• 7 Puncak Gunung Paling Menakjubkan di Indonesia

    Culture / News


    7 Puncak Gunung Paling Menakjubkan di Indonesia

    Lupakan Everest, negeri sendiri tidak kalah memukau.


    Satu hal yang paling membanggakan dari Indonesia. Alam kita indah. Bukan sekadar indah, tetapi di atas rata-rata. 

    Dan, bicara mengenai di atas rata-rata. Angka ketinggian di atas rata-rata dari tujuh puncak gunung yang akan kita bahas selanjutnya menjadi rahasia di balik ketenaran namanya.

    Mencapai posisi puncak sejumlah gunung ternama di Indonesia ini, Anda akan takjub dengan negeri sendiri.

    Untuk itu, simak pilihan Bazaar akan tujuh puncak gunung di Indonesia dengan pemandangan paling terspektakuler. Mari bertualang.


    1. Gunung Semeru, Jawa Timur




    Sempat menjadi topik utama dari buku novel karya Donny Dirghantoro dengan judul ‘5 cm,’ Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Soal ketinggian, jauh miliaran kali lipat dari takaran sentimeter judul novel barusan.

    Faktanya, puncak Mahameru menempati posisi ketiga teratas untuk gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Silahkan imajinasikan semenakjubkan apa panorama dari puncak gunung tersebut.


    2. Gunung Kelimutu, Flores




    Terletak di pulau Flores, Gunung Kelimutu juga termasuk salah satu destinasi favorit para pendaki gunung. Tidak hanya lokal, bahkan turis internasional mengakui panorama menakjubkan di atas puncak gunung ini.

    Mencapai puncak, pemandangan tiga buah danau kawah berwarna-warni akan membuat Anda terpesona. Uniknya lagi, warna tiga danau tersebut dapat berubah terpengaruh kondisi alam.


    3. Gunung Rinjani, Lombok




    Begitu banyak hal yang ditawarkan Lombok bagi para petualang. Tidak hanya keindahan bawah lautnya. Puncak Gunung Rinjani dapat menjadi salah satu dari pemandangan terspektakuler yang pernah disaksikan dalam hidup.

    Merupakan taman bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani, gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Tidak heran jika pemandangannya sangat menakjubkan seperti foto yang Anda lihat di atas.


    4. Gunung Agung, Bali




    Sedikit menyeberangi pulau. Gunung Agung di Bali juga memikat para pendaki dengan ketinggiannya yang mencapai lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut. Tidak hanya pemandangannya yang memukau.

    Sebelum sampai ke puncak Gunung Agung, Anda dapat singgah terlebih dahulu ke bagian lereng gunung. Di sana terletak Pura Besakih. Suasana religius di tengah gunung akan menyelimuti jiwa dengan ketenangan.


    5. Gunung Bromo, Jawa Tengah




    Bersahabat bagi para pemula. Gunung Bromo di Jawa Tengah dapat dijajaki bagi Anda yang baru pertama kali mencoba aktivitas pendakian gunung. Pemandangan di puncaknya? Tentu tidak kalah spektakuler dengan enam gunung yang kita bahas lainnya.

    Destinasi gunung ini juga kerap menghadirkan program acara menarik. Salah satu yang paling ternama, konser jazz gunung. Beraktivitas fisik ditemani musik. Gunung Bromo dapat menjadi opsi pertama.


    6. Gunung Ijen, Jawa Tengah




    Jika Anda tidak tergolong kelas pemula dalam mendaki gunung. Maka, melanjutkan pendakian ke Gunung Ijen yang tidak terletak jauh dari Gunung Bromo dapat dilakukan.

    Gunung berapi aktif ini memaparkan pemandangan kawah di bagian puncaknya. Untuk mencapai gunung ini, Anda dapat berangkat dari kota Banyuwangi maupun Bondowoso. Pengalaman pendakian tidak terlupakan akan menjadi milik Anda.


    7. Puncak Jaya, Papua




    Sesuai angka urutan. Destinasi ke tujuh merupakan salah satu dari tujuh puncak gunung tertinggi di dunia. Dan, kita patut berbangga. Karena kemegahan ciptaan Tuhan ini terletak di negeri sendiri.  

    Puncak Jaya di Papua memiliki angka ketinggian yang di atas rata-rata. Tepatnya yang hampir mencapai 5.000 meter di atas permukaan laut!


    (Foto: Courtesy of Instagram @arithapsari, @herlisetiawan__, @traveler_ntt, @elfarobi, @camera.petualang, @inspinesia, @fotokitaid, @balilivin, @bromonesia, @la.vida.es.un.viaje.lucian, @wonderful_nature, @adityahans)









- RELATED ARTICLE -