• 5 Kesalahan Menggunakan Masker yang Perlu Anda Hindari

    Beauty / Tips


    5 Kesalahan Menggunakan Masker yang Perlu Anda Hindari
    (Foto Courtesy of Puhhha©123RF.com)

    Agar hasilnya maksimal, hindari beberapa kesalahan menggunakan masker ini


    Dalam perawatan kecantikan, masker merupakan salah satu perawatan yang dilakukan secara berkala demi mendapatkan kulit wajah yang terawat dan sehat. Menggunakan masker wajah memang terbilang cukup mudah. Namun, apakah cara penggunaan masker wajah yang Anda lakukan selama ini sudah benar? Meski tampak mudah, namun bila dilakukan dengan cara yang kurang tepat, hasilnya menjadi tidak maksimal. Berikut ini lima kesalahan menggunakan masker yang mungkin (pernah) Anda lakukan. 


    1. Tidak Membersihkan Wajah Dengan Benar





    Salah satu kesalahan umum yang sering terjadi adalah tidak membersihkan wajah dengan benar sebelum menggunakan masker. Hal ini menyebabkan masker tidak bekerja secara maksimal bahkan dapat menyebabkan munculnya jerawat, karena permukaan kulit wajah masih tertutup lapisan kotoran, debu, atau polusi. 


    Sebelum menggunakan masker, pastikan wajah bersih dengan melakukan langkah double cleansing atau triple cleansing untuk memastikan tidak ada lagi kotoran atau sisa makeup yang tertinggal. Misalnya setelah membersihkan riasan dengan makeup remover, mencucinya lewat sabun pencuci wajah, Anda pun perlu memaksimalkan lagi menggunakan toner dan kapas. Setelah itu barulah Anda dapat mengaplikasikan masker di wajah yang sudah bersih. 


    2. Menggunakan Masker Terlalu Lama dan Terlalu Banyak


    Apakah Anda beranggapan, semakin lama menggunakan masker maka semakin banyak manfaat yang akan didapatkan? Jika iya, sebaiknya Anda perlu pertimbangkan kembali anggapan seperti ini. Menggunakan masker wajah untuk waktu yang lama, justru akan merusak kulit wajah Anda. Waktu yang tepat untuk setiap penggunaan masker itu sekitar 10-15 menit, atau sesuai waktu yang dianjurkan. Menggunakan masker wajah terlalu lama akan menyebabkan wajah terlalu kering atau bahkan terlalu berminyak. Selain itu, penggunaan masker yang terlalu banyak justru akan membuat kulit iritasi. Oleh karena itu, gunakan masker wajah secukupnya saja, agar penyerapan masker lebih efektif. 


    3. Mengaplikasikan Dengan Jari Tangan


    Mengaplikasikan masker wajah dengan jari tangan yang tidak terjamin kebersihannya dapat mengundang bakteri dan kotoran. Hal ini tentu dapat menjadi masalah untuk kulit Anda, seperti jerawat. Belum lagi jari tangan yang kotor juga dapat mencemari bahan-bahan yang terdapat di dalam produk masker wajah Anda. Ada baiknya, bersihkan jari tangan sebelum mengoleskan masker wajah atau gunakan kuas masker atau spatula khusus agar tetap terjaga kebersihannya.  



    4. Pilih Masker yang Tepat


    Menggunakan masker yang tidak sesuai juga dapat mengurangi hasil yang akan Anda dapatkan. Sebaiknya, pilih masker yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda. jika Anda memiliki jenis kulit berminyak atau berjerawat, pilih masker wajah berbahan dasar clay atau charcoal, karena bahan ini dapat mengontrol produksi minyak berlebih di wajah Anda. Sementara Anda yang memiliki jenis kulit kering, pilih masker yang mengandung hyaluronic acid atau aloe vera, karena dapat memberi kelembapan pada kulit. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi, terapkan multimasking yaitu dengan mengaplikasikan dua masker berbeda secara bersamaan. Pilih masker yang mampu melembapkan di bagian wajah yang kering dan pilih masker yang mampu menyerap minyak berlebih pada bagian wajah yang berminyak. 


    5. Mencuci Wajah Kembali Dengan Pembersih Wajah


    Sebelum menggunakan masker wajah, Anda diminta untuk membersihkan wajah dengan benar, agar masker wajah dapat bekerja secara maksimal pada kulit. Oleh karena itu, Anda tidak perlu untuk membersihkan kembali wajah dengan face wash setelah menggunakan masker, cukup bilas dengan air. Hal ini dilakukan agar manfaat masker wajah tidak ikut terbilas ketika Anda mencuci wajah dengan face wash. Namun ada pula emulsi masker yang justru didiamkan begitu saja selepas memakainya, mengenai hal ini pastikan dulu petunjuk penggunaannya atau konsultasikan terlebih dahulu kepada beauty advisor sebelum membelinya.


    Gunakan masker wajah secara rutin, dua hingga tiga kali dalam seminggu, agar manfaat baiknya dapat dirasakan kulit Anda. Hindari enam kesalahan yang dapat membuat masker wajah tidak bekerja secara maksimal. 


    (Foto Courtesy of Puhhha©123RF.com)









- RELATED ARTICLE -