• 20 Fakta Seputar Michelin Star yang Harus Diketahui

    Culture / News


    20 Fakta Seputar Michelin Star yang Harus Diketahui

    Setiap jumlah bintang memiliki arti tersendiri. Baca juga sejumlah fakta menarik lainnya!


    Michelin Star ibarat mimpi setiap orang untuk menggapai bintang, demikian keberadaannya di industri kuliner. Jika dianugerahi Michelin Star, status seorang chef maupun sebuah restoran langsung naik kelas menjadi salah satu dari yang teratas. Para penikmat kuliner pun pasti sudah tahu jelas.





    Ingin mencicipi kualitas mewah sepiring hidangan di restoran berkelas? Lihat saja dari berapa banyak Michelin Star yang dititelkan untuk restoran tersebut. Tetapi tidak dapat dipungkiri jika kebanyakan dari kita tidak berbekal pengetahuan lebih lanjut mengenai gelar prestisius di dunia kuliner tersebut.Bahkan, beberapa masih salah kaprah menyamakannya dengan Michelin Guide.


    Agak Anda tidak salah lagi ke depannya, simak bahasan Bazaar seputar 20 fakta bermanfaat mengenai Michelin Star berikut.


    1. Perbedaan Michelin Star dan Michelin Guide


    Banyak yang salah mengartikan kedua istilah populer di dunia industri kuliner ini. Faktanya, restoran yang termasuk di urutan Michelin Guide belum tentu menyandang gelar Michelin Star. Awalnya, Michelin Guide diciptakan di tahun 1900 sebagai referensi bagi para pengemudi di Prancis untuk rekomendasi restoran dan tempat peralatan otomotif.


    2. Asal usul Michelin Star


    Sebagai kelanjutan dari Michelin Guide, Michelin Star kemudian dicetuskan tepatnya di tahun 1926. Michelin Star merupakan sistem penilaian untuk kualitas sebuah restoran dari tim Michelin Guide.


    3. Pencetus Michelin Stars ternyata bersaudara


    Memulai kesuksesan mereka dari industri otomotif, dua kakak beradik Andre dan Edouard Michelin adalah pencetus Michelin Star. Keduanya dikenal berkarakter visioner dan tidak takut mengambil risiko dalam berbisnis.


    4. Dimulai dari bisnis otomotif.


    Seperti sempat disebutkan, tidak banyak yang tahu Michelin berawal dari bisnis otomotif mobil, tepatnya produsen ban mobil. Hingga akhirnya Michelin terus berekspansi secara kualitas dan kuantitas jenis produk. Termasuk, ekspansi mereka untuk merambah industri kuliner.


    5. Siapakah Michelin Man?


    Anda pasti tidak asing dengan sosok kartun di atas. Bukan sosok para penemu, Michelin Man merupakan sosok sekaligus simbol dari Michelin itu sendiri. Hingga saat ini, gambar Michelin Man sering dijumpai ketika mendatangi bengkel atau pusat otomotif.


    6. Jumlah bintang Michelin dan makna di baliknya.


    Kembali ke eksistensi Michelin Star di industri kuliner. Hanya yang terbaik yang bisa diberi gelar simbol bintang bergengsi ini. Satu bintang mewakili restoran yang berkualitas. Dua bintang artinya luar biasa berkualitas. Sedangkan, tiga bintang melebihi standar dan terbilang langka.


    7. Jangka waktu penilaian.


    Setiap restoran di seluruh dunia diberikan kesempatan sekali dalam setahun untuk dianugerahi Michelin Star. Untuk itu, mereka selalu berlomba setiap tahunnya. Ide dan inovasi kuliner pun terus menerus dikembangkan.


    8. Juru masak juga dapat dianugerahi Michelin Star.


    Tidak hanya restoran, para chef juga mendapat kesempatan yang sama untuk apresiasi ini. Ibarat rekomendasi serifikat dari presiden sebuah negara. Jika mendapat gelar Michelin Star, kualitas kelas seorang juru masak langsung naik seketika.


    9. Apakah tiga bintang merupakan jumlah tertinggi untuk Michelin Star?


    Kategori restoran dan para chef memiliki diferensiasi standar. Jika restoran maksimal di angka tiga bintang, seorang juru masak bisa jadi digelari sepuluh bintang, bahkan lebih.


    10. Sosok para juri Michelin Star.


    Pasti yang terbayang di imajinasi saat ini adalah sosok killer yang tiba-tiba datang melakukan inspeksi. Sebenarnya tidak demikian. Para kritikus sekaligus juri industri kuliner tim Michelin Guide sangat beragam dengan berbagai karakter. Tidak semenakutkan bayangan kita selama ini.


    11. Persyaratan Michelin Star.


    Sebenarnya tidak pernah ada peraturan tertulis mengenai persyaratan untuk meraih Michelin Star. Sama halnya berlaku untuk para chef, sebuah restoran juga tidak akan mendapat pemberitahuan terlebih dahulu saat penilaian untuk Michelin Star dilakukan.



    12. Selain kualitas hidangan, interior restoran juga berpengaruh.


    Anda salah jika berasumsi Michelin Star hanya dijatuhkan berdasarkan lezat atau tidaknya sebuah hidangan. Lebih dari itu semua. Hingga detail terkecil, seperti interior dan kesopanan para pelayan juga menjadi penentu.


    13. Chef dengan titel Michelin Stars tertinggi.


    Hingga pertengahan tahun kemarin, Joël Robuchon ialah chef dengan titel Michelin Star tertinggi. Juru masak berkaliber internasional ini dianugerahi 31 Michelin Star. Mengejar di urutan sebelumnya, chef Alain Ducasse dengan 21 bintang dan Gordon Ramsay yang digelari 7 bintang.


    14. Chef termuda yang meraih Michelin Star.


    Jangan lihat dari umurnya sekarang yang telah mencapai 47 tahun. Chef Aiden Byrne dianugerahi titel Michelin Star saat ia masih berusia 22 tahun. Kembali ke kala itu, celebrity chef asal Inggris ini langsung menjadi sorotan publik. Terutama para apresiator kuliner.


    15. Beberapa chef di dunia pernah menolak dianugerahi Michelin Star.


    Apa tidak salah? Tidak. Beberapa chef ternama kelas dunia justru menolak titel Michelin Star yang ingin diberikan kepada mereka. Alasannya tidak spesifik. Para chef tersebut hanya beranggapan bahwa prestasi tidak dapat dinilai hanya dengan jumlah bintang Michelin Star. Cool!


    16. Negara dengan restoran penyandang Michelin Star terbanyak.


    Prancis memang eksis! Negara inilah yang menduduki peringkat tertinggi untuk jumlah restoran terbanyak yang dianugerahi Michelin Star. Data mengungkapkan bahwa ada 27 restoran di negara ini yang menyandang gelar Michelin Star.


    17. Restoran dengan jumlah Michelin Star tertinggi.


    Jawabannya tidak ada. Angka tertinggi untuk sebuah restoran Michelin Star adalah tiga bintang. Dan, ada banyak tersebar restoran di seluruh penjuru dunia yang menyandang titel tiga bintang tersebut.


    18. Restoran yang menyandang gelar Michelin Star dalam kurun waktu terlama.



    Restoran Paul Bocuse di Lyon, L’Auberge Du Pont de Collonges, Prancis memegang rekor terlama untuk rekor restoran dengan Michelin Star tertinggi. Dari tahun 1965 hingga hari ini, restoran mewah ini masih bertahan dengan jumlah tiga bintang.


    19. Restoran di Indonesia yang bergelar Michelin Star.


    Sebagian besar terletak di Bali. Di antaranya Metis, Mozaic, Merah Putih, Locavore, dan Teatro Gastroteque. Sedangkan yang terletak di Ibu kota Jakarta, termasuk di antaranya Hakkasan dan Tim Ho Wan. 


    20. Akun Instagram resmi Michelin Star.


    Pastinya setelah membaca rentetan fakta mengenai Michelin di atas, Anda jadi semakin penasaran. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai bintang bergengsi di industri kuliner ini?

    Langsung saja ikuti akun Instagram resminya atas nama @michelinguide.



    (Foto: Courtesy of Instagram @michelinguide, __xnj_94_vc, @nicholas_lentini, @explorethetwentiethcentury, @michelin, @truckjunkie_shop, @chefstalk, @cookinghub247, @latelier_joelrobuchon_hongkong, @yukiko_wed2020_0112, @paulbocuse_officiel, @aidenbryne12, @mozaicrestaurantubud)










- RELATED ARTICLE -