• Cara Jitu Menghilangkan Jerawat Batu

    Beauty / Tips


    Cara Jitu Menghilangkan Jerawat Batu

    Bazaar memiliki cara dalam menyembuhkan jerawat batu yang seringnya membutuhkan penanganan ekstra.


    Berbeda dengan jenis-jenis jerawat pada umumnya, jerawat batu atau yang sering disebut-sebut pula dengan istilah cystic acne ini seringnya membutuhkan penanganan lebih mendetail.

    Sebab, jerawat batu terbentuk akibat infeksi bakteri yang terjadi di dalam kulit sehingga mengakibatkan peradangan, bengkak ataupun bernanah. Jika tidak diatasi dengan benar, cystic acne rentan bersarang di permukaan wajah hingga bertahun-tahun serta meninggalkan bekas permanen. Ingin kulit Anda bersih dari momok jerawat ini? Baca terus artikel berikut:


    1. Mengkonsumsi antibiotik

    Seringnya, obat biasa yang dijual di pasaran tak akan bisa menyelesaikan problem jerawat semacam ini sampai tuntas. Jadi, Anda memang harus berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memperoleh resep khusus. Salah satu contohnya, antibiotik yang terbukti sanggup mengontrol pertumbuhan bakteri pada cystic acne sekaligus meminimalisir inflamasi.


    2. Menggunakan salep

    Krim, lotion ataupun gel dengan kandungan retinoid sanggup mengatasi masalah pori-pori wajah yang tersumbat sekaligus membantu kinerja antibiotik.


    3. Tidak menyentuhnya

    Tahan rasa gatal Anda! Demi menghindari infeksi, hindari kontak antara jari-jari tangan dengan wajah apalagi sampai memencet atau mengeluarkannya karena kebiasaan buruk ini akan mengakibatkan jerawat semakin tersebar.


    Baca juga: Pilihan Kosmetik Untuk Kulit Berjerawat


    4. Memanfaatkan kontrasepsi

    Beberapa jenis pil KB memiliki pengaruh tertentu pada sistem hormon dalam tubuh wanita sehingga dapat turut memperbaiki kondisi kulit wajah dengan cystic acne. 


    5. Menerapkan gaya hidup sehat

    Usahakan untuk beristirahat cukup dan menyempatkan olahraga. Tidak hanya itu, perhatikan pula pola makan Anda sebab biasanya hal ini pun biasanya berdampak pada kesehatan kulit. Beberapa hasil penelitian terpercaya menyarankan diet rendah gula sebagai upaya mencegah kemunculan jerawat.


    6. Meminum isotretinoin

    Secara resmi dikenal dengan istilah Accutane, terapi ini diklaim ampuh menuntaskan cystic acne sampai ke akarnya. Dosis yang direkomendasikan adalah satu sampai dua kali sehari selama kira-kira lima bulan. Namun, produk ini tidak disarankan untuk wanita yang sedang menjalani program hamil atau ingin segera mengandung. 


    7. Atur manajemen stres

    Last but not least, jangan lupa bahagia! Lakukan sejumlah relaksasi di sela-sela rutinitas Anda, karena faktor stres biasanya turut andil dalam memperparah kondisi jerawat. 


    Baca juga: Keampuhan Laser untuk Hilangkan Bekas Jerawat


    (Foto: IEGOR LIASHENKO©123RF.COM)








- RELATED ARTICLE -