Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Manfaat Dana Darurat di Tengah Pandemi Covid19

Lengkap dengan tips cara mengaturnya.

Manfaat Dana Darurat di Tengah Pandemi Covid19

Dampak dari pandemi Covid-19 tidak hanya di sektor kesehatan. Faktanya, dampak buruk dari Covid-19 atau wabah corona merambat ke berbagai sektor. Sektor bisnis dan ekonomi sudah pasti menjadi salah satu yang terkena dampak terbesar. Sejak wabah ini melanda dunia, kondisi ekonomi terus menurun drastis.

Tidak hanya bicara mengenai angka penjualan di setiap sektor bisis. Akan tetapi, kelangsungan dari sejumlah pebisnis sekaligus badan usaha menjadi hal yang dipertanyakan. PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja hingga pemotongan gaji karyawan serentak diberlakukan di beberapa perusahaan. Keputusan ini dilakukan demi masa depan perusahaan untuk dapat terus bertahan.

Jangan biarkan situasi mengalahkan Anda. Di saat seperti ini, dana darurat dan cara mengelolanya menjadi salah satu hal yang terpenting. Tabungan atau dana simpanan darurat akan sangat bermanfaat untuk masa seperti sekarang. Satu hal yang perlu ditanamkan di pikiran Anda. Bahwa Anda tidak sendiri. Hampir seluruh penduduk di dunia mengalaminya. Bersikaplah tenang dan selalu percaya bahwa segala sesuatu pasti ada jalan keluarnya.

Di bawah ini, Bazaar merangkum sejumlah manfaat dari dana darurat selama masa pandemi Covid-19. Selanjutnya, dilengkapi dengan tips praktis mengaturnya.


Mencegah hutang atau pinjaman


Manfaat utama dari pemanfaatan dana darurat di masa pandemi Covid-19 adalah mencegah hutang. Seperti pepatah berkata, gali lubang, tutup lubang. Demikian siklus kerja hutang dalam kehidupan. Bahkan, terkadang yang digali menjadi terlalu besar untuk ditutupi. 


Memenuhi kebutuhan hidup pokok


Dengan adanya dana darurat, setidaknya kebutuhan hidup pokok akan tercukupi hingga beberapa bulan ke depan. Kembali ke prinsip ekomomi paling mendasar di mana kebutuhan sandang, pangan dan papan harus terpenuhi terlebih dahulu. Utamakan kebutuhan primer ketimbang sekunder dan tersier. 


Solusi apabila terkena pemotongan gaji


Apabila Anda termasuk salah satu orang yang mengalami PHK atau pemotongan gaji, tidak perlu khawatir berlebihan terlebih dahulu. Manfaatkan dana darurat Anda secara pintar. Kelola keuangan Anda agar dapat bertahan selama beberapa bulan ke depan. Setidaknya, sampai keadaan ekonomi membaik dan Anda mendapatkan pekerjaan baru.


Jaminan perawatan kesehatan


Kesehatan menjadi hal utama di mewabahnya virus corona. Adanya dana darurat akan menjamin kondisi kesehatan Anda. Apabila Anda jatuh sakit, manfaatkan asuransi kesehatan dan dana darurat yang dimiliki.


Membantu sesama


Menjadi pribadi yang tidak egois di saat seperti ini menunjukkan kedewasaan. Tanpa terkecuali. Semua orang mengalami kesulitan. Tanpa perlu mereka menceritakannya satu per satu. Sebisa mungkin jadilah peka dan bantu sesama sesuai kemampuan Anda. Misalnya, dengan memanfaatkan dana darurat. 



Berikut sejumlah tips dari Bazaar seputar cara tepat mengatur dana darurat selama masa pandemi Covid-19.

1. Siapkan dana darurat untuk 3 hingga 6 bulan ke depan

"Apabila Anda masih jauh dari masa pensiun dan tidak memiliki penghasilan stabil. Persiapkan secara baik rencana keuangan selama 3 hingga 6 bulan ke depan. Memanfaatkan dana darurat sama sekali bukan hal yang merugikan," ujar Carrie Schwab-Pomerantz, selaku konsultan finansial ternama asal Amerika Serikat. Dunia tidak akan berakhir hanya karena Anda memutuskan memanfaatkan dana darurat Anda.


2. Rencanakan keuangan setiap awal bulan.

Tips lainnya dari Bazaar. Setiap awal bulan atau dua minggu sekali rencanakan pengeluaran Anda. Hal ini amat penting dilakukan. Terutama bagi Anda yang mengalami pemotongan gaji selama masa pandemi Covid-19. Mulailah dengan pola rumus yang sesuai bagi Anda. Tidak perlu terlalu berbelit. Setidaknya, seimbangkan pengeluaran dan pendapatan setiap bulannya.


3. Utamakan kebutuhan pokok

Hindari berbelanja yang tidak penting. Utamakan kebutuhan pokok, misalnya makanan dan kebutuhan rumah tangga. Untuk saat seperti ini, bertahan hidup menjadi hal terpenting yang harus dilakukan. Daripada Anda menghabiskan uang untuk berbelanja yang tidak penting, lebih baik dipergunakan untuk membantu sesama yang membutuhkan.


4. Belilah produk kemasan bundling

Selain tentunya, produk berkemasan bundling menawarkan harga yang lebih murah. Ketersediaan cadangan produk akan mencegah Anda keluar rumah untuk berbelanja secara berkala. Belilah beberapa produk untuk beberapa bulan ke depan.




(Foto: Courtesy of Michael Longmire on Unsplash, Instagram @girlboss, @sundaysuppers)