• 10 Tips Makeup Tahan Lama Saat Menggunakan Masker

    Beauty / Tips


    10 Tips Makeup Tahan Lama Saat Menggunakan Masker

    Meski mengenakan masker wajah untuk melindungi diri dari virus, ikuti tips makeup berikut ini untuk tetap tampil memesona.


    Saat wabah Covid-19 sedang merebak dan semua orang berusaha melindungi diri dari virus tersebut, masker wajah adalah salah satu benda yang hampir selalu digunakan ketika kita meninggalkan rumah. Meskipun aktivitas di luar rumah saat ini sedang dibatasi, tak semua orang memiliki hak istimewa untuk tetap tinggal di dalam dan menjalankan aktivitas dari rumah. 

    Bagi Anda yang tetap harus keluar rumah untuk ke kantor atau aktivitas penting yang mendesak lainnya, kami memberi sedikit tips makeup agar riasan terlihat memesona dan tahan lama meski memakai masker. Namun ingat, sebaiknya Anda tetap berada di rumah dan melakukan physical distancing selama Anda bisa, ya!





    1. Mulai dengan Perawatan Wajah

    Sebelum memulai kegiatan merias wajah apa pun, sebaiknya dahulukan produk perawatan kulit. Mulai dari membersihkan wajah secara tuntas, lalu lanjutkan dengan toner atau essence. Lalu aplikasikan serum, krim mata, dan pelembap favorit Anda untuk mempersiapkan kulit agar dapat menyerap makeup dengan baik. Setelahnya, jangan lupa pulaskan tabir surya untuk melindungi wajah dari efek negatif sinar UV.


    2. Mulai dengan Setting Spray

    Langkah ini penting untuk menciptakan riasan yang lebih tahan lama di kulit wajah. Lakukan penyemprotan dengan jarak 15 hingga 20 sentimeter dari wajah.


    3. Pulaskan Primer

    Aplikasikan primer wajah sebagai dasar dari riasan. Fungsinya adalah untuk melindungi kulit dari produk makeup sekaligus menjadikannya lebih halus sehingga lebih mudah dirias. Primer wajah juga dapat membantu riasan membaur dengan baik di kulit.


    4. Pilih Foundation

    Nah, pemilihan tekstur dan hasil akhir foundation menjadi kunci dari ketahanan riasan wajah saat memakai masker. Hindari alas bedak yang memiliki tekstur kaya atau hasil akhir dewy. Sebaiknya pilih foundation yang memiliki hasil akhir matte dengan full coverage. Jika ingin menutupi cela pada kulit, cushion foundation atau cc cream bisa jadi pilihan tepat.


    5. Gunakan Bedak dengan Hasil Akhir yang Matte

    Untuk menyempurnakan kulit dan menyegarkan wajah, gunakan bedak yang sesuai dengan warna kulit. Jika akan mengenakan masker wajah, pilih juga bedak yang memiliki hasil akhir matte agar bisa tahan sepanjang hari. Apabila kulit cenderung berjerawat, pilih bedak tabur. Sedangkan untuk Anda pemilik kulit kering, sebaiknya gunakan bedak padat.


    6. Aplikasikan Teknik Igari Blush

    Teknik aplikasi blush on yang satu ini tepat bagi Anda yang akan mengenakan masker seharian. Karena biasanya masker menutupi sebagian besar wajah Anda, maka sebaiknya aplikasikan perona pipi di bagian yang tepat. Baurkan cream blush di bagian pipi hingga bawah mata, lalu bubuhkan blush on dengan tekstur bedak di tempat yang sama menggunakan brush tepat.



    7. Kunci dengan Translucent Powder

    Setelah semua bagian wajah telah selesai dirias, jangan lupa untuk menguncinya dengan translucent powder. Bedak ini tidak memiliki warna, namun bisa menjadi senjata untuk menjadikan riasan lebih tahan lama. Langkah ini berguna demi mencegah berpindahnya foundation dari kulit ke masker wajah. 


    8. Fokus di Riasan Mata dan Alis

    Seperti yang tadi sudah disebutkan, sebagian besar wajah mungkin tertutup oleh masker kesehatan, namun tidak bagian mata dan alis! Manfaatkan hal ini untuk berkreasi di dua bagian tersebut. Saatnya bereksperimen dengan berbagai gaya makeup mata yang bold dan bulu mata dramatis untuk menunjang penampilan Anda.


    9. Gunakan Lipstik Matte

    Untuk meminimalisasi berpindahan lipstik dari bibir ke masker, sebaiknya pilih lipstik dengan hasil akhir yang matte. Anda juga bisa memberi perlindungan ekstra dengan membubuhkan sedikit translucent powder di bagian bibir setelah memulaskan lipstik.


    10. Semprotkan Setting Spray Dua Kali

    Tak ada salahnya untuk mengunci pulasan makeup dengan kembali menggunakan setting spray. Biarkan formula setting spray Anda mengering di wajah sebelum mengenakan masker. Selamat mencoba!




    (Foto: Courtesy of Harper's Bazaar UK)










- RELATED ARTICLE -