• 6 Manfaat Teh Hijau untuk Tubuh

    Beauty / Tips


    6 Manfaat Teh Hijau untuk Tubuh
    (Foto Courtesy of wnaoki©123RF.com)

    Dari mulai mampu menurunkan berat badan sampai menurunkan risiko penyakit kanker.


    Teh hijau merupakan salah satu minuman yang paling sehat. Ini karena teh hijau sarat akan antioksidan dan nutrisi baik untuk kesehatan seperti meningkatkan fungsi otak, mengurangi lemak, menurunkan risiko kanker dan masih banyak manfaat lainnya. Untuk mengetahui lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh.


    1. Teh Hijau Mengandung Senyawa Bioaktif yang Dapat Meningkatkan Kesehatan

    Teh hijau kaya akan polifenol dan katekin yang disebut EGCG (Epigallocatechin Gallate). Polifenol dalam teh hijau bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan membantu melawan kanker. Sementara EGCG (Epigallocatechin Gallate) adalah salah satu senyawa paling kuat dalam teh hijau yang berguna untuk membantu mencegah kerusakan sel dan mengobati berbagai penyakit.





    2. Meningkatkan Fungsi Otak

    Meskipun tidak sebanyak kopi, teh hijau juga mengandung kafein yang berfungsi untuk menjaga kinerja otak dalam melakukan tugasnya. Pasalnya, kafein bekerja dengan cara meningkatkan neuron yang memberi efek konsentrasi yang dibutuhkan. Tidak hanya itu saja, kafein juga mampu meningkatkan fungsi otak pada bagian yang fokus pada mood, konsentrasi dan daya ingat. Hal ini membuat teh hijau mampu menurunkan kemungkinan terjadinya kerusakan pada otak, seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.


    3. Menurunkan Risiko Kanker

    Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Teh hijau sudah dikenal sebagai sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan yang terkandung di dalam teh terbukti sangat potensial untuk menghambat aktivitas senyawa karsinogenik pembentuk kanker. Secara spesifik, teh hijau mampu menurunkan risiko kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kolorektal.


    4. Membantu Menurunkan Berat Badan

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu menurunkan lemak tubuh, terutama di daerah perut. Ini karena teh hijau dapat mempercepat tingkat metabolisme karena pengaruh antioksidan yang membantu liver berfungsi lebih efektif, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.



    5. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

    Penyakit ini adalah penyakit kronis yang dapat disebabkan oleh sebuah kondisi yang disebut resistensi insulin. Kondisi ini menandakan bahwa tubuh Anda tidak dapat merespon kerja insulin sebagaimana mestinya. Inilah yang menyebabkan terjadinya peningkatan gula darah pada tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi teh hijau memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.


    6. Mencegah Obesitas

    Kandungan kafein pada teh hijau turut berkontribusi meningkatkan metabolisme, yaitu dengan menjaga kadar lemak di dalam tubuh. Kafein bekerja dengan membakar lemak abdominal yang berbahaya melalui proses memisahkan antara lemak jahat dan lemak baik pada tubuh. Dengan rutin mengonsumsi teh hijau dapat mencegah obesitas yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.


    Inilah dia enam manfaat teh hijau untuk kesehatan Anda. Semoga bermanfaat!




    (Foto Courtesy of wnaoki©123RF.com)









- RELATED ARTICLE -