• 5 Jenis Kopi Master Origin dari Nespresso

    Culture / Advertorial


    5 Jenis Kopi Master Origin dari Nespresso
    5 Jenis Kopi Master Origin dari Nespresso

    Lima rasa kopi autentik berikut dipanen dari berbagai belahan bumi.


    Kualitas kopi di dunia begitu beragam. Panen yang berkualitas biasanya merupakan kombinasi dari lahan dan keterampilan pengolahan yang baik. Kualitas kopi dapat dinilai dari aroma, cita rasa, hingga tingkat keasaman.


    Berbekal pengetahuan mengenai kopi yang berkualitas, Nespresso menghadirkan lima jenis kopi dalam koleksi Master Origin. Dalam proses pembuatannya, Nespresso mendayagunakan lima lokasi di belahan bumi berbeda yang diolah dengan lima proses khusus. Dalam proses ini, Nespresso bekerja sama dengan coffee craftsmen selama beberapa tahun untuk mempertajam keahlian, mencoba teknik baru dalam pengolahan, dan mendorong kualitas hasil panen.





    Tiap jenis kopi Master Origin merupakan bagian dari penemuan yang unik, dan diolah di lima lokasi yang berbeda. Di tiap area pertanian tersebut, Nespresso menjalin kooperasi dengan ahli pertanian setempat dan menjalankan misi untuk mencoba cara bertani inovatif, dengan tujuan untuk menciptakan aroma dan rasa kopi yang baru.



    Di Etiopia, biji kopi mengalami penggarukan tiap jam untuk memastikan pengeringan yang merata. Di Kolombia, waktu panen didorong hingga maksimal. Setiap buah kopi dibiarkan di pohon hingga warnanya berubah menjadi ungu gelap untuk kemudian dipetik. Di Sumatra, petani menggunakan metode tradisional penggilingan basah. Sementara di Nikaragua, para petani setempat menggunakan metode 'black honey' di mana biji kopi dibiarkan dalam lapisan buah alami sambil dikeringkan untuk memungkinkan biji kopi menyerap gula alami.



    Lain halnya di India, para petani menggunakan teknik tradisional bernama monsoon, yang meniru perlakuan zaman dahulu saat biji kopi diangkut via perahu dan menyerap kelembapan dari laut. Hal ini mengakibatkan biji mengembang dan memperoleh rasa baru yang unik. Proses ini telah berlangsung sejak lama dan kemudian dibawa ke abad ini dengan menggunakan jenis Robusta (dahulu biasanya menggunakan jenis Arabika).


    Lima rasa kopi Master Origin dari Nespresso merupakan hasil akhir dari penjajakan metode tradisional dengan yang baru untuk menghasilkan rasa kopi yang berbeda.


    (Foto: Dok. Nespresso)









- RELATED ARTICLE -