• Cara Atasi Kulit yang Perih Akibat Terbakar Matahari

    Beauty / Tips


    Cara Atasi Kulit yang Perih Akibat Terbakar Matahari

    Simak cara mengatasi kulit wajah yang perih dan mengelupas akibat terbakar matahari, supaya tidak menjadi momok yang merusak liburan Anda.


    Agenda sunbathing saat bertamasya ke pantai memang asyik dan sah-sah saja untuk dilakukan. Namun, Anda pun harus waspada pula akan risiko sunburn yang kerap muncul setelahnya.

    Permukaan kulit yang terasa panas, kemerahan, dan tampak teriritasi setelah Anda terekspos sinar matahari untuk jangka waktu tertentu merupakan beberapa tanda-tandanya yang terkadang cukup mengganggu dan memerlukan penanganan lebih lanjut.

    Tak jarang, gejalanya bahkan meliputi pusing, mual, dan demam. Berikut beberapa siasat mudah yang bisa Anda aplikasikan dari rumah.


    1. Kompres

    Kenakan kompres berisi es pada area yang terbakar matahari atau mandilah dengan air dingin guna menenangkan kulit yang terbakar matahari.


    2. Hindari terik mentari

    Sampai kulit Anda benar-benar kembali normal, sebaiknya kurangi aktivitas yang mesti dilakukan di luar ruangan saat siang hari terutama pukul 10 pagi sampai sekitar jam empat sore. Jika memang Anda harus keluar dari rumah, pakailah baju dan celana lengan panjang serta kacamata hitam dan tak lupa topi lebar atau payung.

    Untuk mencegah kondisi yang bertambah parah, pastikan wajah dan tubuh Anda senantiasa terlindungi dari paparan sinar UV dengan cara mengoleskan tabir surya yang memiliki SPF setidaknya 30. 


    Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Komedo


    3. Minum banyak air

    Konsumsi cukup fluida akan menghindarkan tubuh Anda dari gejala dehidrasi. 


    4. Jangan menutupinya dengan foundation

    Mencoba menyamarkan sunburn pada wajah dengan memakai alas bedak hanya akan membuat tampilannya semakin buruk. 


    5. Oleskan gel yang mengandung lidah buaya

    Last but not least, usapkan gel dengan kandungan ekstrak aloe vera yang dapat meredakan rasa nyeri ataupun gatal pada kulit yang terbakar tersebut. Tip Bazaar, taruh krim Anda dalam kulkas sebelumnya agar menambah efek sejuk.

    Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tinted moisturizer yang bernuansa keemasan agar tampak lebih natural dalam menyamarkan rona wajah yang kemerah-merahan akibat terekspos matahari.

    Baca juga: Cara Memasang Bulu Mata Palsu untuk Pemula


    (Foto: Maksim Shmeljov©123rf.com)








- RELATED ARTICLE -