• 10 Fakta Menarik Seputar Istana Buckingham di Inggris

    Culture / News


    10 Fakta Menarik Seputar Istana Buckingham di Inggris

    Mari singgah ke tempat tinggal keluarga kerajaan Inggris di kota Westminster, London.


    Pernah membayangkan tinggal di sebuah istana mewah? Layaknya seorang ratu, membuka mata pagi hari, hal pertama yang dilihat adalah mewahnya kamar tidur yang didominasi warna emas klasik.

    Selanjutnya, tinggal membunyikan bel, pelayan pun datang menyajikan sarapan Anda di tempat tidur.




    Ah, seperti mimpi. Sekilas membaca judul Istana Buckingham barusan, mungkin imajinasi barusan yang terlintas di pikiran Anda saat ini.

    Pemikiran barusan mungkin sudah mendekati. Akan tetapi, lebih daripada itu, anggota royal family tidak hanya memanjakan diri mereka di istana Buckingham.

    Faktanya, ikon bangunan kerajaan Inggris ini juga merupakan pusat bagi politik, ekonomi sekaligus budaya negaranya. Atas alasan itulah, istana Buckingham menjadi salah satu tempat yang wajib disambangi para turis saat berkunjung ke kota Westminster, London.

    Untuk memperluas wawasan mengenai istana kebanggaan penduduk Inggris ini, simak satu per satu pilahan fakta menarik dari Bazaar seputar Istana Buckingham.


    1. Arsitektur dan interior istana Buckingham terinspirasi dari abad ke 19. Dominasi warna biru muda dan emas mendominasi hampir seluruh sudut istana.



    2. Kabarnya, John Nash, arsitek legendaris yang menangani proyek Istana Buckingham melampaui angka budget proyek yang telah disetujui pihak kerajaan.



    3. Terdapat total 775 ruangan di Istana Buckingham. Termasuk di antaranya 188 kamar tidur para pekerja, 92 ruang kerja, 78 ruang kamar mandi, 52 kamar tamu, dan 19 ruang publik.


    4. ‘1844 Room’, istilah yang digunakan untuk ruang terpenting di Istana Buckingham. Kabarnya, ruangan ini digunakan Ratu Elizabeth untuk menjamu tamu-tamu pentingnya. Termasuk di antaranya, mantan presiden Amerika Serikat, Obama dan arsitek kenamaan David Ajaye.


    5. Selain ‘1844 Room’, ‘1855 Room’ menjadi ruangan lain di Istana Buckingham yang tidak kalah penting. Apalagi sejak dikunjungi oleh Napoleon III.





    6. ‘The Throne Room’ yang didominasi warna merah dan emas juga merupakan salah satu ruang terpenting Istana Buckingham. Di ruangan inilah Pangeran William dan Kate Middleton berfoto seusai resepsi pernikahan.


    7. Setelah interior, mari beranjak ke elemen arsitektur. Bicara ikonis, tidak ada yang lebih tepat selain balkon istana. Di mana para keluarga kerajaan dengan anggunnya melambaikan tangan mereka ke rakyat setempat. Balkon Istana Buckingham diperuntukkan untuk perayaan istimewa, salah satunya The Royal Wedding.


    8. Serial Netflix ‘The Crown’ tidak pernah difilmkan langsung di Istana Buckingham, seperti kabar yang selama ini beredar. Lokasi syuting yang menyerupai interior Istana Buckingham tersebut bertempat di Lancaster House, Katedral Ely, dan masih banyak lagi.




    9. Total lebih dari 50.000 pengunjung setiap tahunnya diundang ke Istana Buckingham! Mulai dari kunjungan politik, persahabatan hingga sekadar memenuhi undangan pesta kebun favorit sang Ratu.


    10. Istana Buckingham menyediakan toko suvenir yang menjual berbagai koleksi yang terinpirasi dari keluarga kerajaan. Mulai dari yang bernuansa elegan hingga yang bergambar anjing corgy menggemaskan favorit sang Ratu.






    (Foto: Courtesy of Instagram @royalcollectiontrust, @theroyalfamily, @royaltythrutheages, @thecrownnetflix, @buckinghampalaceshop)









- RELATED ARTICLE -