• 8 Fakta Menarik Seputar Earth Day

    Culture / Tips


    8 Fakta Menarik Seputar Earth Day

    Dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperingati hari tersebut.


    Meski telah berlangsung sejak 1970, masih banyak orang yang tidak tahu atau sadar akan Hari Bumi. Perayaan yang secara internasional disebut sebagai Earth Day ini jatuh tiap tanggal 22 April, dan awalnya dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat bernama Gaylord Nelson. Tiap tahun, tanggal ini bertepatan dengan musim semi di belahan Bumi Utara, dan musim gugur di bagian Selatan. 


    Saat ini Hari Bumi telah diperingati di lebih dari 192 negara dan dikoordinasikan secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network). Berikut beberapa fakta menarik seputar Earth Day.




    1. Hari Bumi bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran publik akan pentingnya menjaga lingkungan tempat kita hidup, sebab beragam aktivitas manusia dan perkembangan zaman telah berkontribusi negatif terhadap penurunan kondisi lingkungan.


    2. Earth Day 1970 di Amerika Serikat berhasil menyatukan dukungan dari banyak lapisan masyarakat, seperti Partai Republik, Partai Demokrat, kaum kaya, kaum miskin, hingga petani, miliuner, dan pekerja pabrik. Unity in diversity!


    3. Mendekati 1990, Earth Day menjadi sebuah event global. Peringatannya melibatkan 200 juta orang di 141 negara.


    4. Kampanye Earth Day di era milenium mengutamakan isu penggunaan sumber energi ramah lingkungan dan mencegah dampak berkelanjutan pemanasan global.


    5. Earth Day Network adalah koordinator Hari Bumi sedunia, yang melibatkan 50.000 organisasi partner di 192 negara sebagai pencetus gerakan lingkungan.


    6. Earth Day sering diasosiasikan dengan desain bendera biru tua bergambar bumi di tengahnya. Desain tersebut dibuat oleh seorang pria bernama John McConnell, yang menggabungkan latar biru dengan foto bumi dari NASA. Meski bendera tersebut sempat didaftarkan hak ciptanya, namun keputusan hakim menolak keabsahannya.


    7. Tema Earth Day 2018 adalah End Plastic Pollution, yang telah banyak meracuni dan merugikan biota laut. Tanpa disadari, bahaya dari pencemaran tersebut dapat berujung pada manusia, di samping mengotori perairan dengan sampah. Produksi plastik yang makin berlimpah dapat mengancam kesejahteraan bumi dan manusia.


    8. Earth Day tidak sama dengan Earth Hour, meski sama-sama memiliki tujuan yang mulia terhadap kelangsungan Bumi.




    Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk memperingati Earth Day? Jawabannya bisa sangat beragam. Anda dapat mulai mengedukasi diri tentang lingkungan, mulai belajar bercocok tanam, hingga mengonsumsi produk organik hasil buatan komunitas lokal. Di samping itu, Anda juga dapat menghindari makanan olahan dan menggantinya dengan masakan rumah. 


    Jika ingin menyesuaikan diri dengan tema Earth Day tahun ini, Anda bisa merubah cara konsumsi produk plastik. Caranya? Kurangi penggunaan tas plastik saat belanja, atau cobalah minum tanpa sedotan plastik di restoran. Cara lainnya? Kurangi gonta-ganti gadget yang terlalu cepat dan tahan nafsu konsumsi Anda (Sebab, material utama produk gadget umumnya berupa plastik).


    (Foto: Courtesy of Google Earth, Wikipedia)









- RELATED ARTICLE -