• Inilah 7 Rekomendasi Film Fashion Yang Dapat Anda Tonton

    Fashion / News


    Inilah 7 Rekomendasi Film Fashion Yang Dapat Anda Tonton

    Tonton beberapa film fashion berikut dan perkaya wawasan Anda terhadap dunia fashion yang memiliki banyak hal untuk dipelajari.


    Selama masa karantina dan harus berdiam di rumah tentu kita semua membutuhkan banyak film untuk melupakan rasa bosan dan membunuh waktu.

    Untuk Anda para fashion enthusiast, waktu ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda memperluas wawasan fashion dengan menonton film-film fashion dalam bentuk dokumenter maupun film berbagai genre yang memiliki kostum fashionable.

    Mungkin selama ini Anda sudah tak asing dengan film-film fashion yang banyak diperbincangkan seperti film Marie Antoinette, Sex and The City, The Bling Ring, atau The Devil Wears Prada.




    Nyatanya, ada banyak sekali film yang mengandung aliran gaya fashion yang fantastis dan jarang diperbincangkan. Beberapa film ini bahkan terinspirasi dari kisah nyata atau menceritakan sense of fashion seorang ikon mode yang mendunia.

    Berikut daftar film fashion yang perlu Anda tonton dan nikmati selama berdiam di rumah.


    1. Café Society (2016)

    Disutradarai oleh Woody Allen, film bergenre drama romantic comedy ini bercerita seorang lelaki muda yang pindah ke Hollywood pada tahun 1930 yang mana ia kemudian bertemu dengan seorang wanita yang bekerja sebagai asisten sang Paman dan jatuh cinta kepada wanita itu.

    Sang paman yang merupakan seorang talent agent terkenal dan meminta sang sekretaris untuk membantu karakter lelaki yang bernama Bobby tersebut memulai kehidupannya di Hollywood. Sosok sang sekretaris yang berbeda dari wanita Hollywood kebanyakan, membuat Bobby semakin jatuh cinta. Film yang mendapuk desainer kostum, Suzy Benzinger ini dipenuhi dengan beragam pakaian era tahun 1930-an, bahkan sang kostum desainer bekerja sama dengan rumah mode Chanel untuk mengkreasikan custom look yang dikenakan oleh karakter sekretaris yang dimainkan Kristen Stewart di film ini. Selain itu, Chanel Fine Jewelry juga turut merancang perhiasan berlian yang dikenakan karakter Veronica Hayes yang diperankan aktris Blake Lively.


    2. Phantom Thread (2017)

    Mengambil set di tahun 1950-an, film Phantom Thread mengisahkan seorang dressmaker ternama di era tersebut bernama Reynolds Woodcock yang jatuh cinta kepada seorang wanita yang berprofesi sebagai waitress yang kemudian ia transformasikan menjadi seorang model, kekasihnya, dan muse saat ia berkarya. Film yang disutradari oleh Paul Thomas Anderson ini banyak menampilkan kostum mid century yang akan membuat Anda mempelajari siluet-siluet di masa itu yang banyak mengandung volume, shape,dan garis khas rancangan desainer Christian Dior atau Cristobal Balenciaga. Yang membuat film ini unik datang dari lokasi yang berbasis di London era 50'-an, yang mana jarang disadari oleh banyak orang dikarenakan banyak pencinta fashion yang lebih memerhatikan Paris sebagai kota mode.


    3. Unzipped (1995)

    Film ini memang dibuat dalam format dokumenter, namun kami yakin Anda tidak akan merasa bosan saat menontonnya. Disutradarai oleh Douglas Keeve, dokumenter ini menceritakan proses desainer Isaac Mizrahi dalam merencanakan pergelaran koleksi musim gugur miliknya di tahun 1994. Untuk Anda yang tidak familiar dengan nama Isaac Mizrahi sebagai desainer, Isaac adalah sosok desainer asal New York yang dulu pernah berjaya dengan desain-desainnya yang glamor namun modern layaknya gaya para wanita di New York. Para klien Isaac yang ternama terdiri dari Nicole Kidman, Selma Blair, Julia Roberts, Sarah Jessica Parker, Debra Messing dan Natalie Portman di masa itu.

    Di dokumenter ini Anda akan melihat kehidupan di balik layar fashion dan kesibukan di belakang sebuah fashion show sekaligus melihat para supermodel legendari seperti Linda Evangelist, Naomi Campbell, Kate Moss, dan banyak lagi yang bekerja sama dengan sang desainer di masa itu.


    4. Funny Face (1957)

    Apakah Anda penggemar Audrey Hepburn dan menyukai film-film yang ia mainkan serta kostum yang ia kenakan di film seperti Breakfast At Tiffany's atau Charade? Jika ya, Anda tentu akan menyukai film Funny Face yang juga dimainkan olehnya yang mana ia berperan sebagai Jo Stockton dengan lawan main aktor legendaris, Fred Astaire. Film yang menceritakan pertemuan seorang editor majalah dengan penjaga toko buku yang membenci dunia fashion yang diperankan oleh Audrey Hepburn ini, memiliki alur cerita yang kemudian membawa karakter Jo Stockton akhirnya mau menjadi seorang model untuk sebuah majalah dan melakukan pemotretan di Paris. Di film yang mendapuk kostum desainer legendaris, Edith Head ini Anda akan disuguhkan oleh banyak gaun-gaun indah dari era tahun 1950-an sekaligus sederetan gaun rancangan Hubert de Givenchy yang ikonis.



    5. Jackie (2016)

    Film drama yang mengambil inspirasi dari kehidupan ikon mode sekaligus mantan Ibu Negara Amerika Serikat, Jacqueline Kennedy Onassis yang diperankan oleh Natalie Portman ini akan menghiasi layar Anda dengan gaya personal sang ikon mode yang dikenal sebagai salah satu wanita paling fashionable sepanjang sejarah di dunia.

    Film yang melibatkan desainer kostum Madeline Fontaine ini seluruhnya dibuat secara home made namun dengan riset yang mendalam sehingga setiap kostumnya benar-benar menyerupai wujud asli pakaian yang dikenakan Jacquline Kennedy Onassis semasa hidupnya. Madeline Fontaine yang sebelumnya pernah bekerja di rumah mode Yves Saint Laurent kemudian berhasil membuat setiap look di film ini tampak orisinil.


    6. L'Amour Fou (2010)

    Apakah Anda penasaran untuk mengetahui sosok desainer Yves Saint Laurent lebih dalam? Melalui film dokumenter L'Amour Fou, Anda dapat mengetahui seluk beluk kehidupan sang desainer yang dinarasikan langsung oleh sang kekasih, Pierre Berge yang juga merupakan partnernya dalam mendirikan label eponimnya.

    Di film ini, Anda akan melihat kehidupan sang desainer di tahun 1957 yang mana pada tahun itu, Yves bertemu pertama kali dengan Pierre saat menghadiri pemakaman desainer legendaris, Christian Dior. Setelah itu banyak sekali masalah yang menimpa keduanya yang seluruhnya dinyatakan dengan lengkap di dokumenter ini untuk Anda ketahui.


    7. Neon Demon

    Meski film ini bergenre psychological horror namun film arahan sutradara Nicolas Winding Refn ini menyuguhkan estetika artistik khas high fashion diikuti dengan pemain dan kostum yang fashionable.

    Film yang bercerita tentang model bernama Jesse yang diperankan oleh Elle Fanning yang memiliki kecantikan luar biasa sehingga menimbulkan rasa iri terhadap model-model lainnya di industri tersebut, yang mana kemudian konflik dimulai di antara mereka. Film yang seluruh kostumnya diarahkan oleh kostum desainer, Erin Benach ini melibatkan peran rumah mode Armani yang meminjamkan gaun serta blazer vintage rancangan mereka selama proses syuting. Selain itu, kostum di film ini juga mengambil inspirasi dari sebuah kampanye rumah mode Saint Laurent pada tahun 2015 yang pada saat itu sempat dilarang tayang di Inggris.




    (Foto: Courtesy of IMDB)










- RELATED ARTICLE -