• Berlayar Mengunjungi Great Barrier Reef

    Culture / News


    Berlayar Mengunjungi Great Barrier Reef

    Menghindari metropolitan ketika berkunjung ke Australia dapat menuntun Anda ke salah satu keajaiban alam yang paling mutakhir.


    Butiran pasir putih yang sangat halus bergulir di antara jemari seraya memeluk kaki yang bergantian menapak tumpukan pasir yang menyusun pantai Whitehaven di Whitsunday Islands, Queensland.

    Sementara itu, angin berembus sejuk meski matahari bersinar terik, menandakan pergantian musim tidak terlalu mempengaruhi cuaca di belahan dunia bagian ini.

    Adegan ini bukanlah satu-satunya impresi yang dirasa Harper's Bazaar Indonesia hampir tidak nyata saat berada di salah satu surga tropis yang paling menawan di dunia ini. 

    Whitsunday Islands di Queensland, Australia terdiri dari 74 pulau baik yang berpenghuni, maupun tidak. Penerbangan selama 2,5 jam dari Sydney atau 3 jam dari Melbourne akan membawa Anda langsung menuju Hamilton Island, pulau berpenghuni terbesar di gugusan Whitsunday Islands.


    Pulau yang dihuni oleh lebih dari 1.000 orang ini tidak hanya berfungsi sebagai gerbang masuk menuju Great Barrier Reef karena lokasinya yang strategis, namun juga menawarkan beragam pengalaman berlibur yang akan membekas seumur hidup. 

    Menjadi bagian dari kepulauan yang memukau, rangkaian aktivitas utama di Hamilton Island tentu saja berhubungan dengan air.

    Bagi Anda yang menyenangi olahraga sailing, nama Hamilton Island tentu adalah nama yang tidak asing. Bahkan, selama lebih dari 25 tahun, di setiap bulan Agustus Audi menggelar Audi Hamilton Island Race Week. Sebuah sailing regatta yang diikuti oleh lebih dari 200 yacht setiap tahunnya.


    Hamilton Island Marina yang memiliki yacht club pun dirancang untuk menampung sekitar 300 yacht, hingga kategori super yacht sepanjang 60 meter, lengkap dengan fasilitas seperti restoran, galeri, farmasi, dan lainnya.

    Sementara itu, para pencinta golf harus menyeberang ke pulau sebelah, Dent Island, untuk menikmati 18-hole golf course yang didesain oleh Peter Thomson, salah satu pemain golf terbaik Australia.


    Hamilton yang menyajikan gaya hidup laid-back akan menyambut dengan beragam kegiatan, membuatnya begitu menyenangkan sebagai sebuah destinasi berlibur. Terdapat lima akomodasi di seluruh Hamilton Island, dari hotel hingga vila dan resor.

    Yacht Club Villas memiliki 12 vila yang disewakan untuk umum, masing-masing memiliki tiga kamar tidur dan dilengkapi dengan fasilitas layaknya sebuah rumah liburan seperti dapur dan ruang keluarga.

    Sementara itu, Qualia yang terletak di bagian paling utara pulau, merupakan resor paling premium dan eksklusif di pulau ini. Layanan yang personal bagi setiap tamu Qualia menjadi mungkin karena skalanya yang tidak terlalu besar.


    Qualia hanya memiliki 60 paviliun termasuk satu rumah pantai, dan hanya menerima tamu di atas 16 tahun. Spa, restoran fine-dining, dan infinity pool di sebelah pantai merupakan tiga fasilitas resor yang hanya terdapat di Qualia.

    Lokasinya yang secluded turut memberi privasi bagi setiap tamu yang kamarnya didesain berada di antara pepohonan eucalyptus Australia. Johnny Depp, Taylor Swift, Leonardo DiCaprio, adalah sejumlah selebriti yang pernah menikmati resor bintang lima ini.


    Hanya sekitar 30% dari 740 hektar seluruh area Hamilton yang telah dikembangkan, sementara sisanya dibiarkan dalam keadaan aslinya. Hal ini membuatnya mudah untuk dikelilingi dengan berjalan kaki atau dengan mengendarai buggy, salah satu alat transportasi utama di pulau ini.

    Jika sedang merasa adventurous, hiking di Passage Peak yang terletak di bagian selatan pulau untuk menyaksikan matahari terbit patut dicoba.

    Sedangkan untuk pemandangan matahari terbenam, arahkan buggy Anda menuju One Tree Hill, area di bagian utara pulau yang berupa bukit berumput dan terletak di antara perumahan pribadi.

    Pastikan untuk tiba beberapa waktu sebelum matahari terbenam demi mendapatkan spot terbaik untuk menggelar karpet piknik.


    Lokasi populer ini juga dilengkapi sebuah bar yang menyiapkan minuman dan snack untuk menemani piknik. 

    Selain menikmati Hamilton Island dan segala aktivitasnya, jadwalkan ekskursi menuju pantai Whitehaven.

    Satu-satunya keputusan tersulit yang harus Anda ambil adalah pilihan untuk mengendarai kapal cruise atau mengendarai kapal layar catamaran sambil menikmati pemandangan menakjubkan saat lautan bertemu kaki langit menuju Whitehaven.

    Dan jika beruntung, Anda dapat berpapasan dengan paus bungkuk (humpback whale) yang bermigrasi ke perairan Whitsunday dan Great Barrier Reef untuk melahirkan atau mengajar bayi mereka berenang di musim dingin.


    Atau, Anda juga dapat memilih untuk arrive in style menggunakan seaplane.

    Menjadi pelanggan tetap di setiap nominasi daftar pantai terbaik di dunia, Whitehaven patut Anda apresiasi dan nikmati secara langsung.

    Tahan diri sebelum berlari menuju pantai, naiklah terlebih dahulu menuju viewing deck untuk mendapatkan pemandangan langsung menghadap Hill Inlet, area swirl alami yang terkenal.

    Pertemuan pasir silika dengan air laut berwarna biru muda di area ini menciptakan sebuah percampuran unik yang berbentuk seperti lekukan dengan paduan gradasi warna biru dan putih.

    Selepas memanjakan mata dan angan, saatnya turun menuju pantai yang pasirnya akan menenggelamkan telapak kaki Anda sedalam beberapa centimeter saat diinjak.


    Sekitar 98% pasir yang sangat halus di pantai ini berupa pasir silika, yang juga berarti pasirnya tidak menyimpan panas meski Anda berkunjung di tengah hari.

    Seusai berbaring sambil mengabadikan momen di pantai atau menikmati minuman dingin sambil menyelesaikan novel yang telah lama ingin Anda baca, celupkan diri ke dalam air laut yang jernih dan menyegarkan untuk melengkapi perjalanan Whitehaven Anda.

    Di hari berikutnya, giliran Great Barrier Reef yang menanti untuk dieksplorasi. Great Barrier Reef merupakan salah satu keajaiban alami terbesar di dunia, dan satu-satunya makhluk hidup yang dapat dilihat dari luar angkasa.

    Ekosistem sepanjang lebih dari 3.000km di Great Barrier Reef terdiri dari ribuan terumbu karang dan ratusan pulau yang terbuat dari lebih dari 400 jenis karang yang keras dan lembut. Ini juga berarti Great Barrier Reef memiliki ribuan tipe binatang laut yang hidup di sekitarnya.


    Great Barrier Reef dapat dinikmati dengan berbagai cara, namun seperti yang telah dapat Anda duga, terbang dengan pesawat kecil atau helikopter adalah cara terbaik untuk melihat betapa mengagumkan dan megahnya keindahan alam ini.

    Di sisi lain, snorkeling dan diving adalah cara terbaik untuk menyaksikan dari dekat, elemen penyusun kemegahan tersebut. Sebuah kreasi semesta yang tiada duanya.

    Jadi, jika memiliki kesempatannya, maksimalkan waktu Anda dan lakukan keduanya sekaligus, since we only have one life to live.


    Foto: Courtesy of Queensland Tourism, Stella Mailoa








- RELATED ARTICLE -