• Kulit Anda Berminyak? Ikuti 6 Tips Makeup Ini

    Beauty / Tips


    Kulit Anda Berminyak? Ikuti 6 Tips Makeup Ini
    (Foto Courtesy of ayphoto©123RF.com)

    Sederet tips makeup untuk Anda yang memiliki kulit berminyak


    Apakah Anda memiliki kulit berminyak? Jika iya, pasti Anda pernah merasakan makeup tak mampu bertahan lama dan sulit untuk menempel di wajah. Namun, bukan berarti ini menjadi penghalang Anda untuk tampil cantik seharian. Tiap jenis kulit tentu mempunyai tantangannya masing-masing, tapi khusus untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak biasanya perlu lebih teliti ketika mengaplikasikan makeup. Oleh karena itu, berikut ini adalah enam tip makeup untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, agar mendapatkan hasil makeup yang lebih tahan lama dan bebas kilap seharian.


    Tip #1 mempersiapkan wajah 





    Sebelum memulai berdandan, pastikan kulit wajah Anda benar-benar bersih dan sudah menyelesaikan rutinitas perawatan kulit wajah harian. Selain melakukan perawatan kulit wajah harian, Anda juga perlu untuk melakukan perawatan kulit wajah mingguan yakni, rutin menggunakan masker dan melakukan eksfoliasi. Pilih masker yang mampu menyerap minyak berlebih pada wajah, serta eksfoliator dengan scrub yang lembut (gentle). Lakukan step ini dua sampai tiga kali dalam seminggu supaya kulit lebih halus.


    Tip #2 Menggunakan mattifying primer 


    Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, salah satu kunci agar makeup lebih tahan lama yakni dengan mengaplikasikan mattifying primer pada wajah dan fokuskan pada daerah T-zone seperti dahi, hidung, dan dagu. Primer membantu untuk menyerap kelebihan minyak, mengecilkan pori-pori dan membuat riasan lebih tahan lama. Produk ini berguna untuk melapisi wajah sebelum mengaplikasikan dengan produk makeup selanjutnya.


    Tip #3 Pilih produk kosmetik yang sesuai


    Tips makeup untuk kulit wajah berminyak berikutnya adalah memilih produk kosmetik yang memiliki formula ringan, berlabel oil-free, dan non-comedogenic. Memilih produk yang full coverage dan memiliki konsistensi kental (thick) justru akan membuat pori-pori mudah tersumbat sehingga munculnya jerawat dan komedo tidak dapat diminimalisir. Sementara untuk riasan mata, pilihlah produk yang label waterproof agar tidak mudah luntur.


    Tip #4 Menggunakan bedak tabur



    Bedak tabur memiliki peranan penting untuk membuat makeup lebih tahan lama di kulit berminyak. Tahap ini berfungsi untuk menyerap minyak berlebih dan membuat wajah bebas kilap seharian. Namun, jika di tengah-tengah beraktivitas wajah sudah sangat berminyak, Anda bisa menyerapnya dengan menggunakan blotting paper, lalu touchup kembali dengan bedak. 


    Tip #5 Hindari penggunaan highlighter berlebihan


    Apakah kulit berminyak boleh menggunakan highlighter? Jawabannya boleh! Kuncinya, bubuhkan highlighter pada bagian tertinggi di wajah Anda secukupnya saja. Hindari highlighter berbentuk krim dan memiliki partikel shimmer yang besar. Aplikasikan highlighter tipis-tipis dengan kuas highlighter atau fan brush. Hindari membubuhkan highlighter pada area T-zone, karena akan membuat wajah Anda terlihat semakin berminyak ketika wajah sudah mulai memproduksi minyak.


    Tip #6 Gunakan setting spray


    Untuk mengunci makeup dan membuatnya lebih tahan lama, gunakan setting spray sebagai langkah terakhir dalam merias wajah. Produk ini berfungsi untuk mengunci makeup agar tidak luntur dan mencegah makeup terlihat cakey. Jerawat cenderung lebih mudah pada kulit berminyak. Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam memilih setting spray untuk kulit berminyak. Sebaiknya, pilih setting spray yang mengandung green tea dengan hasil akhir matte, agar dapat menenangkan kulit, membuat makeup lebih tahan lama, serta kaya akan anti-inflamasi dan antioksidan. 


    (Foto Courtesy of ayphoto©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -