• 10 Ucapan Kreatif untuk Merayakan Hari Kartini

    Culture / Tips


    10 Ucapan Kreatif untuk Merayakan Hari Kartini

    Karena sekadar tulisan ‘Selamat Hari Kartini’ sudah terlalu biasa.


    21 April. Sebagian besar mungkin sudah lupa, angka tersebut istimewa adanya. Sebuah penanda, sekaligus peringatan akan emansipasi kaum wanita di Indonesia. 

    Tanggal tersebut jatuh bertepatan dengan peringatan Hari Kartini. Sebenarnya ada banyak pahlawan wanita yang sosoknya patut kita kenang. Tetapi, Kartini merupakan salah satu yang paling legendaris.

    Kisah mengenai perjuangan tokoh wanita ini jangan sampai terlupakan. Turun temurun, kita harus mewariskan cerita perjuangan Kartini dalam bidang edukasi dan emansipasi wanita kepada generasi selanjutnya.

    Jangan sampai melupakan sejarah. Apalagi sampai menyepelekan hari peringatan akan sosok feminis yang satu ini.

    Tidak lupa mengucapkan selamat hari Kartini kepada para kerabat dan sahabat wanita akan menunjukkan sisi nasionalisme. Tidak ketinggalan, merefleksikan pribadi Anda yang cukup dewasa untuk dapat menghargai sejarah.

    Terdengar aneh? Tidak sama sekali.

    Jika Anda dapat dengan niatnya menyusun kata serta visual sosial media untuk mengucapkan selamat untuk hari raya berkaliber internasional. Tentunya, untuk hari peringatan dalam negeri sendiri harus jauh lebih istimewa. Tidak harus selalu dengan permainan kata.

    Banyak cara merayakan sekaligus mengucapkan selamat hari Kartini. Simak sejumlah ide dari Bazaar berikut.


    “Proudly Indonesian women. Happy Kartini Day.”



    Untuk yang satu ini, dapat dilakukan melalui unggahan sosial media atau via WhatsApp. Unggah foto terelegan Anda mengenakan kebaya tradisional. Kemudian, tulis status ucapan akan betapa bangganya Anda sebagai wanita Indonesia. Kartini modern jelas tercermin.


    “On this special day, our family would like to say Happy Kartini Day to all of you.”



    Sekadar sambungan ide, jika ucapan hari Kartini ditujukan kepada para relasi bisnis, maka foto keluarga dengan konsep tradisional barusan dapat menjadi opsi. Tulisan ucapan lebih formal disertai nama belakang keluarga akan memberi kesan profesional. 


    Baca juga: Ide Sanggul Kontemporer untuk Hari Kartini


    “Habis gelap terbitlah terang.”



    Terkadang, tidak perlu panjang dalam memberi ucapan. Utarakan yang singkat, padat, namun mengena. Berkaitan dengan perayaan hari Kartini, ungkapan paling terkenal dari sosok legendaris wanita mulia ini dapat menjadi salah satu cara menyelamati seseorang untuk perayaan hari Kartini.


    “You and I, we are Kartini now-a-days.” 



    Apakah Anda cukup percaya diri untuk digolongkan sebagai salah seorang Kartini modern? Jika jawabannya ‘ya,’ maka foto diri dalam balutan kain tradisional dalam desain modern, disertai kalimat pernyataan dapat menjadi salah satu ide ucapan untuk para sahabat wanita.


    “To all strong women out there. Happy Kartini Day.”



    Bicara mengenai wanita sebagai sosok kuat. Ucapan hari Kartini memang paling pantas ditujukan kepada sosok wanita paling berpengaruh dalam hidup. Baik itu kepada sang ibu, guru, sahabat, kekasih atau wanita manapun yang Anda hormati.


    “Seperti kau lenyap, dari pandang, tapi tidak dalam kenang. Demikian sosok Kartini.”



    Kata itu indah. Apalagi kala dituliskan dalam wujud rangkaian puisi. Kombinasi penggalan puisi mengenai sosok Kartini yang tidak terlupakan dapat menjadi salah satu opsi ucapan. Selain bermakna, puisi membuat hati yang kosong menjadi terisi.


    “Sekuat-kuatnya laki-laki. Dia tidak akan pernah sekuat hati perempuan. Setujukah kau wahai para Kartini?”



    Kalimat barusan merupakan penggalan dari surat Kartini sendiri. Wanita Jawa anggun ini diketahui sering berkomunikasi pada zamannya lewat cara surat menyurat. Kalimat singkat, namun benar adanya bukan ?


    Baca juga: 10 Kartini Masa Kini


    “Sugeng dinten Kartini”



    Terinspirasi Kartini yang memang berdarah Jawa. Ucapan hari Kartini dalam bahasa ibu sosok pahlawan berjasa ini pastinya akan memberikan kesan bagi siapapun yang menerimanya. Jauh dari kata mainstream.


    “Gelukkige kartini-dag”



    Masih bermain dengan kekayaan bahasa. Seperti kita ketahui, di masa mudanya, Raden Ajeng Kartini mahir berbahasa Belanda. Ia pun diketahui sering surat menyurat dengan para kerabatnya di luar negeri menggunakan bahasa asing ini. Ucapan perayaan hari Kartini dalam bahasa Belanda sekaligus menunjukkan wawasan Anda dalam berbahasa.

    “Selamat Hari Kartini.”


    Tunggu dulu. Istimewanya ucapan barusan dapat diucapkan melalui tulisan tangan sendiri. Apalagi jika ditorehkan di lembaran kertas antik. Sesudahnya, baru gunakan handphone untuk memotret karya tulisan tersebut.

    Kemudian, kirimkan ke para relasi. Kreatif.


    (Foto: Courtesy of Instagram @sejauh_mata_memandang, @kebaya_inspirations, @jualbukusastra,  @7.free_kusnadi, @edo_thejourney, @truffypi)


    -->






- RELATED ARTICLE -