• 5 Tempat Wisata Unik di Belitung yang Harus Anda Kunjungi

    Culture / Tips


    5 Tempat Wisata Unik di Belitung yang Harus Anda Kunjungi
    5 Tempat Wisata Unik di Belitung yang Harus Anda Kunjungi

    Sebab keindahan pulau ini lebih dari sebatas film Laskar Pelangi.


    Pulau Belitung berada dekat dari Jakarta dengan waktu tempuh perjalanan pesawat selama 45-60 menit. Setelah tiba di Tanjung Pandan, Anda akan disambut dengan gaya hidup kepulauan yang sederhana. Selama di Belitung, kami mengunjungi sejumlah tempat wisata unik dalam perjalanan bersama Eco Beach Tent by Billiton.


    Eco Beach Tent by Billiton

    Eco Beach Tent by Billiton merupakan resor dengan konsep eco glamping yang menerapkan gaya wabi-sabi dari segi desain dan dibangun menggunakan material di sekitarnya untuk meminimalisir jejak karbon. Konsep ini berguna untuk melindungi kawasan sekitarnya yang indah dan hijau. Pantai di resor ini memiliki ciri pasir halus dan berwarna putih, disertai bongkahan batu granit besar yang tersebar hingga area perairan.


    Suasana pantai di sekitar Eco Beach Tent by Billiton.

    Sejumlah itinerary dari Eco Beach Tent by Billiton mengajak Anda untuk terhubung kembali dengan alam dan membantu Anda untuk melupakan sejenak layar ponsel dan komputer. Berikut tempat wisata unik yang harus Anda kunjungi di Belitung yang kami temukan selama perjalanan ini. 


    1. Batu Baginda

    Batu Baginda.

    Beralihlah menuju barat daya Belitung dan puaskan hasrat petualangan Anda dengan hiking menuju Batu Baginda. Anda akan menempuh sekitar 20 menit perjalanan melewati hutan, dengan tanjakan batu yang cukup menantang. Setelah melalui semua rintangan, Anda akan puas begitu sampai di puncak batu raksasa yang menghadap ke alam hijau hingga lautan.


    2. Melihat tarsius di Bukit Peramun

    Spesies tarsius di Bukit Peramun.


    Tarsius adalah golongan primata kecil yang tergolong langka di dunia dan Anda dapat menemukan salah satu jenisnya di Bukit Peramun. Waktu terbaik untuk melihat tarsius adalah di malam hari. Sekelompok pemandu akan membantu untuk menemukan satwa kecil tersebut dan menghadirkannya ke hadapan Anda. 


    3. Mengunjungi Pulau Tukong dengan kayak

    Pulau Tukong dapat dicapai dengan kayak dari Eco Beach Tent by Billiton.


    Anda dapat mengunjungi pulau privat ini dari Eco Beach Tent by Billiton. Perjalanan memakan waktu 30-60 menit dan tak jarang Anda akan menyaksikan laguna berwarna pirus yang sangat indah. Sesampainya di Pulau Tukong, Anda dapat berenang dan menikmati pantai. Untuk pengalaman berbeda, naiklah ke atas bukit batu saksikan pemandangan Pulau Lengkuas dari kejauhan. Eco Beach Tent by Billiton juga menyediakan servis makan siang dengan hasil tangkapan segar. 

    Pondok di atas batu raksasa di Pulau Tukong dapat menjadi tempat singgah dan makan siang sementara bersama Eco Beach Tent by Billiton. 


    4. Batu Berlayar dan Pulau Pasir

    Suasana Batu Berlayar dengan air yang jernih. Sesekali Anda dapat menemukan bintang laut di area sekitarnya. 


    Anda dapat menyewa perahu nelayan setempat untuk sampai ke lokasi ini. Letak keduanya pun sangat berdekatan, sehingga dapat dikunjungi dengan satu kali perjalanan. Meski tergolong ramai turis, keindahan kedua lokasi ini tak boleh Anda lewatkan. Rencanakan kunjungan pada hari dan jam yang tak sibuk, agar pesonanya dapat dinikmati dengan maksimal.


    5. Mengunjungi desa nelayan Bugis di Tanjung Binga

    Suasana di sekitar desa nelayan Bugis di Tanjung Binga.


    Di sini Anda dapat menyaksikan kehidupan keluarga nelayan sehari-hari (dan melihat suami istri nelayan bahu-membahu memproses ikan segar menjadi ikan asin) hingga membeli hasil tangkapannya. Desa nelayan ini cukup tradisional, dengan kualitas ikan asin yang dijual dalam partai besar ke luar Belitung seperti Jakarta. 


    (Foto: Ardhana Utama, Eco Beach Tent by Billiton, Layout: Tevia Andriani)








- RELATED ARTICLE -