah Hauer-King sebagai Pangeran Eric, dan Awkwafina yang akan mengisi suara karakter Scuttle.


    The Last Duel


    Persahabatan Jaques Le Gris (Adam Driver) dan Jean de Carrouges (Matt Damon) berakhir ketika Jean yang kembali dari perang menuduh dirinya memerkosa istrinya, Margueritte (Jodie Comer). Sebagai pembuktian, keduanya harus bertarung sampai mati. Bila Jean kalah, istrinya akan dibakar hidup-hidup karena tuduhan yang salah. Akan tetapi semua harus dihentikan bahkan sebelum pertarungan dimulai akibat pandemi. Syuting drama periode yang disutradarai oleh Ridley Scott ini direncanakan dilakukan di Irlandia dan akan dijadwalkan tayang pada 8 Januari 2021.


    Nightmare Alley


    Selanjutnya dari Disney yang juga harus tertunda adalah Nightmare Alley yang disutradarai oleh filmmaker di balik Pan's Labyrinth, Pacific Rim, Hellboy, dan The Shape of Water yakni Guillermo del Torro. Film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama karya William Lindsay Gresham. Para pemainnya pun tak kalah luar biasa dengan Bradley Cooper, Cate Blanchett, Toni Collette, Richard Jenkins, Rooney Mara, Willem Dafoe, dan David Strarhairn.




    (Foto courtesy of: IMDb, www.marvel.com, Instagram @chloexhalle)



    Tags : film







- RELATED ARTICLE -