• Tips Merawat Contact Lens

    Beauty / Tips


    Tips Merawat Contact Lens

    Cara mudah untuk menjaga kebersihan serta ketahanan contact lens Anda agar tetap aman dan nyaman saat dikenakan.


    Kini, semakin banyak orang yang memilih contact lens dengan pertimbangan bahwa menggunakan kacamata kerap dirasa kotor, mudah tergores ataupun terlalaikan begitu saja.

    Bahkan, banyak pula yang memakai lensa kontak dalam berbagai bentuk dan warna sebagai bagian dari estetika wajah. Namun jika kebersihannya kurang terjaga, produk ini malah justru rentan mengakibatkan sejumlah komplikasi yang malah mungkin akan mengganggu penampilan.

    Bagaimana cara merawat contact lens agar kesehatan mata Anda tetap terjaga? Simak kiat-kiat dari Bazaar:


    1. Cucilah tangan sebelum memasang dan melepas lensa kontak. Akan tetapi, jangan pula mencuci tangan Anda dengan sabun yang terlalu berminyak ataupun mengandung terlalu banyak wewangian.

    Setelahnya, keringkan kedua tangan dengan menggunakan handuk dan hindari menggunakan lotion atau pelembap sebelum mengenakan contact lens karena dikhawatirkan residunya bakal menempel ke permukaan lensa.


    2. Untuk membersihkan lensa kontak, pakailah cairan yang telah direkomendasikan sesuai saran pemakaian. Selain itu, jangan coba-coba untuk membilasnya dengan air kran karena terkadang mikroba yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan infeksi serius.


    3. Saat membersihkan lensa kontak, gosok-gosok permukaannya secara perlahan dan usahakan sedemikian rupa agar permukannya tak sampai sobek atau terkoyak.


    4. Bersihkan pula tempat contact lens Anda setiap malam untuk menyingkirkan bakteri yang mungkin bersarang di sana. Sebaiknya, gantilah casing lensa kontak tersebut dengan yang baru setidaknya setiap tiga bulan sekali.


    5. Lepas lensa kontak sebelum Anda mandi maupun berenang.


    6. Segera hentikan pemakaian contact lens apabila mata terlihat merah dan mengalami iritasi.


    7. Last but not least, jangan mengenakan lensa kontak lebih lama dari yang tercantum pada kemasan. Untuk meminimalisir kemungkinan infeksi, konsultasikan kebutuhan Anda dengan dokter mata Anda dan patuhi petunjuknya.

    Apabila Anda mengenakan produk disposable yang hanya bisa digunakan sehari saja, buanglah setelah sekali pemakaian meski lensa kontak tersebut masih tampak layak untuk dikenakan.

    Hindari pula memasangnya selama semalaman apabila contact lens Anda tidak dirancang untuk itu. 


    (Foto:  Dmitrii Kotin©123rf.com)








- RELATED ARTICLE -