• 6 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

    Culture / Tips


    6 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    (Foto Courtesy of serezniy©123RF.com)

    Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, cobalah konsumsi 6 tanaman herbal ini


    Di tengah mewabahnya virus Covid-19 seperti saat ini, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Anda hanya perlu mengonsumsi vitamin, sayur, dan buah serta olahraga yang teratur. Untuk perlindungan tambahan, Anda juga bisa memanfaatkan tanaman herbal. Ingin tahu tanaman herbal apa saja yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Simak ulasannya berikut ini!





    1. Cengkeh


    Cengkeh merupakan rempah yang sering digunakan untuk bahan masakan dan dicampur ke dalam minuman untuk menguatkan rasa. Menurut US National Library of Medicine, kandungan senyawa nigericin (NGC) di dalam cengkeh mampu mengurangi resistensi insulin. Sementara ekstrak etil asetat cengkeh (EAEC) dan komponen bioaktif lainnya berperan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Cengkeh memiliki sifat antibakteri, antiseptik, antijamur, antivirus, dan bahkan antikanker. Tak hanya itu saja, cengkeh juga mengandung antioksidan yang tinggi, vitamin K dan C, yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.


    2. Kayu Manis

    (Kayu manis. Foto:Dok. Mae Mu/Unsplash)


    Selain cengkeh, kayu manis juga rempah yang sering digunakan sebagai bahan campuran pada makanan dan minuman. Kayu manis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti dapat meredakan pilek, batuk, sakit tenggorokan, juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu saja, kayu manis juga mampu meringankan gejala rematik, menurunkan kolesterol dan menyeimbangkan kadar hormon. Ini semua berkat kandungan zat besi, magnesium, dan potasium di dalamnya.


    3. Adas

    (Adas. Foto:Dok. Pixabay/Pexels)


    Adas adalah salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki banyak zat berkhasiat di dalamnya seperti minyak atsiri, kalsium, fosfor, minyak lemak, vitamin A, vitamin C, anetol, etilchavikol, asam anisat, anisaldehid, dan kalium. Semua zat-zat tersebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti mengatasi perut kembung, mengobati anemia, gangguan pencernaan, memperlancar menstruasi, dan meningkatkan daya tahan tubuh.


    Baca juga : Jenis-Jenis Jamu dan Manfaatnya



    4. Jahe


    Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jahe memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang dapat membantu meredakan inflamasi, infeksi serta melawan virus. Tak hanya itu saja, jahe juga mampu memicu keluarnya keringat dan proses detoksifikasi, memperlancar pencernaan, dan mengatasi gejala mual. Tak heran jika belakangan ini jahe menjadi tanaman herbal yang populer untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari virus penyebab penyakit.


    5. Kencur


    Kencur mengandung berbagai senyawa kimia seperti minyak atsiri, mineral, asam metil kanil, asam sinamat, dan antioksidan. Semua senyawa itu berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas dan virus.


    6. Kunyit

    (Kunyit. Foto:Dok. Chinh Le Duc/Unsplash)


    Kunyit sudah dikenal sejak lama memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kunyit mengandung senyawa curcumin, antioksidan, dan anti inflamasi yang mampu untuk mencegah atau mengobati diabetes, mengurangi (atau menyembuhkan) penyakit kanker, mengobati peradangan, meringankan sakit haid, dan mampu melawan radikal bebas sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.


    (Foto Courtesy of serezniy©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -