• Selena Gomez Bercerita Tentang Gangguan Bipolarnya

    People / News


    Selena Gomez Bercerita Tentang Gangguan Bipolarnya

    Kepada Miley Cyrus, Selena menjadi sangat jujur dan terbuka.


    Selena Gomez bersatu kembali dengan Miley Cyrus pada acara Cyrus' Bright Minded. Kedua penyanyi itu berdiskusi secara jujur tentang kesehatan mental, dengan Selena yang mengungkapkan untuk pertama kalinya bahwa ia didiagnosis dengan gangguan bipolar. Selena sebelumnya pernah bercerita tentang keinginannya untuk mendapatkan bantuan agar dapat menangani masalah depresi tetapi belum pernah berbicara secara perinci tentang diagnosisnya.

    Miley memulai dengan bertanya kepada Selena bagaimana ia merespon komentar-komentar negatif orang dalam hidupnya terutama selama masa isolasi sosial. Selena kemudian mengatakan kepada Miley bahwa ia menanggapinya dengan berbicara dengan teman-teman dan "berkomunikasi dengan sosok wanita yang saya hormati. Saya punya beberapa wanita yang lebih tua yang saya hargai yang tidak bekerja dalam industri ini. Saya bercerita kepada mereka. Dan saya pikir mengutarakan apa yang ada di pikiran kita adalah sesuatu yang sangat membantu, dan saya pikir ada kebijaksanaan dalam semua ini."

    "Tapi kadang-kadang saya tetap terpengaruh juga Miley," ungkap Selena. "Kadang-kadang saya akan menangis dan saya tahu saya harus melepaskannya dan mengambil napas dalam-dalam dan kemudian mengingatkan diri saya kembali. Oke, dari mana ini berasal? Saya mengerti saya seorang dengan empati yang besar, jadi saya merasakan apa yang dunia rasakan jadi mungkin saya perlu mengambil langkah mundur dari masalah tersebut atau apa pun itu, tetapi juga berada di sana untuk orang lain sebenarnya juga membantu saya."





    Selena dan Miley pada tahun 2008


    "Saya setuju," kata Miley. "Ini memberi saya begitu banyak harapan saat ini hanya untuk terhubung dengan orang-orang, seperti yang Anda katakan, orang yang saya hormati dan orang yang saya cintai dan saya ingin mendengar saran mereka, tetapi dengan mengetahui ada orang-orang di luar sana dan mengetahui bahwa orang tersebut  merasakan perasaan yang sama seperti apayang saya rasakan membuat saya merasa lebih bahagia. Apa saran Anda untuk seseorang yang takut berbicara tentang kesehatan mental? Bagaimana Anda memberi tahu orang-orang untuk meminta pertolongan? Bagaimana Anda berbicara tentang kesehatan mental?"

    Saat itulah Selena memberi tahu Miley tentang diagnosis gangguan bipolar dan bagaimana ia mendidik dirinya sendiri sehingga ia merasa lebih kuat. Ia mengatakan bahwa ia biasanya akan pergi ke "salah satu rumah sakit jiwa terbaik" di negara itu. "Saya membahas bahwa setelah bertahun-tahun melalui banyak hal yang berbeda, saya menyadari bahwa saya mengidap bipolar," kata Selena. "Jadi ketika saya mencari tahu lebih banyak informasi, ini benar-benar membantu saya. Itu tidak membuat saya takut begitu saya mengetahuinya."

    "Dan saya pikir orang takut akan hal itu, kan?" Selena melanjutkan. "Mereka akan mengatakan 'oh.' Dan saya telah melihatnya. Saya telah melihatnya di keluarga saya sendiri di mana saya mengalaminya sendiri. Hanya saja saya dari Texas, bukan hal yang umum untuk berbicara tentang kesehatan mental Anda."

    Ia melanjutkan: "Dan saya merasa seperti ketika saya akhirnya mengatakan apa yang akan saya katakan, saya ingin tahu segalanya tentang itu dan itu menghilangkan rasa takut. Itu seperti ketika ibu saya — yah, ketika saya masih muda, Saya takut badai petir dan ibu saya membelikan saya semua buku yang berbeda tentang badai petir sehingga ia akan mengatakan, semakin Anda dapat melawan perasan tersebut maka semakin Anda tidak akan takut. Dan itu benar-benar berhasil. Jadi itu semacam sesuatu itu yang sangat membantu saya."



     


    Selena juga berbicara tentang perbedaan yang dibuat dalam pidatonya di Rumah Sakit McLean pada bulan September lalu, meskipun ia tidak secara eksplisit mengatakan apa diagnosis itu. "Rasanya seperti semua rasa sakit dan kecemasan saya membanjiri saya sekaligus, dan itu adalah salah satu momen paling menakutkan dalam hidup saya," katanya. "Saya mencari dukungan, dan para dokter dapat memberikan saya diagnosis yang jelas. Pada saat saya menerima informasi itu, saya merasa seimbang antara ketakutan dan lega — ketakutan, jelas, karena akhirnya terungkap, tetapi lega akhirnya saya memiliki pengetahuan yang benar dan bagaimana cara saya harus menanganinya. Saya tidak pernah memiliki jawaban penuh, kesadaran atau apapun tentang kondisi ini. Jadi saya mulai menghadapinya secara langsung. "

    Anda dapat menonton percakapan penuh Selena dan Miley di Instagram Live Miley di sini. (Selena terhubung kembali dengan Miley, yang tidak banyak ia bicarakan sejak masa Disney-nya, dengan mengirim pesan emoji kupu-kupu, kata Miley. "Saya pikir Anda adalah salah satu penyanyi terhebat yang pernah ada," kata Selena padanya. Saya sangat senang bahwa saya bahkan mendapat kesempatan untuk berbicara dengan Anda tentang beberapa orang yang paling luar biasa."




    (Penulis: Alyssa Bailey; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)










- RELATED ARTICLE -