• Cara Mengatasi Kulit Kering Akibat Sabun dan Hand Sanitizer

    Beauty / Tips


    Cara Mengatasi Kulit Kering Akibat Sabun dan Hand Sanitizer

    Hindari kondisi kulit tangan kering yang berujung kepada eksem.


    Mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer di masa mewabahnya virus corona memang amat penting dilakukan. Sabun dan air, serta alkohol dan antispetik menjadi cara paling efektif untuk membunuh bakteri.

    Mulai dari dokter hingga badan kesehatan tepercaya menyatakan bahwa mencuci tangan secara berkala harus dilakukan selama Covid-19 berlangsung. Metodenya pun harus benar. 

    Setiap kali kita keluar rumah atau memegang benda asing. Kita harus langsung mencuci tangan atau menggunakan penyanitasi tangan. Akan tetapi, pemakaian sabun dan hand sanitizer tanpa henti bisa menyebabkan kulit tangan menjadi kering.

    Pemakaian sabun yang berlebihan akan melunturkan kandungan kelembapan alami pada kulit. Akibatnya kondisi kulit akan menjadi kering. Bahkan, hingga luka dan pecah-pecah. Kondisi kulit kering hingga tingkat akut tersebut dikenal dengan istilah eksem, yang saat ini, siapa pun beresiko mengalaminya. 

    Sisi kebersihan memang harus diutamakan. Akan tetapi, jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi kulit tangan Anda. Inilah sejumlah tips dari Bazaar untuk mengatasi kulit tangan kering akibat cuci tangan dan pemakaian hand sanitizer yang berlebihan.




    1. Metode tepuk perlahan untuk mengeringkan

    Saat mengeringkan tangan yang baru dicuci dengan handuk kering maupun tisu, hindari cara menggesek. Sebagai gantinya, Anda dapat menepuk area tangan secara lembut. Gesekan secara terus menerus pada area tangan akan membuat kondisi kulit kering menjadi makin parah.



    2. Pilih sabun cuci tangan dan penyanitasi tangan dengan formula lembut

    Saat ini, sabun cuci tangan antiseptik dan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimum 60% memang menjadi pilihan terbaik. Akan tetapi, selain kedua pertimbangan tersebut, usahakan memilih produk sabun dan hand sanitizer dengan formula aman bagi kulit serta hypoallergenic.



    3. Pilihlah hand cream, ketimbang lotion

    Setiap usai mencuci dan mengeringkan tangan, mulailah membiasakan untuk mengoleskan hand cream. Selain hand sanitizer, bawalah juga hand cream dalam kemasan travel saat Anda pergi. Bazaar merekomendasikan Anda untuk menggunakan hand cream dibandingkan dengan lotion. Hal ini dikarenakan kandungan formula hand cream jauh lebih melembabkan, dibandingkan dengan krim lotion.



    4. Gunakan humidifier

    Selain mampu menyaring tingkat kebersihan udara, humidifier juga dapat menjaga tingkat kelembaban. Penggunaan humidifier memang memberikan efek signifikan terhadap kulit. Kondisi kelembapan kulit akan tetap terjaga, termasuk kelembapan kulit di area tangan.



    5. Di malam hari, oleskan lebih banyak hand cream dan kenakan sarung tangan katun

    Memakai sarung tangan mungkin terkesan ekstra. Akan tetapi, tidak ada yang lebih dibutuhkan saat ini selain perlindungan dan perawatan ekstra. Saat beristirahat di malam hari akan menjadi waktu paling tepat untuk hal tersebut. Oleskan hand cream lebih tebal ke area tangan.

    Setelahnya, Anda dapat memakai sarung tangan berbahan katun untuk melindungi tangan dari gesekan dan sentuhan. Manfaatnya akan lebih signifikan terasa. 


    Selamat mencoba.




    (Foto: Courtesy of ian dooley on Unsplash, Instagram @pigmentier, @storage_of_moments @the_good_elements, @abitoflovehome, @woody_cin)









- RELATED ARTICLE -