• Tips Agar Homeschooling Berlangsung Lancar dan Lebih Efektif

    Culture / Advertorial


    Tips Agar Homeschooling Berlangsung Lancar dan Lebih Efektif

    Saran dari seorang guru sekolah dasar tentang kegiatan belajar di rumah: Jangan dipaksa!


    Untuk pertama kalinya, homeschooling saat ini menjadi bagian dari agenda keseharian banyak keluarga. Terkait dengan hal tersebut, kami berbincang dengan James Braid, seorang guru di Chelsfield Primary School di Orpington yang membagikan anjurannya agar proses belajar di rumah berjalan selancar mungkin. 

    Prioritas utama selama pandemi ini adalah memastikan anak-anak tetap bahagia dan sehat, jadi jangan memaksa anak untuk belajar jika itu memengaruhi kesenangan mereka.

    Berikut ini adalah beberapa cara untuk membantu mencegah hal-hal yang kurang diinginkan:





    1. Buat jadwal mingguan untuk belajar

    Cara ini mungkin akan berhasil setelah satu minggu proses percobaan dengan metode yang berbeda-beda. Cepat atau lambat, tekniknya akan membantu anak-anak supaya lebih siap dan sepakat untuk belajar jika mereka sudah tahu terlebih dahulu apa yang akan dipelajari dan kapan saatnya. Lama waktu belajar sebaiknya antara 30 hingga 60 menit untuk memastikan produktivitas yang baik selama masa pembelajaran, dan perlu banyak istirahat.


    2. Tetap positif

    Ketika melakukan proses belajar, berikan semangat dan pujian positif baik ketika anak-anak berhasil mengerjakan sesuatu atau tidak. Bantulah mereka ketika Anda bisa melakukannya, namun jika anak Anda menemui kesulitan setelah melakukan beberapa cara, biarkan saja. Sekolah seharusnya merekomendasikan situs-situs dengan alternatif cadangan untuk dicoba alih-alih memberikan tugas-tugas utama yang mereka tetapkan.


    3. Kembangkan pola pikir

    Ini adalah fondasi yang penting dari etos sekolah-sekolah masa kini. Berikan pujian kepada anak-anak bukan karena pencapaian mereka, namun karena upayanya. Cara yang demikian akan membantu untuk menyemangati atau menjaga tekad mereka agar tetap belajar.


    4. Mencoba banyak cara

    Ingatlah bahwa anak-anak belajar dari memasak makanan, bermain, menjelajahi kebun, dan bahkan dari percakapan bersama orang lain. Padukan semua kegiatannya agar hari-hari tetap mengasyikkan bagi anak-anak dan juga diri Anda.



    5. Jangan bersikap terlalu keras pada diri Anda sendiri!

    Homeschooling merupakan aktivitas sulit yang terpaksa harus dijalani oleh banyak orang tanpa ada persiapan. Kondisi ini akan sulit bagi beberapa anak untuk menggambarkan orang tua atau pengasuh mereka sebagai guru karena peran utama keduanya adalah untuk mengasuh dan membekali. Ditambah lagi, bagi sebagian besar anak-anak rumah pada dasarnya adalah tempat di mana mereka menikmati waktu bersantai. Mengubah keadaan dan kebiasaan ini mungkin tidak bisa terjadi dalam satu malam. Maka dari itu, jangan salahkan diri Anda jika mengalami kesulitan untuk memotivasi anak-anak pada permulaannya. Tekanan yang Anda rasakan kemungkinan besar akan menular juga ke anak Anda. Tetaplah tenang dan jangan menyerah untuk memulai pembelajaran di waktu-waktu yang berbeda sepanjang hari sampai Anda menemukan pola atau rutinitas yang terbaik. Pastikan untuk mengingatkan diri Anda sendiri bahwa Anda telah melakukan yang terbaik dan merayakan setiap kesuksesan Anda dalam kegiatan belajar ini.




    (Penulis: James Braid; Artikel ini disadur dari: Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto courtesy of: Bazaar UK)



    Tags : tips







- RELATED ARTICLE -