• Lukisan Van Gogh Telah Dicuri Setelah Museum Ditutup

    Culture / News


    Lukisan Van Gogh Telah Dicuri Setelah Museum Ditutup

    Karya seni itu bernilai £5 juta.


    Sebuah lukisan Van Gogh senilai £ 5 juta telah dicuri dari museum Belanda yang saat ini ditutup karena coronavirus. 'Parsonage Garden at Neunen in Spring' diambil dari museum Singer Laren di Laren, pada hari Minggu, 29 Maret.

    Pencuri menghancurkan pintu depan museum, memicu alarm, tetapi mereka telah melarikan diri dengan lukisan itu sebelum polisi tiba. Karya seni itu dipinjam dari Museum Groninger dan merupakan satu-satunya Van Gogh.



    Direktur Museum Singer Laren, Jan Rudolph de Lorm, mengatakan ia "sangat kesal" oleh kejadian pencurian itu. Museum ini telah ditutup sejak 12 Maret karena coronavirus.

    "Ini adalah hal yang tidak Anda inginkan sebagai museum yang memiliki lukisan pinjaman," katanya dalam konferensi pers.

    “Sebuah lukisan yang indah dan mengharukan oleh salah satu pelukis terhebat kami, dicuri dari museum kami... dan ini harus kembali secepat mungkin, sehingga kami dapat menikmati dan dihibur kembali oleh seni yang indah ini. Seni layak dilihat dan dibagikan oleh kami, masyarakat.”

    Lukisan itu adalah bagian dari seri yang dibuat antara 1883 dan 1884 ketika artis itu tinggal bersama orang tuanya di Nuenen, di mana ayahnya adalah seorang menteri.




    (Penulis: Harper's Bazaar UK Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)




    Tags : van gogh, museum





- RELATED ARTICLE -