• 8 Film Inspiratif yang Wajib Anda Tonton

    Culture / News


    8 Film Inspiratif yang Wajib Anda Tonton

    Dijamin mengubahkan cara pandang akan kehidupan.


    Banyak cara sekaligus kejadian yang dapat mengubah perspektif kita soal hidup. Dan lucunya, hal tersebut lebih sering terjadi di momen yang tidak disengaja.

    Terkadang saat butuh pencerahan, seminar dari pembicara motivator ternama sudah kita tonton habis. Namun, entah kenapa rasanya tetap saja seperti angin lalu.

    Memang biasanya tidak bisa didapatkan secara disengaja. Sama halnya seperti saat sedang shopping. Seringkali ketika kita berniat berbelanja, malah justru berujung pulang dengan tangan hampa.

    Sebaliknya, ketika kita mengitari mall tanpa maksud berbelanja, selalu ada saja koleksi tas, sepatu hingga fashion di etalase toko yang menarik perhatian. Seperti sudah hukum alam.

    Sama halnya seperti soal pencerahan hidup. Tidak melulu harus kita dapatkan dari seorang ahli seminar atau motivator. Terkadang tanpa disengaja inspirasi dan pelajarang hidup bisa didapatkan dari hal-hal kecil dalam hidup. Termasuk di antaranya sebuah karya film.

    Berikut Bazaar menyuguhkan 8 pilihan judul film inspiratif yang akan memberikan pencerahan dalam hidup.


    1. Forrest Gump (1994)



    Apabila biasanya kita dibuat kesal jika dihadapkan dengan seorang anak manja yang ketergantungan akan sosok sang ibu. Tidak demikian jika kita berhadapan dengan sosok Forrest.

    Tokoh pemeran pria utama yang diperankan oleh Tom Hanks ini mengajarkan kita akan makna hidup yang sesungguhnya melalui karakter polosnya yang menyerupai seorang anak kecil.


    2. Frida (2002)


    Dirilis di awal tahun 2000-an, film biografi arahan sutradara Julie Taymor ini jelas inspiratif. Mengangkat cerita kehidupan dari seorang ikon di dunia seni, Frida Kahlo, film ini memasukkan unsur seni, politik sekaligus intrik seksual yang kontroversial.

    Mengharukan dan membuat kita belajar mengenai perjuangan hidup seorang seniman kelas dunia. Film ini mengingatkan para penontonnya untuk terus bersemangat mengejar mimpi.



    3. Before Sunset (2004)


    Dirilis dalam dua seri, Before Sunset menjadi judul film yang beralur cerita unik dibandingkan film bergenre romantis pada umumnya. Berbeda dengan kebanyakan film romantis yang berakhir bahagia. Di akhir cerita, pasangan yang diperankan oleh Ethan Hawke dan Julie Delpy ini tidak berakhir bersama.

    Tetapi, banyak pelajaran yang dapat dipetik. Karena cinta memiliki makna lebih besar daripada saling memiliki satu sama lain.


    4. The Pursuit of Happiness (2006)



    Jangan mengaku sebagai seorang penggemar film jika belum menyaksikan film yang satu ini. The Pursuit of Happiness diangkat dari kisah nyata perjuangan seorang pebisnis bernama Chris Gardner yang diperankan oleh Will Smith.

    Totalitas akting aktor kawakan tersebut membuatnya sempat dianugerahi sebagai Best Actor di ajang Golden Globe. Beradu peran dengan putranya, Jaden Smith, yang saat ini telah beranjak dewasa, film fenomenal ini mengajarkan kita agar tidak mudah putus asa.




    4. Up (2009)


    Walaupun berwujud animasi, kisah alur cerita dari film keluaran Walt Disney Pictures berikut akan membuat kita merefleksikan diri. Up bercerita mengenai seorang kakek tua yang ditinggal oleh isterinya yang sudah tiada.

    Film ini akan membuat Anda terinspirasi dengan cerita petualangan sang kakek yang justru baru dimulai saat memasuki usia senja tersebut. Kehadiran sosok seorang anak menggemaskan bernama Russel akan membuat Carl, sang kakek kembali memiliki semangat hidup.


    5. 3 Idiots (2009)



    Diselingi unsur komedi, film 3 Idiots memberikan pelajaran hidup dengan caranya sendiri. Kisah persahabatan tiga mahasiswa, termasuk Aamir Khan sebagai salah satu aktor pemeran utamanya, film ini sempat sukses meledak di pasaran.

    Cerita mengharukan serta inspiratif dari film yang disutradari oleh Rajkumar Hirani ini tidak hanya sukses merebut hati para penontonnya. Rentetan penghargaan juga diterima oleh tim produksi serta para pemerannya berkat kualitas hasil filmnya yang patut diacungi jempol.


    Baca juga: 10 Film Komedi Terlucu dari Masa ke Masa


    6. Hacksaw Ridge (2016)



    Membahas pilihan film inspiratif, skenario utama yang didasarkan pada kisah nyata kerap menjadi pilihan. Dan, Hacksaw Ridge layak dikatakan sebagai salah satu dari yang terbaik. DIperankan oleh aktor tampan, Andrew Garfield, sembilan puluh sembilan persen yang telah menonton film ini sukses menangis terharu.

    Cerita hidup serta keberanian dari Pfc. Desmond T. Doss membuat kita jadi mengaggumi sosok mulia pria ini. Pengorbanannya menyelamatkan banyak jiwa di peperangan memang patut dikenang.


    7. Bohemian Rhapsody (2018)



    Legenda. Vokalis utama dari grup musik Queen ini memang layak disandangkan gelar tersebut. Freddie Mercury dan perjalanan hidupnya akna membuat Anda terbuai sepanjang film. Baru saja dirilis di tahun lalu, film ini menerima pujian tanpa henti dari para apresiator film.

    Meskipun berdurasi cukup lama, Bohemian Rhapsody tidak membuat para penontonnya menjadi bosan. Adegan demi adegan yang bercerita mengenai hidup vokalis legendaris tersebut sukses membuat para penontonnya terkagum.


    8. Hotel Mumbai (2019)


     

    Sedang tayang di bioskop terdekat, nama judul film Hotel Mumbai tengah melejit. Film bergenre biografi thriller ini  memiliki latar belakang serangan yang sempat terjadi di hotel Taj Mahal Palace di tahun 2008.

    Nama para bintang besar yang terlibat turut mendukung kesuksesan film insipratif ini. Di antaranya, Dev Patel, Armie Hammer, dan masih banyak lagi.

    Bagi Anda yang belum sempat menyaksikan film dokumenter ini, segera saksikan di bioskop terdekat untuk momen akhir pekan yang inspiratif.



    (Foto Courtesy of YouTube)








- RELATED ARTICLE -