• Jelajahi Museum-Museum di Indonesia Ini Secara Virtual

    Culture / News


    Jelajahi Museum-Museum di Indonesia Ini Secara Virtual

    Sekarang tidak ada lagi halangan untuk Anda tetap dapat menikmati karya seni.


    Karena pandemi virus corona yang terus merebak di Indonesia, beberapa museum di Indonesia akhirnya terpaksa harus mengambil kebijakan untuk menutup pintunya sementara waktu demi mencegah penyebaran virus corona. 

    Hal ini tentunya membawa dampak yang besar bagi Anda yang mungkin sering menghabiskan waktu berjelajah dan menikmati karya seni yang ada di museum-museum favorit Anda. Namun tak perlu berkecil hati dulu, karena sekarang Anda tetap dapat menikmati karya seni tersebut secara virtual. Dibawah ini adalah tujuh museum di Indonesia yang telah memberikan akses virtual bagi Anda yang ingin menikmati koleksi seni dari kenyamanan dan keamanan rumah Anda:





    1. Museum Macan


    Bergabung dengan gerakan global #MuseumfromHome atau museum dari rumah, Museum Macan mengundang pengunjung virtual untuk menjelajahi koleksi dan pamerannya lewat tur digital yang dapat diakses lewat IGTV dan YouTube untuk pameran ‘Melati Suryodarmo: Why Let the Chicken Run?’ dan ‘Julian Rosefeldt: Manifesto.’ Selain itu Museum Macan juga mengajak orang tua untuk berkreasi lewat lokakarya yang bisa dilakukan di rumah bersama anak. Semua materi #MuseumfromHome dari Museum MACAN bisa diakses via situs resmi Museum Macan


    2. Museum Nasional Indonesia


    Sekarang Anda dapat mengikuti tur virtual di Museum Nasional persembahan Kementrian Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia yang didukung oleh Google Arts & Culture. Selain itu Museum Nasional juga memiliki koleksi artefak dari berbagai daerah yang tak kalah menarik untuk dinikmati!    

       

    3. Museum Sumpah Pemuda


    Mendukung gerakan #Dirumahaja, Museum Sumpah Pemuda juga mengambil langkah dengan memberikan akses kepada masyarakat luas untuk menikmati salah satu pamerannya yang bertajuk Pendekar Biola. Pameran ini dapat Anda akses lewat QR code yang tertera di unggah Instagram diatas ataupun lewat situs resmi Museum Sumpah Pemuda.


    4. Galeri Nasional


    Ingin melihat Koleksi GNI - Kolonialisme dan Orientalisme 1800-an — 1930-an? Saat ini Anda sudah dapat menikmati koleksi ini di Instagram resmi Galeri Nasional. Karya-karya seni rupa koleksi dari negara ini disajikan berdasarkan periodisasi perjalanan seni rupa Indonesia yang terbagi dalam tujuh ruang.



    5. Balai Konservasi Candi Borobudur


    Walaupun telah menutup kompleks Candi Borobudur sampai waktu yang belum ditentukan, namun jangan khawatir, sekarang Anda tetap dapat menikmati keindahan dari Candi Borobudur secara online lewat Google Arts & Culture persembahan pemerintah.  


    6. Monumen Nasional (Monas)


    Nikmati keindahan panorama yang tak tertandingi dari Monumen Nasional atau yang lebih akrab disapa Monas. Tidak hanya dapat melihat keindahan yang luar biasa dari bagunan yang memiliki tinggi 132 meter di atas Jakarta, Anda juga dapat sambil mengenal sejarah perjuangan Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari Belanda. Pemandangan virtual ini dapat Anda akses lewat Google Arts & Culture.


    7. Museum Kebangkitan Nasional


    Ingin melihat karya seni dan mengetahui sejarah dibalik Museum Kebangkitan Nasional? Sekarang pilihan tur virtual telah tersedia bagi Anda! tur virtual ini juga dilengkapi oleh audio yang dapat melengkapi dan menemani setiap langkah pengalaman berjelajah Anda. Segera akses tur online itu lewat situs resmi Museum Kebangkitan Nasional yang tertera di akun resmi Instagramnya!




    (Foto: Courtesy of Instagram smaek_muc, @museummacan, @museum_nasional_indonesia, @museumsumpahpemuda, @galerinasional, @konservasiborobudur, @monumen.nasional @muskitnasofficial)










- RELATED ARTICLE -