• Manfaat Serum Wajah yang Harus Diketahui

    Beauty / News


    Manfaat Serum Wajah yang Harus Diketahui
    A Woman Using Serum to Her Face

    Menyertakan serum pada salah satu rutinitas perawatan wajah Anda, dapat memberikan keuntungan tersendiri yang bisa mengubah pandangan.


    Bagaimana ritual perawatan wajah Anda? Apa saja rangkaian produk yang telah Anda gunakan? Apakah serum merupakan salah satunya? Ya, sebelum menyelami lebih jauh manfaat dari serum itu sendiri, ada baiknya Anda mengenali terlebih dulu apa itu serum. Simak!


    Apakah itu serum?

    Serum merupakan gel eliksir yang terbuat dari bahan-bahan aktif terkonsentrat, kaya akan nutrisi baik untuk kulit. Kandungan molekul serum berukuran lebih kecil dan water based sehingga memungkinkan penyerapan sampai ke lapisan terdalam epidermis kulit.

    Teksturnya cenderung jernih, ringan, dan tidak berminyak serta umumnya dikemas dalam wadah berukuran kecil. Serum dipakai saat wajah telah bersih lalu aplikasikan sebelum Anda memakai moisturizer.

    Serum digemari tak hanya oleh perempuan-perempuan yang sudah menginjak umur 30-an, melainkan dikonsumsi pula oleh mereka yang berumur 20-an. Sebelum menjatuhkan pilihan pada merek serum tertentu, kenali kulit wajah Anda terlebih dahulu dan sesuaikan pilihan produk dengan umur Anda.

    Bagi umur 20-an, umumnya permasalahan kulit ada pada timbulnya jerawat dan flek hitam. Jadi sebaiknya pilih serum yang mengandung salysilic acid atau vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat membantu melindungi kulit wajah dari radikal bebas.

    Untuk mereka yang memasuki umur 30-an, permasalahan kulit tentu berbeda. Sebaiknya pilih serum yang mengandung retinol, synake peptide, dan ferment lysate, yang mampu membantu mengatasi garis-garis halus, keriput, sampai pori-pori yang membesar.

    Jika Anda berumur 40-an ke atas, sebaiknya pilih produk yang multifungsi atau produk yang dapat membantu mengatasi macam-macam permasalahan kulit wajah dalam sekali pakai seperti, kerutan, hiperpigmentasi, kulit kusam, dan tidak kencang.


    Lalu apa saja manfaat dari pemakaian serum?


    1. Melembapkan Kulit Wajah

    Kandungan dalam serum memiliki antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit wajah dengan baik. 


    2. Mengontrol Produksi Minyak di Kulit Wajah

    Anda yang memiliki kulit bermnyak tidak perlu khawatir, karena kandungan serum yang water based justru bermanfaat untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah Anda. 


    3. Membantu Mencegah Terpaan Radikal Bebas

    Penikmat aktivitas luar akan merasa terbantu dengan memasukan serum dalam ritual kecantikan, karena serum mampu membantu melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari, polusi, serta radikal bebas yang terdapat dilingkungan.


    4. Membantu Mencerahkan Kulit dan Menyamarkan Noda Hitam Pada Kulit Wajah

    Munculnya noda-noda hitam atau hiperpigmentasi terjadi akibat paparan sinar matahari berlebih. Dengan menggunakan serum secara rutin dapat membantu menyamarkan vlek-vlek hitam sekaligus membantu mencerahkan kulit wajah, melalui kandungan antioksidan pada vitamin E dalam serum.


    5. Membantu Mencegah Penuaan Dini

    Penuaan terjadi bukan hanya karena faktor umur, melainkan juga karena sering terpapar sinar UV yang dapat menimbulkan garis-garis halus sebelum waktunya. Kandungan dalam serum yang mampu membantu menutrisi kembali wajah.


    Cara Pengaplikasian

    Aturan umum dalam mengaplikasikan skincare adalah dengan memakai produk bertekstur tipis hingga ke tebal. Semakin ringan tekstur produk, semakin didahulukan pemakaiannya. Berikan jeda waktu tiap pemakaian produk satu dengan yang lain, demi penyerapan yang maksimal.

    Untuk serum yang cenderung memiliki konsentrasi tinggi dan kaya akan kandungan aktif, ia memiliki tekstur cukup ringan. Umumnya serum dipakai setelah wajah Anda bersih dan setelah memakai water essence, jika produk ini masuk ke dalam beauty regime Anda. Lalu, bagaimana cara pengaplikasian serum yang benar? Berikut ulasan Bazaar.


    1. Fresh Start

    Sebelum memakai produk perawatan, usahakan kulit berada dalam kondisi yang bersih. Lakukan double cleanse, agar wajah bersih menyeluruh. Pertama, gunakan micellar water atau makeup remover, lalu lanjutkan dengan sabun muka.

    Jangan lupa pakai air hangat saat mencuci muka demi membuka pori-pori kulit dan memudahkan sabun wajah menjalankan fungsinya. Setelah itu, bilas dengan air dingin agar pori-pori yang terbuka kembali tertutup.

    Untuk maksimal mengangkat kotoran pada wajah serta membantu mengangkat sel-sel kulit mati, gunakan exfoliating toner atau face scrub dua kali seminggu. Kulit bersih dan moist, memungkinkan kandungan serum terpenetrasi dengan baik ke dalam epidermis kulit, karena tingkat konsentratnya yang tinggi sehingga jika kulit Anda masih tersisa kotoran, serum akan menempel ke kotoran tersebut.


    2. Drop It Like It's Hot

    Less is more, yes ini adalah moto hidup serum. Umumnya, tuang sebanyak empat tetes pada wajah Anda menyerupai bentuk T, dua tetes di kening, satu tetes di ujung hidung, lalu ratakan. Bazaar menyarankan alternatif lain yang lebih baik, yaitu dengan menuangkan tiga tetes serum ke atas telapak tangan Anda lalu gosok searah putaran jam hingga telapak tangan terasa hangat lalu usapkan ke wajah dan ratakan.

    Panas tubuh yang dihasilkan oleh telapak tangan, mampu membantu mengaktifkan kandungan serum sebelum menyelimuti wajah Anda. 


    3. Time's Up

    Jangan terburu-buru dalam menyelesaikan ritual kecantikan Anda, karena penggunaan serum tidak seperti water essence atau moisturizer yang bisa langsung ditimpa dengan produk skincare lainnya.

    Sebaiknya, tunggu hingga benar-benar meresap pada kulit wajah. Selain itu, serum juga tidak bisa digunakan sendiri, ia butuh pasangan untuk bisa hidup, seperti pelembap atau tabir surya. Ingat, untuk selalu menempatkan tabir surya diakhir ritual Anda karena dengan teksturnya yang pekat, sunblock bermanfaat sebagai shield pada wajah.

    Sehingga butuh ditempatkan diakhir untuk melindungi lapisan kulit dari paparan sinar matahari.


    4. Thank You, Next

    Anda telah melewati proses sejauh ini? Lalu merasakan adanya getaran geli, seperti sensasi yang ditimbulkan oleh kulit? Tenang, tak perlu panik merasa serum yang Anda gunakan tidak cocok. Sensasi seperti ini wajar dirasakan saat memakai serum, karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya oleh Bazaar, bahwa kandungan serum konsentrasinya cukup tinggi sehingga dapat menimbulkan efek gelitik pada kulit.

    Pada saat seperti ini lah, serum sedang berpetualang ke Dermis yaitu lapisan yang berlokasi di antara lapisan epidermis dan jaringan subkutan.


    5. The One

    Sebelum memilih serum ada baiknya kenali dulu kulit Anda, karena tugas serum mampu membantu memerangi masalah kulit yang lebih spesifik seperti serum anti-aging, serum brightening, dan lainnya. Selain itu, pelajari pula produk yang Anda ingin beli.

    Lebih baik lagi, sesuaikan pilihan berdasarkan produk skincare yang biasa Anda gunakan karena mengombinasikan serum dengan moisturizer atau produk skincare lain yang berbeda, tak selalu menjawab ekspektasi Anda. Perhatikan juga kandungan produk skincare dan serum, untuk mencegah kemungkinan terburuk seperti iritasi, break out, dan kemerahan pada wajah.


    Jadi, apakah Anda mau memulai memakai serum?


    (Foto: Courtesy of Svetlana MandrikovaC123RF.com)








- RELATED ARTICLE -