• Nadine Chandrawinata Bicara Tentang Laut Indonesia

    People / News


    Nadine Chandrawinata Bicara Tentang Laut Indonesia

    Sebagai seorang 'prajurit laut', Nadine tentunya ingin membantu untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik.


    Cinta akan lingkungan, Nadine Chandrawinata mengekspresikan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan ikut serta pemberhentian pemakaian plastik. Mantan Putri Indonesia ini menggunakan suaranya agar masyarakat Indonesia kerap kelestarian lingkungan melewati media sosialnya.


    Sebagai salah satu pendiri gerakan sea soldier, Perempuan berusia 32 tahun ini sangat menyukai bertamasya ke tempat yang berlaut. Karena hobinya yang suka traveling, ia melihat banyak laut terutama di Indonesia, yang dipenuhi oleh sampah-sampah. Maka dari itu, Nadine ingin segera melakukan kegiatan sea soldier yaitu aksi ramah lingkungan.



    Ketika Nadine melakukan Bazaar Live (sebutan Instagram Live di akun Harper's Bazaar Indonesia), ia mengatakan bahwa telah berkomitmen untuk mengurangi pemakaian plastik dalam hidupnya. Gerakan ini sudah banyak diterapkan oleh kalangan muda zaman sekarang. Namun Sea Soldier tidak hanya menjaga lautan saja, tetapi di mana pun Anda berada. Nadine ingin mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam gerakan positif ini.


    Limbah-limbah plastik yang terdapat di laut membuatnya resah. Ia menjelaskan bahwa polusi laut ini dapat menimbulkan dampak negatif termasuk kerusakan sumber makanan manusia. Sejak kecil, Nadine memang mencintai lautan dan sekarang ia ingin melindunginya dari kerusakan. Salah satu aktivitas yang ia gemari ketika di laut adalah menyelam. Ia selalu mendokumentasi keadaan dalam bawah laut ketika ia sedang menyelam dan melihat banyak sampah-sampah plastik yang tersangkut di terumbu karang. Namun, setelah sering kali melakukan aktivitas ini, Nadine mengungkapkan bahwa ia ingin membawa hobinya ini to the next level. Maka dari itu, ia memulai gerakan sea soldier dan mengajak masyarakat untuk pola hidup ramah lingkungan.



    Selain mengurai produksi sampah plastik, aktivitas lain yang mendukung gerakan ini antara lain adalah daur ulang sampah plastik yang setelah digunakan Nadine. Ia juga selalu membawa sedotan stainless di dalam tasnya sehingga dapat ia bawa ke mana-mana. Dengan akun media sosialnya, Nadine banyak mengunggah foto-foto berkesan untuk membangun kesadaran para masyarakat atas isu-isu penting ini.


    Nadine baru saja menjalankan kehidupan barunya bersama sang suami, Dimas Anggara. Pasangan ini selalu menunjukkan kepedulian mereka terhadap lingkungan di masing-masing akun sosial media mereka. 



    (Foto: Courtesy of Instagram)







- RELATED ARTICLE -