• Ketahui Manfaat Yoghurt untuk Perawatan Kulit Wajah

    Beauty / Tips


    Ketahui Manfaat Yoghurt untuk Perawatan Kulit Wajah
    (Foto Courtesy of yuliaff©123RF.com)

    Apa saja manfaat yogurt untuk kulit wajah?


    Yogurt dikenal memiliki segudang manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun ternyata, tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, yogurt juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kaya akan protein, vitamin dan kandungan baik lainnya, membuat yogurt dapat bekerja untuk merawat kulit agar tetap sehat dan awet muda. Ketika diaplikasikan pada kulit, masker yogurt akan membantu melembapkan, melawan jerawat, menenangkan kulit terbakar, dan masih banyak lagi. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat yogurt untuk merawat kulit wajah:





    1. Menenangkan Kulit yang Terbakar

    Terlalu banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari tanpa perlindungan maksimal dapat mengakibatkan kulit terbakar atau sunburn. Kondisi ini membuat kulit menjadi kemerahan dan terkadang melepuh. Kandungan seng dan sifat anti-inflamasi pada yogurt dapat membantu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

    Tambahkan beberapa tetes minyak esensial chamomile ke dalam masker yogurt. Lalu oleskan pada kulit yang terbakar sinar matahari dan biarkan selama 10 hingga 15 menit dan kemudian bilas.


    2. Melawan Jerawat

    Melansir dari laman Healthline, yoghurt memiliki sifat antibakteri dan anti jamur alami serta mengandung probiotik yang dianggap membantu melawan bakteri P. acnes, penyebab utama jerawat sekaligus mencegah untuk timbul di kemudian hari. Oleskan masker yogurt pada bagian wajah yang berjerawat, diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas. Lakukan perawatan kulit ini secara rutin untuk membantu menjaga kulit tetap bersih dan mencegah timbulnya jerawat.


    3. Melembapkan Kulit

    Kandungan asam laktat dan asam alfa hidroksi alami dalam yoghurt dapat membantu melembapkan dan menghaluskan kulit wajah. Ketika yoghurt dioleskan pada wajah, mampu meningkatkan kadar air pada bagian wajah yang dirawat. Ini akan membuat kulit lebih elastis dan cerah. Aplikasikan yogurt pada kulit dan diamkan selama kurang lebih 10 menit selama tiga kali seminggu. Rasakan perbedaannya pada kulit wajah sebelum dan sesudah rutin menggunakannya.



    4. Mencegah Penuaan Dini

    Manfaat yogurt berikutnya yakni mampu mencegah penuaan kulit, seperti garis halus, dan kerutan. Ini berkat kandungan asam laktat yang berfungsi dengan baik sebagai eksfoliator, yang akan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga membuat kulit lebih cerah dan lebih muda.

    Tambahkan satu sendok makan minyak zaitun dengan tiga hingga empat sendok makan yogurt. Oleskan pada wajah Anda selama sekitar 30 menit, tiga kali seminggu.


    5. Meratakan Warna Kulit

    Ketika digunakan secara teratur, masker yogurt dapat bermanfaat untuk meratakan warna kulit yang tidak merata. Hal ini karena yoghurt mengandung probiotik alami yang mampu bekerja untuk menyamakan warna kulit wajah. Gunakan masker yogurt setiap hari selama 10-15 menit, lalu bersihkan.


    6. Meningkatkan Elastisitas Kulit

    Melansir dari laman Healthline, sebuah penelitian pada tahun 2011 menunjukkan bahwa yoghurt dapat mendukung peningkatan elastisitas pada kulit. Semakin bertambahnya usia, kulit Anda secara alami akan kehilangan kolagen dan membuat kulit tidak lagi kencang. Aplikasikan masker yogurt pada kulit wajah untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga kulit lebih kenyal dan awet muda.

    Semoga bermanfaat!


    (Foto Courtesy of yuliaff©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -