• 5 Fakta Menarik Tentang Amorepacific yang Perlu Anda Ketahui

    Culture / News


    5 Fakta Menarik Tentang Amorepacific yang Perlu Anda Ketahui
    Amorepacific HQ

    Lebih dari rumah kecantikan yang menaungi banyak brand ternama, Amorepacific menunjukkan nilai seni yang juga dijunjung tinggi olehnya.


    Amorepacific HQ


    Menjadi rumah kosmetik nomor satu di Korea Selatan merupakan reputasi yang sudah dipegangnya sejak dulu kala. Bukan hanya satu ataupun dua produk keluaran Amorepacific yang membuat satu dunia berdecak kagum menjadikannya kiblat kecantikan. 


    Amorepacific HQ


    Sebagai seorang beauty enthusiast, tentu nama label kecantikan yang bernaung di bawah nama besar Amorepacific bukanlah hal baru di telinga Anda, seperti Sulwhasoo, Laneige, Innisfree, Etude House, Mamonde, dan masih banyak lagi. Mamonde adalah adisi terbaru dari empire tersebut yang akan datang ke Indonesia di pertengahan tahun 2019.



    Beberapa saat lalu, Bazaar berkunjung ke Amorepacific HQ yang memiliki lokasi di Yongsan-gu, Seoul. Selain nama David Chipperfield Architects yang tak luput disebut ketika bercerita tentang kantor pusat ini, Bazaar juga menemukan sepuluh hal menarik lainnya yang patut Anda ketahui!

    1. Karya David Chipperfield Architects


    Amorepacific HQ


    Konstruksinya yang menyerupai sebuah kubus memanjang ke atas memberikannya banyak ruang yang dapat direalisasikan menjadi open space yang unik, dan pada kesempatan ini, perusahaan arsitek asal Inggris, David Chipperfield Architects, memanfaatkan hal tersebut dan menyulapnya menjadi tiga lokasi taman di lantai yang berbeda, yaitu di lantai 5, 11, dan 17.


    Amorepacific HQ


    Apabila Anda berdiri di bagian lobi utama Amorepacific HQ, Anda akan melihat bayangan air seperti kolam yang terpancar dari langit-langit lobi. Kolam tersebut merupakan bagian dari taman yang berada di lantai 5.


    2. Terbuka untuk umum


    Amorepacific HQ


    Memiliki luas area sebesar 14,500 meter persegi, bangunan ini terdiri dari 29 lantai yang tersusun dari 22 lantai kantor Amorepacific, dan 7 lantai basement yang terbuka untuk umum. 


    Amorepacific HQ


    Terdapat banyak hal yang dapat dilakukan di area untuk umum ini, seperti berkunjung ke butik Amorepacific, makan siang ataupun bersantai di salah satu restoran dan kafe yang tersedia. 



    Fun fact: Anda dapat mengunjungi O’ssuloc 1979, sebuah kafe yang memiliki beragam pilihan teh tradisional hingga modern yang hanya dapat Anda temukan di sini.


    3. Kehadiran Amorepacific Museum of Art di kantor pusat



    Tak hanya berputar di dunia kecantikan, Amorepacific juga memiliki apresiasi yang tinggi pada dunia seni. Selain terlihat jelas pada konstruksi bangunan, founder Amorepacific, Suh Sungwhan juga memiliki koleksi yang kini ia tempatkan di Amorepacific Museum of Art (APMA) , terletak pada lantai dasar Amorepacific HQ.


    Bagi Anda penikmat seni, tentu Anda akan menemukan karya-karya seniman terkemuka di museum milik Amorepacific ini, seperti Kaws, Leo Villareal, Doug Aitken, hingga Leo Villareal, dan Olafur Eliasson. 


    Amorepacific HQ


    Kali ini, pameran seni yang sedang berlangsung hingga tanggal 19 Mei 2019 diberi judul Chapter One. Untuk pameran selanjutnya, cari tahu informasinya di sini.


    Doug Aitken - Inside Me

    Doug Aitken - Inside Me


    Selain seni yang diterjemahkan dalam bentuk patung dan instalasi, kantor ini juga memiliki perpustakaan, Amorepacific Library of Art Project (apLAP), dan exhibition space yang diberi nama APMA Cabinet.


    4. Kontribusi perusahaan konsultan desain terbesar di dunia


    Amorepacific HQ, Pentagram


    Selain firma arsitektur asal Britania Raya yang berpartisipasi dalam pembangunan ini, konsultan desain independen terbesar di dunia, Pentagram, juga memiliki peran penting dalam menyelesaikan Amorepacific HQ. 


    Amorepacific HQ, Pentagram


    Berbasis di London, Pentagram terpilih untuk menjalankan bagian penting dari spatial design bangunan megah tersebut, yaitu merancang signage yang dapat Anda ditemukan di setiap sudut.


    Amorepacific HQ, Pentagram


    Mencerminkan geometri bangunan, tim Pentagram membuat matriks yang menggunakan piktogram yang terinspirasi oleh Hangul.


    Amorepacific HQ, Pentagram


    Pada petunjuk yang terletak di dekat lift, Pentagram menggunakan informasi geografis yang dapat digunakan, seperti lokasi Sungai Han, Gunung Namsan, Taman Yongsan, dan pusat kota Seoul. Hal ini dapat Anda lihat melalui referensi yang menyerupai bentuk sungai, gunung, taman, dan kota. 



    Lalu meneruskan daftar desainer yang terlibat, rumah furnitur asal Swiss, Vitra, juga turut mengisi perlengkapan interior Amorepacific HQ.


    5. Pot berisi arang di setiap ruangan


    Amorepacific HQ


    Jika diperhatikan dengan baik, Anda akan melihat sebuah pot tanaman yang diisi dengan benda berwarna hitam, yaitu arang. Banyak orang yang tidak menyadari hal ini, namun arang memiliki banyak khasiatnya, terlebih lagi dalam dunia kecantikan dan kesehatan.


    Arang dapat membersihkan udara dengan alami tanpa mengeluarkan hawa yang tak sedap atau mengganggu, menjadi penawar racun dan membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya.


    Amorepacific HQ, Pentagram


    Ketika sedang menjalani tur di Amorepacific HQ, Bazaar melihat banyak pot yang berisikan arang ini di pusat consumer research, tempat penitipan anak, ruang kerja, hingga pada area kafetaria. 


    Amorepacific HQ, Pentagram


    Meski dikenal dengan tujuh world changing product miliknya, Amorepacific tak hanya sekadar kiblat kecantikan di Asia Tenggara, namun juga sebuah perusahaan yang menggambarkan arti beauty di industri yang berbeda.


    (Foto: Dok. Bazaar, Courtesy of Amorepacific, Instagram @amorepacific.official, @pentagram, @vitra, @meltingframe.in.seoul, @kimhamin_23, )



    -->






- RELATED ARTICLE -