• Rekomendasi Workout di Rumah Terbaik Pilihan Tim Bazaar

    Beauty / Tips


    Rekomendasi Workout di Rumah Terbaik Pilihan Tim Bazaar

    Tetap sehat dan bugar tanpa harus ke gym.


    Pusat kebugaran tutup dan social distancing digalakkan akibat pandemi virus corona. Rasanya mudah untuk memilih berbaring santai di sofa dan mengabaikan rutinitas yang biasa kita lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Latihan tidak hanya membantu membuat tubuh Anda menjadi lebih baik, namun juga memperkuat pikiran atau batin yang kini perlu kita pertimbangkan di tengah situasi saat ini. 

    Untungnya, workout di rumah sudah dikembangkan jauh sejak DVD fitness pertama kali beredar. Pelatih pribadi dan instruktur yoga semakin gencar menggunakan media sosial, terutama YouTube, untuk mengunggah konten-konten kebugaran mereka sehingga kita mendapatkan akses untuk mendapatkan metode olah raga terbaik.

    Berikut ini adalah rekomendasi olah raga terbaik dari tim Bazaar.





    1. Olahraga terbaik untuk mengencangkan tubuh: Louisa Drake


    Sejak membuka studio pertamanya di tahun 2017, metode workout Louisa Drake sudah menarik perhatian para pengikut setianya. Eks kliennya yaitu Gwyneth Paltrow dan Victorial Beckham sudah mendapatkan manfaat dari metode resistensi, conditioning, kardio, dan peregangannya yang unik dan dikenal dengan nama Louisa Drake Method. Demikian pula dengan video workout di rumah darinya yang sama efektifnya. Jika Anda adalah penyuka yoga, barre, atau pilates, Anda akan menikmati sesinya yang menggunakan gerakan-gerakan kecil untuk membentuk otot dan jarang dipraktikkan di kelas-kelas standar. Jangan meremehkan tantangannya hanya karena gerakannya terlihat mudah dan kemampuannya untuk mengencangkan tubuh Anda. Louisa sendiri merupakan seorang instruktur yang super ramah dan penuh semangat baik dalam videonya atau saat bertemu secara langsung.


    2. Olahraga terbaik selama masa kehamilan: BodyFit By Amy


    Amy sebagai seorang personal trainer memiliki video workout yang cocok untuk semuanya di saluran YouTube miliknya yakni BodyFit By Amy. Rentang durasinya mulai dari 10 hingga 45 menit, sehingga mudah untuk diikuti di sela-sela hari yang sibuk. Ada workout ringan untuk mengencangkan tubuh, latihan rutin lanjutan berbasis peregangan lanjutan, dan latihan berbasis berat serta kardio. Ia juga menawarkan panduan profesional untuk wanita dalam masa pra dan pasca kehamilan di daftarnya yang bertajuk BabyFit. Sebagai seorang ibu dengan dua anak, Amy berbagi soal latihan rutin selama masa kehamilannya yang aman di semua masa trimester. Ia juga memberikan cara-cara untuk mengencangkan badan setelah melahirkan, serta olahraga ‘mummy and me’ yang melibatkan buah hati Anda.


    3. Olahraga terbaik untuk motivasi: Women’s Health


    Rekan-rekan kami di Women’s Health UK memiliki host konten online yang didedikasikan untuk menjaga kebugaran Anda tanpa perlu beranjak menuju pusat kebugaran. Mereka sering memanfaatkan wajah-wajah wanita bugar terkenal yang biasanya tampil di majalah. Sebagai bagian dari seri PT Guest Pass misalnya, Anda bisa berolahraga bersama orang-orang terbaik di bidangnya mulai dari Jessica Ennis-Hill hingga Kayla Itsines dengan video yang menampilkan latihan sirkuit dengan fokus pada sesi perut atau kardio, dan bahkan yoga. Semua latihannya juga cocok untuk semua tingkatan. Bagi mereka yang kurang berpengalaman dalam hal fitness, mereka menyediakan instruksi yang membantu. Beragam pilihan juga tersedia bagi Anda yang ingin menantang diri Anda sendiri.

    Jika ingin meningkatkan latihan Anda ke jenjang selanjutnya, Women’s Health juga memiliki program berlangganan training selama 10 minggu yang bekerja sama dengan aplikasi fitness yakni FiiT. Program ini akan membantu Anda untuk membentuk otot dan membakar lemak dengan olah raga selama 40 menit.


    4. Yoga terbaik dengan instruktur yang ramah: Shona Vertue


    Yoga memiliki reputasi sebagai olah raga yang terlalu serius. Oleh karena itu, Shona Vertue adalah sosok yang memberikan napas baru di sini. Dengan mengusung Vertue Method, instruktur yoga ini mengombinasikan latihan resistensi berat badan dengan praktik yoga tradisional yang fokus untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih baik. Dengan karakter khasnya sebagai wanita yang ceriwis, Anda akan dibuat tersenyum olehnya sembari ia mengajak Anda untuk melakukan gerakan. Baru-baru ini, Shona juga menayangkan workout-nya melalui live stream, sehingga Anda bisa berlatih bersama-sama. Yang terpenting, Anda tidak akan merasa sedang berolahraga keras saat bersama Shona. Bahkan jika hanya memiliki waktu 10 menit, Anda akan menemukan sesuatu yang pas untuk Anda saat menelusuri channel-nya. Plus, David Beckham juga menjadi salah satu pengikutnya dan kami tidak bisa menyalahkannya.


    5. Olahraga terbaik untuk Anda yang tidak punya waktu: Blogilates


    Cassey Ho tampil sebagai pembawa acara di sejumlah video fitness untuk wanita di saluran YouTube, menawarkan olahraga yang mudah untuk diikuti dan efektif mulai dari pilates hingga kardio ringan. Instruktur kebugaran bersertifikat ini membagikan videonya secara gratis dan panduan-panduan nutrisi berdurasi singkat. Setiap orang punya waktu untuk menyaksikan video berdurasi 10 menit, apalagi jika sekarang Anda bekerja dari rumah dan mungkin sedang mengenakan legging. Trik-trik olahraganya berupa gerakan sederhana yang terlihat mudah namun memberikan efek di tubuh Anda. Ketika ia mengatakan “pulse”, itulah tanda bahwa Anda akan merasakan sakit di badan keesokan harinya. Untuk menjawab permintaan yang baru-baru ini diajukan, ia bahkan sudah membuat agenda workout selama karantina, termasuk latihan yang ia namai ‘quarantine cardio’, ‘anti-covoid abs’, dan ‘social distance stretches in bed.’ Oleh karena itu, taka ada lagi alasan untuk bermalas-malasan di rumah.



    6. Olahraga terbaik yang bervariasi: Popsugar Fitness


    Saluran YouTube Posugar Fitness diisi dengan video latihan menyenangkan dan inovatif yang dirancang untuk meningkatkan detak jantung dan semangat Anda. Di setiap videonya Anda akan merasakan suasana kelas latihan yang ramah karena dipimpin oleh lebih dari satu instruktur dan Anda bisa menemukan sejumlah rutinitas yang paling banyak diperbincangkan di situs sana, termasuk workout model Victoria’s Secret dan Bar Method. Yang menjadi sorotan adalah kelas boxercise. Alasannya, meskipun menjadi pilihan olahraga kebugaran yang kian populer saat ini, boxing masih kurang mendapat tempat di ranah digital. Perkirakan waktu selama 40 menit untuk gerakan non-stop termasuk melakukan pukulan dan kickboxing yang akan benar-benar memompa darah Anda.


    7. Olahraga terbaik untuk kardio berintensitas tinggi: Joe Wick


    Dikenal sebagai The Body Coach, rahasia kesuksesan Joe Wicks dalam hal kebugaran adalah, bisa dikatakan, karena ia bisa menyesuaikan olahraganya dalam rutinitas sehari-hari. Di channel YouTube-nnya, personal trainer yang satu ini mengunggah video olah raga kardio berintensitas tinggi setiap minggunya dengan fokus pada latihan-latihan yang akan membantu Anda membakar lemak serta membuat tubuh lebih bugar dan kuat tanpa memedulikan usia atau tingkatan fitness Anda. Plus, semua sesinya cenderung berlangsung tidak lebih dari 15 hingga 20 menit (meskipun tujuannya untuk mendorong Anda berolahraga lebih keras selama durasi waktu yang ada). Sebagian besar olahraganya tidak memerlukan peralatan, sehingga tak ada alasan untuk tidak mencobanya.

    Terlebih lagi, ia juga baru saja meluncurkan program ‘P.E. with Joe’ untuk membantu anak-anak berolah raga selama berada di masa isolasi mandiri. Artinya, Anda sekeluarga sekarang bisa melakukan workout bersama-sama.


    8. Olahraga terbaik untuk peregangan: Yoga with Adrienne


    Jika olah raga di rumah masih terbilang baru bagi Anda, maka sulit rasanya menentukan waktu yang tepat untuk memulainya dan seberapa sering sebaiknya Anda melakukannya. Lalu, apa yang menjadi fokus Anda setiap hari? Rasanya tergoda untuk melakukan sesi HIIT hardcore tanpa kontinuitas. Adrienne memberikan latihan yoga selama 30 hari yang bisa memenuhi agenda Anda selama satu bulan dengan tujuan untuk fokus pada kebugaran Anda. Serangkaian hatha yoga dan peregangannya cocok untuk Anda para pemula, namun bisa juga ditingkatkan sesuai dengan kekuatan dan kemampuan. Ia juga terus-menerus menekankan bahwa Anda tidak harus menjadi super fleksibel untuk mendapatkan manfaat dari yoga.

    Ada alasan mengapa Yoga with Adrienne memiliki 6.4 juta pelanggan YouTube, yakni perpaduan restoratif yoga yang bisa membuat Anda berkeringat serta sosoknya yang menyenangkan dan menenangkan, membuatnya populer di seluruh dunia.




    (Penulis: Becky Murray; Artikel ini disadur dari: Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto courtesy of: Bazaar UK)










- RELATED ARTICLE -